Friday, November 30, 2018

Hatiku teraduk setelah baca lima buku ini


Hatiku Teraduk Setelah Baca 
Lima Buku Ini

Buku bagiku sangat berharga. Sejak kecil aku sering dibelikan buku cerita oleh papa. Donal bebek, bobo, cerita dongeng kerajaan adalah buku yang selalu menghiasi masa kecilku hingga remaja. Saat SMA bacaanku beralih pada cerita komik yang bergambar. Bagiku sebuah cerita akan menarik bila disertai gambarnya. Bagiku jika gambar tidak dicantumkan, pasti para pembaca mendeskripsikannya bermacam-macam dan itu menurutku tidak asyik.
Semakin aku dewasa, tipe bacaanku telah berubah tanpa kusadari. Aku pun mulai beralih pada bacaan seputar kuliahan. Seperti bagaimana warna bisa terjadi, perubahan wujud benda dan masih banyak lagi yang semuanya berhubungan dengan Kimia. Kebetulan jurusan kuliahku di Fakultas FMIPA jurusan Kimia. Jurnal-jurnal Kimia pun tidak ketinggalan ku baca, meskipun aku harus bersusah payah untuk menerjemahkannya dalam Bahasa Indosenia.
Untuk menambah sisi ruhaniyahku, aku merambah ke bacaan-bacaan Islami. Majalah Anida, Ummi, Sabili dan tarbawi menjadi langgananku setiap pekannya. Tidak ketinggalan buku-buku islami juga demikian. Buku dan majalah terebut kuperoleh dari sisa uang jajan dan hasil gaji mengajarku di salah satu bimbingan belajar saat itu.
Bagiku, buku itu sangat berharga, mengapa? Karena ilmu yang didapat oleh kita belum tentu didapatkan oleh orang lain. Nah seiring dengan waktu, perubahan bacaanku pun jadi berbeda. Aku mulai menyukai bacaan novel, beberapa buku nonfiksi, buku tentang menulis serta buku tentang motivasi. Menurutku buku-buku itu yang selalu menyemangatiku setiap kubutuhkan.
Nah, dari semua buku itu, ada lima buku favorit yang bisa mendongkrak semangat bacaanku setiap hari. Jika aku telah melihat buku itu, pasti aku terpacu untuk menambah buku bacaan lagi dan lagi. Mau tau buku apa saja?
1.Buku Novel Ayat-ayat Cinta 1 dan 2
Buku ini adalah buku perdanaku saat membaca novel. Karena aku tidak menyukai yang namanya bacaan tanpa gambar, makanya butuh kekuatan untuk membaca sebuah novel. Kalian tau sendiri kan ada berapa jumlah halaman novel tanpa gambar? Duhh bagiku pasti bete tuh bacanya. Nah, akutuh juga tipe pemilih buku. Saat pengarang buku ini lagi viral, akupun penasaran untuk membacanya. Padahal buku itu sudah ada di kotak buku beberapa tahun lamanya. Seperti membuka peti harta karun aku pun membacanya.
Subhanallah, saat kubaca novel itu, air mataku tak berhenti untuk mengalir, terharu, bahkan bahagia semua bercampur aduk. Ini mah novel yang berhasil mengubah image tidak sukaku sama yang namanya novel. Sejak itulah akupun mulai membaca buku Ayat-Ayat Cinta 2 dan meminjam dari anak didik yang kebetulan doyan baca buku juga.
2.Buku Rahasia Magnet Rezeki
Buku yang satu ini, adalah buku yang rekomen banget. Pasalnya Bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan bisa dipraktekkan langsung. Ilmu yang di dapat dari buku “Rahasia Magnet Rezeki” ini memotivasiku untuk terus melakukan hal-hal yang positif dalam segala hal. Akibat dari baca buku ini katanya rezeki kita akan terus mengalir. Alhamdulillah hal itu terbukti. Ayo teman-teman yang penasaran ya. Cobain aja baca bukunya. Bakalan tidak menyesal deh.
3. Buku tentang Hidroponik
Selain buku novel (fiksi) akupun menggandrungi buku bacaan non fiksi. Tentunya yang sangat kubutuhkan akhir-akhir ini. Karena aku tipe orang yang penasaran akan sesuatu, aku pun mulai mencari buku tentang hidroponik.
Aku memiliki buku itu, karena di tempat tinggalku, selain udaranya yang sejuk, lahan yang tersedia tidak begitu luas. Walhasil ternyata sesuai dengan tipe tanaman hidroponik. Aku juga menambahkan buku hidroponik buah, sayur maupun instalasi hidroponik. Semoga bisa menambah pengetahuan baruku. Adapun buku favorit yang menjadi panduanku dalam berhidroponik adalah “Bisnis Hidroponik ala Kebun Sayur Roni”.
4. Buku tentang Pengolahan Limbah
Kebetulan tempat tinggalku ada peternakan kambing Etawa dan sekolahan bisnis. Kedua usaha ini ternyata menimbulkan masalah baru yaitu limbah. Baik limbah dari kotoran kambing, dan limbah rumah tangga (sisa-sisa potongan sayur masakan anak-anak sekolahan) merupakan sesuatu yang mengganjal pikiranku. Jadilah aku turut andil untuk mendalami seputar pengolahan limbah melalui “Panduan Membuat Pupuk Kompos Cair” . Meskipun pusing bacanya, tapi asyik loh. Soalnya bisa kita praktekkan langsung. Kapan-kapan aku akan menulis pengalamanku seputar hidroponik maupun pengolahan limbah ya.
5. Buku Tentang Menulis
Tidak dapat dipungkiri, ternyata buku itu bisa mengubah mindset seseorang. Secara tidak langsung pengarangnya telah mengubah seseorang yang tidak bisa, menjadi bisa. So, berhati-hatilah dalam merangkai kata-kata. Karena satu kata yang dibaca dan dipraktekkan langsung, maka pahala akan mengalir pada si pengarangnya.
Ada satu buku tentang menulis yang menjadi favoritku, yaitu buku yang berjudul “Saya Menulis Maka Saya Ada”. Buku itu telah beberapa kali kubaca, semakin kubaca, semakin terasa ruh bacaannya. Pastinya semakin membangkitkan ghirahku dalam menulis.
Jadi bagi teman-teman yang memiliki bacaan favorit, pasti bisa merasakan seperti yang aku rasakan. Jangan pernah malas membaca, sesibuk apa pun kita, berikan waktu khusus untuk membaca, bukan waktu luang.

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon