Kamis, 23 Mei 2019

Tradisi Mudik Yang Selalu Ngangenin




Tradisi Mudik Yang Selalu Ngangenin
Posted by ana_susan I May 24, 2019





Mengulas tentang mudik seolah mengingatkanku akan moment terindah tiga tahun yang lalu (2016). Linangan air mata membasahi pipiku saat bertemu sanak saudara di Bandara Sultan Iskandar Muda. Wajah-wajah mereka terasa asing bagiku. Yah, wajar, karena aku baru bertemu mereka setelah 9 tahun kemudian.
***

Bagi sebagian besar orang pasti melakukan tradisi mudik setiap tahunnya. Tak peduli seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk menuju kampung halaman. Tak peduli secapek apapun perjalanan yang panjang dan melelahkan. Tak peduli sesingkat apapun pertemuan yang akan berlangsung.

Keinginan kuat untuk bertemu sanak keluarga, mengalahkan rasa lelah dan biaya yang besar itu. Bercengkerama dengan mereka, mengingat nostalgia kita saat kecil di rumah yang telah kita tinggalkan. Moment terindah itu akan menjadi kenangan setiap tahunnya.

Tidak Bisa Mudik

Jujur, untuk bercerita tentang pengalaman mudik bagiku agak berat. Tahun- tahun itu harus dengan menahan air mata tidak bertemu dengan keluarga. Jarak tempuh kampung halamanku harus menyeberangi lautan. Melewati darat bisa sampai 4-5 hari dengan biaya yang hampir sama jika aku menempuhnya melalui udara.

Sebenarnya bukan masalah dari biayanya sih. Cuma aku ingin membuktikan bahwa aku akan pulang jika aku telah memiliki pekerjaan yang tetap dengan adanya usaha sekolahan sekarang ini.

Usaha sekolah yang dirintis oleh suami mulai dari nol hingga Alhamdulillah hampir mencapai 20 siswa untuk sekarang. Bukanlah jumlah yang banyak untuk berbagai siswa dan siswi dengan karakter unik. Namun menurut kami itu adalah jumlah yang luar biasa.

Bersama dengan perkembangan itulah, di awalnya kami menahan untuk tidak mudik sama sekali. Kami hanya menelpon untuk melepas kerinduan.


Mudik yang Haru Biru
  
Tahun 2016, tepatnya setelah 11 tahun tsunami. Aku beserta suami dan anak-anakku menginjak kembali bumi Aceh lon sayang. Bumi kelahiranku. Bumi tempat aku dibesarkan bersama mama dan papa. Tapi harus kutinggalkan untuk ikut suami ke pulau seberang.

Sepanjang perjalanan menuju Bandara Sukarno Hatta, bibirku tak berhenti bertasbih dan bertahmid. Memuji kebesaran Nya dan ke Maha BaikanNya pada kami. Sekian tahun yang cukup lama menahan rasa rindu itu.

Aku merasa tidak percaya, sampai-sampai menepuk-nepuk pipiku yang mulai basah dengan linangan air mata. Menatapi gedung-gedung pencakar langit di seputaran Jakarta. Sambil berkata “Apakah aku benar akan menaiki pesawat itu untuk menuju kampung halaman?” ku cubit-cubit lagi pipiku sambil berkata, apa aku mimpi Ya Rabb. Aku pun mengucapkan terima kasih pada suami yang telah mengizinkan dan memudahkan untuk bertemu mereka yang sangat aku cintai.

Pesawat udara siap-siap terbang menuju tanah rencong. Sepanjang jalan melewati cerahnya langit seolah menghiasi cerahnya suasana hatiku saat itu. Dalam pesawat aku tidak tidur sekejappun. Kupandangi wajah suami dan anak-anakku yang capai sepanjang perjalanan. Apalagi suami yang harus memegang tas putriku yang bungsu yang berisi pakaiannya.

Pesawat mulai landing, kulihat sekitarnya masih ada bukit-bukit barisan yang masih hijau. Berbeda dengan Jakarta yang telah dipenuhi gedung-gedung. Sampai-sampai untuk menikmati burung berterbangan saja tidak pernah kulihat sama sekali.

Keluarga aku kabari saat kami naik pesawat dari Jakarta. Niatnya sih ingin memberi kejutan tanpa mengabari mereka. Tapi kami takut jika mereka shock dengan kehadiran kami secara tiba-tiba. Akhirnya saat kami kabari, mereka telah menunggu beberapa jam sebelum pesawat landing.

Dulu sebelum berangkat ke pulau seberang kami masih berempat, anak pertamaku baru berusia 2 tahun sedangkan yang kedua baru 6 bulan. Namun saat kami mudik setelah bertahun-tahun, kami telah berlima. Dimana anak pertamaku telah berusia 11 tahun, yang kedua 9 tahun dan yang ketiga baru 5 tahun.

Mereka telah menunggu kami. Dari kejauhan, pandanganku mulai kabur dengan suasana yang asing. Adik bungsuku menghampiriku sambil memelukku. Sebelum menikah hingga sekarang aku masih sayang padanya. Dia sangat dekat padaku. Waktu aku menikah dia sangat sedih karena kehilanganku. Ditambah aku harus pergi jauh.

Beberapa saat kemudian, mama menyampiriku. Memelukku dan berkata, Alhamdulillah ya nak kita bertemu lagi dan kalian sudah sampai. Kemudian papa yang memelukku erat. Aku sangat dekat dengan papa. Kata mereka aku adalah anak kesayangan mereka. Allah Maha adil, Allah menjauhkan aku dari mereka setelah menikah, agar tidak ada rasa kecemburuan di antaraku dan saudaraku.

Beberapa langkah ku berjalan, adikku yang laki-laki juga menghampiriku. Semua sosok-sosok itu telah berubah. Dia telah menjadi laki-laki dewasa dengan sikapnya yang bersahaja. Berbeda dengan yang dulu. Rambutnya yang panjang masih mengikuti trend remaja saat itu.

Demikian papa dan mama, wajahnya yang dulu masih kenyal, sekarang mulai keriput. Rambutnya juga mulai beruban. Mereka menciumi cucu-cucu mereka sambil memeluk dan menangis karena haru. Rasa syukur tak henti kupanjatkan pada Rabbku yang Maha Baik.

Mudik Sekarang

Tahun ini, aku tidak tahu pasti, apakah aku sekeluarga bisa mudik atau tidak. Mengingat kami harus mengawasi bangunan sekolah untuk pertambahan siswa tahun berikutnya.

Aku tidak begitu berharap untuk pulang, meskipun mama dan papa sudah menyiapkan dana untukku. Namun aku menolaknya, karena aku telah berjanji untuk tidak menyusahkan mereka lagi. Jika pun kami harus mudik, kami akan berangkat bersama-sama.

Semoga Allah memudahkan kami mampu mudik setiap tahunnya. Doakan ya teman-teman. 😊

#Day_18
#30HariKebaikanBPN


Rabu, 22 Mei 2019

5 Kenangan Ramadan di Masa Kecil


5 Kenangan Ramadan di Masa Kecil
Posted by ana_susan I May 23, 2019





Ramadan di masa kecil adalah kenangan yang tak akan terlupakan. Banyak hal baik bahkan buruk pun dilakukan. Mulai dari diam-diam makan sampai ada juga yang ikut I’tifikaf. Semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa yang lalu.
Tiap generasi pasti berbeda yang dikenangnya. Bagi ku pribadi, mengenang Ramadan di masa kecil membuat aku senyum-senyum sendiri. ada beberapa hal yang masih kuingat hingga sekarang. Kalian mau tau kenangan apa saja yang aku alami. Kuy aku kasih tahu ya

1. Asmara Subuh

Sumber Gambar : acehtrend.com


Asmara subuh adalah jalan-jalan pagi yang dilakukan setelah selesai salat subuh. Biasanya aku melakukan ini bersama mama dan papa. Tidak kami saja yang ada di sana, orang-orang di sekitar kami pun melakukan hal yang sama. Satu sisi kegiatan ini sangat baik, mengingat kebanyakan orang pasti tidur setelah sahur dan salat subuh.

Selain itu pula, tidur di waktu pagi akan menjuhkan rezeki. Jalan yang kami tempuh pun tidak tanggung-tanggung. Ada yang hanya berkeliling kompleks sambil menghirup udara segar, bahkan hingga ke pinggir pantai. Kebetulan aku tinggal di ujung pulau Sumatera.

Suasana terbitnya matahari, serta burung terbang mencari makan, adalah suasana yang sangat indah.

2. Jalan Sore

Sumber Gambar : aceh.steemit.com

Di zaman sekarang, jalan sore itu lebih dikenal dengan ngabuburit. Kerjanya jalan, keliling-keliling sambil menunggu saat berbuka. Hal ini sama sih dengan zaman ku dulu. Suasana sore dengan banyaknya jajanan di pinggir jalan kota membuat mata jelalatan melihat jajanan dan kantong pun menipis. Pingin beli ini dan itu sudah menjadi tradisi. Padahal belum tentu pas buka puasa di makan semua. He he.

3. Pura-pura Taraweh

Sumber Gambar : boombastis.com

Bagi seorang anak kecil, sudah salat wajib saja yang jumlah nya sedikit itu alhamdulillah banget. Kebayang kan kalau taraweh itu berapa rakaat. Nah, pastinya ada yang minta  pulang padahal salat taraweh belum selesai. Ada juga yang sampai ketiduran di sebelah emaknya. Duh sabar ya emak-emak.

4. Bermain Petasan

Sumber Gambar : lampung.trimbunnews.com

Ini nih yang paling seru buat anak laki-laki yang suka ngerjain anak perempuan. Apalagi keseruan ini dilakukan oleh mereka di jalan menuju masjid saat mau taraweh. Mereka melakukan ini dengan tujuan iseng. Pasalnya, jika korban kaget dan teriak terus lari, yang ngerjain senang banget. Jahat kan. Tapi ini emang seruuu.

5. Meminta Tanda Tangan Penceramah

Sumber Gambar : newsdetik.com

Salah satu motivasi kuatku saat kecil untuk taraweh adalah karena ada tugas dari guru agama. Tugasnya meminta tanda tangan penceramah taraweh dengan menulis ringkasan ceramah yang disampaikan. Artinya di sini aku dituntut kejujuran untuk datang dan dengar. Berat sih, soalnya dalam keadaan ngantuk habis buka karena kekenyangan.

Itulah lima kenangan Ramadan yang aku alami saat aku kecil. Bagaimana dengan Ramadan di masa kecil kalian? Pasti seru juga kan. Yuk tulis di komentar.

#Day_17
#30HariKebaikanBPN

Mengapa Harus Zakat, Infak dan Sedekah?



Mengapa Harus Zakat, Infak dan Sedekah?
Posted by ana­_susan I May 23, 2019






Berinfak, bersedekah dan membayar zakat merupakan tiga amalan yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Ibadah ini adalah memberikan sesuatu yang dimiliki oleh kita kepada orang lain agar membawa manfaat. Kadang kita terkaburkan dengan ketiganya bahkan menyamakannya sebagai sedekah yang biasa. Padahal ketiganya sangat jauh berbeda.

Samakah Antara Zakat, Infak dan Sedekah?
Zakat adalah mengambil sebagian harta dengan ketentuan tertentu yang diberikan pada kelompok tertentu. Kelompok tersebut terdiri atas 8 golongan yang disebut dengan asnaf. Hukumnya adalah wajib dan merupakan rukun Islam yang keempat. 
Zakat juga memiliki kekhususan yang berbeda dengan infak dan sedekah. Seperti zakat fitrah misalnya. Zakat ini dilaksanakan hanya setahun sekali sebelum idul fitri tiba (menjelang idul fitri).
Ada juga zakat penghasilan, zakat perdagangan, zakat pertanian dan zakat lainnya. Semuanya merupakan dana terikat yang dialokasikan serta didistribusikan pada 8 asnaf sesuai yang disebutkan dalam alquran surat At Taubah ayat 60.

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, orang-orang yang berhutang, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”

Infak, menurut ilmu Fiqih adalah semua jenis pembelanjaan seorang muslim untuk kepentingan dirinya, keluarganyanya dan masyarakatnya. Sedangkan sedekah adalah pembelanjaan yang dilakukan di jalan Allah. Sedekah tidak harus berupa uang, bisa pakaian juga bahkan pikiran dan tenaga yang berguna untuk membantu sesama.
Pada infak dan sedekah, bisa kita berikan pada siapapun berbeda dengan zakat yang harus diberikan pada 8 asnaf tadi. Hukumnya juga sunnah.
Perbedaan antara zakat, infak dan sedekah lainnya, terletak pada waktu pembayaran. Dimana, jika infak dan sedekah bisa dilakukan kapan saja, sedangkan zakat hanya dilakukan pada waktu tertentu.
Jadi jelas ya, perbedaan anatara zakat, infak dan sedekah. Lantas mengapa kita harus melakukan ketiga amalan tersebut? Apakah ada manfaatnya untuk kita? Pasti.

Manfaat Infak, Zakat dan Sedekah
Setiap yang Allah perintahkan pada kita, pasti ada manfaatnya. Namun kadang manusia tidak sadar bahwa anjuran yang telah ditetapkan membawa kebaikan padanya.
Seperti Infak misalnya, ada lebih dari sepuluh ayat alquran yang menganjurkan kita untuk berinfak. Di antaranya dalam surat Al Baqarah ayat 2-3, ayat 110, 177, 195, 215, 219, 245, 254, 261-274, surat Ali Imran ayat 92, 133-134, surat Al Anfal ayat 2-4, 60, Surat At Taubah ayat 60, 90, 103-104, Surat Yusuf ayat 88, Surat Ar Ra’du ayat 22-24, Surat Ibrahim ayat 31, surat An Nur ayat 22, dan masih ada beberapa ayat yang menganjurkan kita untuk berinfak.

Demikian pula dengan zakat dan sedekah. Keduanya telah dianjurkan dalam alquran. Namun yang menjadi masalah sekarang, apakah dengan anjuran tersebut telah menggerakkan hati kita untuk mengamalkannya? Belum tentu.

Bahkan kadang kita masih berfikir takut harta kita habislah, nanti jika diberikan ke orang lain kita makan apa dan masih banyak kegalauaan yang kita rasakan. Padahal di balik semua itu ada manfaat yang akan kita dapatkan.
Dengan kita bersedekah, berinfak dan berzakat, maka Allah akan mengampuni dosa kita, menambah rezeki, melipatgandakan rezeki, mendapat naungan di hari kiamat.
Hakekatnya, banyaknya harta yang kita miliki pasti ada hak orang lain. Jangan pernah pelit untuk memberi, karena Allah juga akan pelit untuk memberi pahala pada kita. wallahualam.

#Day_16
#30HariKebaikanBPN

10 Jenis Bedak Wardah Yang Sesuai Kebutuhan Wajahmu



10 Jenis Bedak Wardah Yang Sesuai Kebutuhan Wajahmu
Posted by ana_susan I May 23, 2019


Nak, selesai mandi jangan lupa pakai bedaknya. Itu adalah kalimat yang biasa dikatakan oleh ibuku saat aku selesai mandi. Jadi cewek kudu berbedak. Kalau tidak berbedak bukan cewek namanya. Kalau udah mandi belum berbedak sepertinya kayak belum mandi.

Apa iya statement seperti itu menandakan bahwa berbedak itu pertanda kita sudah bersih-bersih alias mandi. Bisa jadi iya atau tidak.

Bedak dan Jenisnya
Bedak atau pupur adalah bubuk yang digunakan sebagai kosmetik untuk mempercantik muka atau sebagai obat kulit (wikipedia.com).

Bedak sebagai senjata penting para wanita saat berdandan. Mulai dari menyempurnakan riasan, sampai menutupi kekurangan pada kulit wajah. Namun demikian, kita juga tidak bisa menggunakan bedak sembarangan. Hal ini disebabkan ada beberapa jenis bedak yang beredar yang tentunya memiliki fungsi masing-masing.
Agar dapat menyesuaikan bedak dengan kebutuhan kulitmu, kuy cek selengkapnya jenis bedak di bawah ini.

1.Bedak tabur.
Yaitu jenis bedak yang cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak. Cara memilih warnanya agar mendapatkan hasil yang maksimal, adalah dengan memilih satu tingkat di atas tone kulit wajahmu. Jenis bedak ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikannya dengan brush atau spons bedak.

2. Compact Powder (Bedak Padat)
Jenis bedak ini sangat cocok untuk kulit kering. Jenis bedak ini mengandung minyak dan pelembab. Bedak ini juga lebih praktis karena tidak mudah tumpah. Kandungannya mudah menempel pada kulit hingga menutupi pori-pori. Jangan lupa mencuci muka setelah menggunakan bedak ini, agar tidak menimbulkan jerawat.

3. Two-way cake powder
Jenis bedak ini telah mengandung foundation, sehingga lebih praktis dan instan. Artinya praktis dalam waktu berdandan dan instan karena ada pelembab sekalian bedak. Bedak ini tidak dianjurkan untuk kulit berminyak, karena kandunganya yang berat dan tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari.

4. Liquid Powder (Bedak Cair)
Sekilas, jenis bedak ini akan terlihat seperti foundation. Badak cair lebih dibutuhkan untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, flek hitam dan jerawat tetapi tetap terlihat natural.

5. Translucent Powder
Yaitu bedak yang berfungsi sebagai setting make up yang akan menjaga foundation dan concealer pada wajahmu dapat bertahan lama. Asyiknya lagi, transclucent powder tidak memberi kesan make up yang tebal karena warnanya tranparan.

6. Shimmering Powder
Bedak ini hanya digunakan pada acara tertentu saja karena akan memberikan efek berkilau pada kulit. Dengan memakai bedak ini, akan terkesan eksotis dan glamour.

7. Meteorite Powder
Bedak ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan blush on. Digunakan setelah riasan lainnya selesai utnuk memberikan kesan wajah yang berseri-seri.

8. Mineral Powder
Bedak ini sangat dianjurkan bagi kulit yang sensitif. Hal ini karena kandungan mineral yang dimiliki olehnya sangat baik untuk pernafasan kulit.
Sekarang kita telah mengetahui jenis bedak yang sesuai dengan kebutuhan kita. langkah selanjutnya adalah mencari kira-kira produk apa yang menjadi pilihan dengan jenis bedak sebanyak itu.

Dalam  memilih kosmetik tiap wanita adalah berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan sensitifitas dari kulit masing-masing. Sebelum menikah hingga sekarang, aku lebih memilih produk wardah. Alasanya, karena tampilan warna yang soft, produk yang halal dan tentunya cocok di kulit ku.

Produk yang biasa kugunakan adalah lipstick, blush on, bedak dan pembersih wajah. Untuk bedak misalnya, dulu aku lebih memilih bedak tabur, namun sejak menikah lebih memilih bedak padat yang sekaligus ada pelembabnya. Selain praktis di bawa kemana-mana, juga tidak mudah tumpah. Kulitku juga berminyak.
Bedak Wardah sendiri, telah berhasil memenuhi berbagai kebutuhan jenis kulit wanita Indonesia. Ada 10 jenis bedak yang ditawarkan, diantaranya :

1. Wardah Instaperfect Matte Fit Powder Foundation
Sumber Gambar : honestdocs.id


Jenis bedak ini digunakan pada acara penting, agar terlihat flawless dan cerah. Kandungan foundationnya pun sangat tinggi. Efek yang ditimbulkan adalah mencerahkan, menyamarkan pori-pori. Kandungn superfine mineralnya hard  dengan 3 pilihan shades. Semuanya bisa menjadi pilihan wanita Indonesia. Harga terbarunya adalah Rp 95 ribu.

2. Wardah Everyday Shine Free BB Loose Powder
Sumber Gambar : honestdocs.id




Jenis bedak ini adalah bedak tabur. Sangat ccok untuk kulit berminyak. Bedak taburnya mengandung oil absorber sehingga mampu membantu mengendalikan minyak berlebih pada wajah.

Teksturnya juga ringan dengan partikel light-reflecting yang memberikan hasil akhir soft yang membantu menyamarkan garis halus pada wajah. Harga kemasan kecilnya dengan kisaran Rp 52 ribu.

3. Wardah Acne Face Powder.
Sumber Gambar : perfectbeauty.id





Bedak tabur ini sangat cocok untuk kulit yang berjerawat dan sensitif. Paslnya karena mengandung salicylic acid sebagai bahan utama obat anti acne. Kandungan lainnya adalah triclosan yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Harganya juga tidak mahal. Yaitu 35 ribu rupiah.

4. Wardah Acnederm Face Powder

Sumber Gambar : sehatly.com




Kulit yang sangat sensitif plus jerawatan yang parah,  kadang sulit untuk menentukan bedak mna yang cocok dipakai. Tapi jangan khawatir, wardah mampu mengatasi permasalahan kamu.

Wardah Acnederm Facepowder adalah jenis bedak dengan hasil matte. Butiran loose powder nya sangat halus sehingga mampu mengunci base make up mu dengan natural dan hasil akhirnya matte.

Selain itu juga, bedak ini mempu mencerahkan kulit dan menyerap minyak berlebih hingga wajah tidak mudah mengkilap. Harganya dengan kisaran Rp 40 ribu.

5. Wardah Lightening BB cake Powder
Sumber Gambar : honestdocs.id


Bedak ini sangat cocok digunakan sehari-hari tanpa foundation atau BB cream. Bedak ini juga mengandung SPF 15 PA ++ yaitu mengandung oil balancing beads dan UV filter agent yang membantu kulit wajah normal cendrung berminyak dan cerah sepanjang hari. harganya pada kisaran Rp 46 ribu.

6. Wardah Lightening Two Way cake Light Feel

Sumber Gambar : id.priceprice.com


Yaitu perpaduan bedak dan foundation yang terasa ringan. Bedak ini mampu bertahan lama jika dikenakan di wajah, apalagi untuk kamu dengan jenis kulit kombinasi dan berminyak. Kandungannya dilengkapi dengan ekstrak licorice, UV Protection dan vitamin E yang sekalian menjag kesehatan kulit wajah. Harga yang ditawarkan adalah Rp 50 ribu.

7. Wardah Exclusive Two Way Cake


Sumber Gambar : duwanita.com



Sesuai dengan namanya, exclusive two way cake, bedak ini memilikin keunggulan yaitu mampu menutupi noda-noda di wajah secra sempurna. Foundation yang adadi dalamnya mampu bertahan di wajah setelah beraktifitas full. Tekstur bedaknya juga lembut dan halus. Tersedia dalam lima shade yaitu sheer pink, light beige, sandy beige, natural dan coffe beige. Harga utuk satu bedaknya Rp 85  ribu

8. Wardah Lightening Two Way Cake Extra Cover

Sumber Gambar : honestdocs.id


Bedak ini mampu membuat kulitmu setingkat lebih cerah. Teksturnya lembut dan mampu menutupi noda pada wajah akibat bekas jerawat. Daya coverage ny juga tinggi.
Jenis wajah berminyak, sngat cocok menggunakan bedak ini. harganya juga berkisar pada Rp 55 ribu.

9. Wardah Everyday Luminous Compact Powder.

Sumber Gambar : honestdocs.id


Bedak ini memiliki partikel bedak halus dan aman untuk dipakai buat kamu yang memiliki kulit sensitif karena bedak ini mengandung micronized powder. Selain itu, bedak jenis ini mengandung oil control untuk membuat wajah bebas mengkilap. Harganya juga tidak terlalu mahal, yaitu 30 ribu rupiah.

10. Wardah Luminous Face Powder.

Sumber Gambar : honestdocs.id


Bedak ini juga mengandung oil control untuk membuat wajah bebas mengkilap seharian. Micropowdernya membuat hasilnya menyatu di kulit. Sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Harganya hanya Rp 46 ribu .

Dari 10 jenis bedak wardah di atas, yang mana yang menjadi bedak pilihanmu. Pastikan jangan salah pilih ya. Sesuaikan dengan jenis kulit wajahmu. Kalau aku bedak wardah yang jadi pilihanku adalah nomor delapan. Dengan teksturnya yang lembut dan nyaman saat dipakai.

#Day_15
#30HariKebaikanBPN

Minggu, 19 Mei 2019

Agar THR Menjadi Berkah


Agar THR Menjadi Berkah
Posted by ana_susan I May 19, 2019







Pengertian THR dan Asal Mulanya
THR atau Tunjangan Hari Raya adalah, pendapatan non upah yang diberikan oleh pengusaha kepada pekerja seminggu sebelum hari raya tiba.  Hampir seluruh pegawai swasta maupun pemerintah menantikan THR menjelang lebaran.

THR muncul pertama kali pada masa Perdana Menteri Soekiman Wirjosandjojo. Yaitu seorang politikus Partai Masyumi yang menjabat pada 27 April 1951-3 April 1952. Salah satu program kerja kabinet Soekiman yang dilantik pada April 1951. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan.

Berapakah Jumlah THR yang Diberikan?
Jumlah THR yang diberikan untuk para pekerja adalah sejumlah satu bulan gaji pokok, baik yang kontrak maupun tetap. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 6/2016 yang diberikan dalam bentuk uang. Syarat untuk mendapatkannya adalah, pekerja harus telah bekerja selama 12 bulan.

Wahh, kebayang kan jika kamu memiliki gaji pokok 5 juta, maka akan mendapatkan THR 5 juta. Totalnya menjadi 10 juta. Hmm, dengan uang sebanyak itu, kadang pasti bingung kan ya mau diapakan. Pastinya di kepala sudah di list apa saja yang akan diposisikan nantinya. Namun, yang namanya nafsu tentu tidak pernah jauh. Sifat manusia yang loyal, tentunya mampu menghabiskan THR dalam sekejap.


Agar THR Menjadi Berkah
Nah, agar THR kita nantinya tidak cepat habis atau berkah, ada baiknya kamu memilah-milah mana yang paling dibutuhkan. Ada beberapa hal yang menjadikan THR kamu menjadi berkah.

1. Bersihkan
Agar menjadi berkah THR yang kita dapatkan, ada baiknya sebelum digunakan kita menyedekahkannya dahulu. Karena dengan kita bersedekah Allah akan membalas lebih dari yang kita dapatkan. Apalagi menyedekahkannya kepada orang yang berhak membutuhkan.

Pahala yang akan kita dapatkan dari sedekah, Allah pun akan berlipat ganda, selain kita juga dihapuskan dosa.

2. Mudik
Bagi kamu yang tinggal di perantauan, menyisihkan sebagian THR untuk mudik adalah hal yang penting. Kita bisa bertemu orang tua, sanak saudara untuk saling melepas rindu setahun sekali.

3. Menyenangkan Keluarga
Untuk menyenangkan hati anak-anak, biasanya menjelang lebaran pasti kita memberikan baju baru dan semua yang serba baru. Hal ini dilakukan karena mereka telah berpuasa sebulan penuh serta telah full ibadah tarawih maupun ibadah lainnya.
Kita juga bisa menghadiahkan sarung plus baju koko untuk ayah atau mukena baru untuk ibu. Meskipun harga yang kita berikan tidak seberapa, namun bagi orang tua adalah sangat berharga.
Jika kita membahagiakan orang lain, maka Allah akan membahagiakan kita.

4. Membeli Kue Lebaran
Melayani tamu yang datang ke rumah dengan beberapa sajian saat lebaran adalah anjuran yang diajarkan nabi Muhammad SAW. Hal ini bahkan tidak hanya dilakukan saat lebaran saja, tapi di luar moment lebaran juga.
Manfaat memuliakan tamu juga banyak, di antaranya mendapat pahala seperti  pahala haji dan umrah, menghapus dosa tuan rumah, disinari cahaya kebaikan.

5. Menyisihkan THR
Menyisihkan THR bisa berupa tabungan atau mengamplopkan untuk diberikan pada keponakan kita. Fenomena yang kedua sering terjadi saat hari H lebaran. Bagi kamu pekerja pastinya uang akan menipis. Namun, bagi kamu yang belum bekerja, pastinya akan mendapat uang banyak.

Itulah lima hal agar THR yang kita dapatkan menjadi berkah. Jangan lupa memberi dan membahagiakan orang lain. Membahagiakan orang lain sama saja dengan kita membahagiakan diri kita sendiri. 😊

#Day_14
#30ChallangeBPNRamadhan


Sabtu, 18 Mei 2019

Gaya Rambut Panjang dan Pendek yang Nyaman untuk Wanita Berhijab



Gaya Rambut Panjang dan Pendek yang Nyaman untuk Wanita Berhijab
Posted by ana_susan I May 18, 2019





Rambut adalah mahkota setiap manusia apalagi wanita. Keindahan dan kesehatan rambut menjadi faktor penting bagi mereka. Dua faktor tersebut, manakala hanya memenuhi indah tanpa sehat, pastinya rambut akan menimbulkan banyak masalah. Seperti ketombe yang tersembunyi. Atau sebaliknya, rambut yang sehat tanpa adanya sisi keindahan, pastinya akan membosankan bagi yang melihatnya. Terutama suaminya.

Dalam Islam, wanita diwajibkan memakai hijab. Hijab itu tertutup semuanya kecuali wajah dan telapak tangan. Artinya, rambut yang berfungsi sebagai mahkota itu harus tertutup rapi. Bukan tidak mungkin rambut yang tersembunyi akan memiliki dampak tersendiri. Mulai dari lepek, cepat rotok, gatal dan lainnya. Namun, jika perawatan rambut dilakukan secara berkala oleh wanita berhijab, beberapa hal di atas tidak akan terjadi. Malah sebaliknya, rambut tetap terjaga dari polusi dan sehat. Kalau begini caranya, para wanita pasti tidak rela memotong rambutnya karena gerah saat ditutupi.

Belum lagi masalah gaya rambut dengan bentuk wajah. Sering kan kita dengar saat ke salon. Saya ingin gaya rambut seperti ini. namun, kata pemangkas rambut tidak bisa, karena bentuk wajah teteh seperti ini. jadinya cocoknya yang ini. Kalau sudah demikian, kita harus manut pada pemangkas, karena dia yang lebih paham tentang seluk beluk rambut.

Pentingnya Gaya Rambut Yang Sesuai
Rambut kita terdiri atas dua jenis, rambut panjang dan rambut pendek. Keduanya tidak menjadi masalah bagi wanita berhijab. Asalkan tertata rapi di dalam sehingga tidak menimbulkan ketegangan pada kulit kepala atau tidak menghambat peredaran darah di area kulit kepala dan berakhir pada pusing serta tidak merusak struktur rambut itu sendiri. Akhirnya kita pun beralih ke rambut pendek. Padahal jika kita mengetahui gaya yang sesuai, maka hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Untuk menjawab semua itulah maka ada beberapa tatanan rambut atau gaya rambut yang sesuai dengan wanita berhijab. Baik rambut panjang maupun rambut yang memang sudah pendek.

Bagi kamu yang berambut panjang dan berhijab, rambut yang berada di area pelipis dan dahi terkadang menyembul dan mengintip keluar, apalagi saat aktifitas full. Dengan memilih gaya rambut yang tepat, kamu dapat menyiasatinya sehingga penampilan hijab menjadi rapi dan nyaman. Tidak ada salahnya kan mencoba beberapa gaya rambut panjang berikut ini.

1.Traditional Braid (bentuk Kepang)

Sumber Gambar : beautynesia.com

Gaya rambut jenis ini adalah untuk jenis rambut yang panjang mengembang. Kamu tidak perlu memangkasnya terlalu pendek, akan tetapi cukup dipotong sebahu. Selanjutnya, kepang rambut dengan lembut tanpa ditarik kuat. Jangan menguncir atau menggelung rambut.



2. Ponytail (Ikatan Ekor Kuda)

Sumber Gambar : beautynesia.com


Gaya rambut ini serupa dengan ekor kuda. Gaya ini sangat cocok untuk jenis rambut lurus dan jatuh. Pangkaslah rambut hingga ke bahu, lalu kuncir seperti ponytail. Gaya ini sangat cepat dan praktis saat berhijab. Jangan mengikat rambut terlalu kuat. Posisi ikatan rambut sejajar dengan telinga.


  
3. French Braid (Kepangan Ala Perancis)

Sumber Gambar : beautynesia.com


Gaya rambut French Braid sesuai dengan namanya adalah gaya rambut ala negara Perancis. Jenis ini untuk kamu yang berambut panjang dan tidak ingin memangkasnya hingga ke bahu. Perbedaan gaya rambut ini dengan traditional braid adalah terletak pada kepangannya. Di mana, kepangan ala Perancis cendrung memendekkan rambut dimulai dari atas hingga menjuntai ke bawah. Gaya ini paling disukai, karena menambah volume rambut dan rapi. Kelebihan gaya rambut ini tidak cepat lepek dan tidak bercampur dengan keringat.

Bagi kamu yang berambut pendek, tidak ada salahnya memilih gaya rambut sesuai dengan bentuk wajah. Selain terlihat indah di depan suami, tentunya tetap rapi saat berhijab. Jika kamu malas ke salon, kamu bisa menggunakan cara clipped back. Yaitu merapikan rambut dengan cara menjepitnya dengan penjepit rambut di bagian belakang kepala.

Sumber Gambar : beautynesia.com

  
Sedangkan, untuk kamu yang rajin ke salon, ada beberapa gaya rambut yang sesuai untuk kamu yang berambut pendek.

1.  Sasak Trendy

Sumber Gambar : onlylaila.com


Gaya rambut ini cocok untuk kamu yang berwajah oval. Rambut dipotong hingga leher atau bahu. Potongan ini sangat cantic dan menawan.


2.Short Sweet

Sumber Gambar : onlylaila.com


Gaya rambut ini mengikuti gaya ala Korea, dengan membiarkan rambut lurus panjang hingga bawah telinga atau sebahu dengan poni menyamping sehingga terkesan elegan

3. Model Bob

Sumber Gambar : perawatan-rambut.com


Gaya rambut ini sangat cocok untuk yang berambut tebal. Model rambut ini dibuat curly menggunakan alat pencatok.



4. Model Sebahu Lurus

Sumber Gambar : trengayarambutsebahu2019.com


Berbeda dengan Bob, gaya rambut ini hanya dipotong sebahu terurai saja. Model ini sangat menarik lagi jika diberi poni ke depan atau ke samping tergantung selera.

Nah, bagaimana? Sudahkah kamu mendapatkan pilihan untuk menentukan gaya rambut mana yang nyaman saat berhijab? Pastikan tidak salah memilih gaya rambut yang sesuai ya. Bagi yang telah bersuami, semoga suami senang dengan gaya rambut kita. Jangan pernah berpikir mentang-mentang berhijab kita tidak perlu ke salon. Justru sebaliknya, dengan kita ke salon kita telah memenuhi sebagian hak dari si rambut yang butuh perawatan disamping kita memberikan nutrisi rambut juga keramas dengn rutin. Ingat, kebersihan sebagian dari iman. 😊  


#Day_13
#30ChallangeBPNRamadhan