Sunday, November 25, 2018


Perkembangan Media Sosial Dalam Interaksi dan Dakwah
By ana_susan

Kemudahan Dari Media Sosial
Media sosial (medsos) merupakan wadah kita mencurahkan ilmu, sumber ilmu dan wadah jualan online. Tidak bisa dipungkiri, di zaman era digital ini, mau tidak mau atau suka tidak suka kita pasti ikut terlibat di dalamnya. Instagram yang ditemukan oleh 
 Systrom dan Mike Krieger, Jan Koum dan Brian Acton penemu Whastapp dan masih banyak lagi medsos yang semuanya memudahkan orang untuk berinteraksi dengan orang lain, berjualan atau sharing tulisan pun tidak ketinggalan.
Facebook misalnya, sebuah medsos yang ditemukan oleh Mark Zukerberg ini telah memberi inspiratif banyak orang melalui kalimatnya yang berbunyi “hal yang dia lakukan bersama temannya adalah hanya untuk memudahkan berhubungan dengan orang lain agar lebih efesien”. Bagi kita sendiri, kadang saat kita membuka laptop untuk mengerjakan tugas akhir atau membuat tulisan. Jika laptop terhubung dengan wifi, pasti yang kita buka dahulu adalah Facebook. Mengapa demikian? Karena kita ingin tau status apa yang sedang marak. Ini salah satu bukti bahwa kita butuh medsos, sampai-sampai lupa kalua ada tugas.
Di Facebook, kita juga bisa membuat akun fanpage. Setelah kita buat, lalu undang teman-teman kita untuk mengeklik tombol like fanpage yang dibuat. Jika mereka telah mengekli, maka secara ottomatis status kita akan muncul di beranda teman-teman. Bayangkan jika ada seribu orang yang me-like, apalagi yang disampaikan adalah dakwah. Artinya sebesar itulah orang telah merasakan dakwah kita. Ditambah lagi ada tombol share yang bisa mereka bagikan lagi.
Medsos kadang juga bisa menjadi teman curhat kita yang paling baik. Mengemas tulisannya juga harus apik, agar tulisan yang kita buat seolah-olah bukan curhatan isi hati kita, melainkan kasus dari teman-teman kita. Namun demikian tidak boleh ada kalimat yang menyindir atau menjatuhkan orang lain. Yang lebih baik dari itu kita sisipkan kalimat kebaikan sebagai lading dakwah kita.
Sharing Tulisan Lebih Mudah Melalui API
Perkembangan teknologi komunikasi semakin pesat. Saat ini, website dan blog mampu berinteraksi dengan medsos lainnya melalui API (Application Programming Interface). API ini disebut juga sebagai alat komunikasinya website maupun blog. Nah, dengan adanya API, kita bisa memasang tombol like, kolom komentar, sign up dan sign in facebook di bawah postingan dan masih banyak lagi. Dengan memasang tombol tersebut, memudahkan kita untuk membagikan ke medsos lainnya.
Kemudahan teknologi setidaknya bukan menjadikan kita lalai dan bermalas malasan, akan tetapi menjadikan sebagai obor untuk menyebarluaskan kebaikan pada orang lain. Satu kebaikan yang kita berikan, akan dibalas dengan kebaikan pula di sisi Nya.

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon