Minggu, 16 Desember 2018

Sudahkah Kita Melakukan Lima Kebahagiaan Ini Dalam Hidup

Sudahkan Kita Melakukan Lima Kebahagiaan Ini Dalam Hidup
Bahagia itu adalah sebuah rasa senang yang dirasakan oleh pribadi masing-masing orang. Saat diri terasa sesak akibat banyaknya permasalahan hidup. Saat diri ingin diperhatikan oleh sang kekasih akibat kesibukan masing-masing individu. Saat sebuah ungkapan yang diharapkan bagi seorang istri di sela-sela kesibukannya dalam rumah tangga. Saat seorang ibu yang mengharapkan ucapan bagaimana kabar ibu hari ini, demikian juga ayah, karena anaknya yang jauh di rantau. Saat seorang anak yang mengharapkan kata sabar dan doa dari orangtua diakibatkan jauh karena sekolah.
Semua rasa itu akan berubah menjadi kesenangan manakala sebuah kalimat yang diucapkan keluar dari bibirnya. Namun kadang rasa ego dalam diri, ucapan itu sangat sulit untuk dikelurkan. Sehingga orang yang sangat mengharapkaan ucapan itu harus berakhir dalam kesedihan, tangisan yang berkepanjangan.
Rasulullah saja, sering mengingatkan pada hamba-hambanya untuk selalu tersenyum pada saudara kita, karena senyum itu sedekah. Kalian tau akibat dari senyumnya kita, telah mengubah hal yang kecil atau biasa saja menjadi hal yang besar atau luar biasa. Gara-gara senyum kita, orang memandang kita dengan hati lega, tanpa beban, dan bahkan satu senyuman yang telah terlempar mampu meregangkan otot wajah yang berakibat menunda penuaan sejak dini.
Bahagia itu sederhana, yah sangat sederhana, dia tidak membutuhan pengorbanan besar untuk diungkapkan secara vulgar. Dia hanya butuh kecupan dikening istri saat suami berangkat kerja atau berpergian. Bahagia itu sederhana, dia hanya butuh ditemenin saat tidur yang hampir terlelap bagi seorang anak kecil. Karena masa-masa mereka sangat singkat. Kita tidak bisa mengulangnya kembali saat dia besar nanti.
Bahagia itu sangat sedeehana, dia hanya butuh diperhatikan, hanya sekedar dengan candaan atau cubitan kecil dari tiap pasangan. Dengan rutinitas yang full, dengan colekan di sana sini akan mengembalikan energi antar pasangan suami istri untuk mengayuh bahtera kembali.
Bahagia itu sangattt sederhana, ibu dan ayah itu hanya butuh ditanyakan bagaimana kabarnya hari ini?.  mereka tidak butuh dikirimkan uang, atau oleh-oleh atau barang apa saja. Dia hanya butuh satu kalimat sederhana dari kita. Kalian tau kalimat sederhana itu kan. Yuk lakukan mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai saat ini. Yah, lima kebahagian sederhana yang pertama tersenyumlah, yang kedua ucapan sayang, yang ketiga kecupan bagi keluarga, yang keempat sering menanyakan kabar dan yang kelima perhatian. Lima kebahagian sederhana versiku, bagaimana dengan kamu?
Banda Aceh, 16 Desember 2018 pukul 3.16 PM
By Anasusan_khair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya 😍. Terima Kasih