Dapatkan Passive Income Dengan Menjadi Freelancer

 


Dapatkan Passive Income Dengan Menjadi Freelancer 




Penghasilan yang didapatkan oleh  seorang pekerja adalah mutlak. Namun, kadangkala penghasilan yang diperoleh tidaklah cukup. Perlu tambahan demi memenuhi kebutuhan dirinya. 

Kebutuhan itu akan meningkat manakala jumlah anggota keluarga semakin banyak. Kendala lain yang muncul adalah naiknya harga barang-barang sehingga mau tidak mau harus mencari penghasilan sampingan atau lebih dikenal dengan passive income

Sebenarnya apa sih passive income itu?


Pengertian Passive Income 

Passive Income adalah jenis penghasilan yang tidak dihasilkan secara langsung atau hanya membutuhkan keterlibatan yang minim. 

Kerja yang dilakukan bisa sambilan, namun bisa menghasilkan uang yang banyak. Uang yang didapatkan bisa menjadikannya sebagai aset hingga usia menua.

Lantas, passive income yang seperti apa bisa kita dapatkan?

Ada banyak jenis passive income yang bisa kita lakukan. Seperti menyewa rumah, paper set atau jenis passive income dengan memberi sejumlah aset di atas kertas. Seperti portofolio saham hingga deposito.
Atau bisa juga passive income dengan menjadi freelancer (pekerja jarak jauh) tanpa harus keluar rumah. Menurutku, pekerjaan ini sangat cocok bagi ibu-ibu rumahan sambil merawat anak-anaknya.

Jenis-jenis Freelancer 

Jika kita menginginkan kebebasan, waktu yang fleksibel sehingga kendali hidup ada di tangan kita, maka freelancer bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan passive income. Bahkan bukan tidak mungkin bisa menjadinya sebagai penghasilan tetap kita.

Ada banyak ide freelance yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Menulis misalnya. Banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan melalui menulis. Seperti copywriting, mengedit, proofreading, blog, jurnalistik dan masih banyak lagi.

Pengembangan web seperti desain web, pembuatan situs web dan pemrograman perangkat lunak merupakan jenis freelance bagi para freelancer.

Bagi teman-teman yang mempunyai keahlian di bagian desain grafis, fotografi, menerjemah juga bisa dilakukan dengan freelance. 

Jadi ada banyak pilihan freelancer yang bisa dijadikan cara mendapatkan passive income. Namun, semua tergantung dari keahlian kita dalam menguasainya. Karena nantinya akan berdampak pada penghasilan yang didapatkan. Semakin ahli kita menguasai keterampilan kita, maka semakin memuaskan hasil kerja yang kita lakukan. Alhasil, berdampak pada passive income yang terus bertambah.



Benarkah Freelancer Pilihan yang Tepat untuk Mendapatkan passive income ?

Aku ingin bercerita sedikit tentang pengalamanku menjadi freelancer. Suatu ketika saat aku ikuti sebuah kelas menulis cerita anak picture book, salah satu temanku memberi saran kelas ilustrasi. Beliau berkata demikian, setelah menjawab pertanyaanku tentang ilustrasi karakter yang digambarnya sangat bagus.

Nah, setelah aku mendaftarkan kelas tersebut, ternyata di dalamnya menggambarkan kelas yang menghasilkan dolar. Aku pun tambah penasaran. Melihat sebelumnya suamiku bekerja sebagai freelancer di fiver

Beliau membuat pesanan-pesanan desain dengan dolar yang dikumpulkan sampai 10 juta lebih jika dirupiahkan. Semua dilakukan di waktu luang. Padahal beliau sendiri bekerja sebagai guru. 

Akhirnya aku pun menikmati kelas tersebut. Sebuah kelas yang mengajarkan ilustrasi benda, karakter dan sejenisnya. 

Menariknya, semua ilustrasi yang kita kerjakan dikirim ke mikrostok. Salah satu mikrostok yang ku kirim bernama PNGTree. 

Dari semua jenis mikrostok di dunia, kata mentor kelasku PNGTree adalah salah satu mikrostok yang paling terkenal. Namun demikian, setiap mikrostok memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Meskipun mikrostok PNGTree memiliki gaji yang cukup rendah yakni 0,015 $ per unduhan, akan tetapi setiap harinya ada lebih dari 80 negara di dunia mengunjungi situs tersebut. 

PNGTree juga sering mengadakan event yang memberikan bonus $ tiap target kita tercapai. Untuk mengunduh gambarnya pun tidak sesulit mikrostok lainnya. 

Yang lebih menarik lagi semua ilustrasi itu bisa kita gambar di aplikasi gratis bernama medibang paint melalui smartphone.
Stok gambar yang dibuat haruslah lebih dari 1000 gambar agar bisa menghasilkan dolar dengan cepat. Karena penarikan awal yang dilakukan di mikrostok PNGTree adalah di atas 100 $. 





Menjadi Kontributor Canva Cara Mendapatkan Passive Income Lebih Cepat

Setelah menunggu lama untuk mencairkan dolar di PNGTree, aku pun memperluas passive income dengan mengirim ilustrasi ke canva.

Caranya dengan menjadi kontributor canva. Lulusnya sebagai kontributor ini ditentukan oleh pihak canva itu sendiri. 

Setelah tiga bulan berlalu muncullah hilal dolar yang ditunggu-tunggu. Penghasilan bulan pertamaku diawali dengan  0,44 $. Semakin lama semakin meningkat hingga per bulan mencapai 29 $ lebih. Kenaikan nilai dolar ini tergantung dari banyaknya gambar yang kita stok di canva tersebut. Semakin banyak gambar, semakin besar kemungkinan dolar yang dihasilkan setiap bulannya. 





Jadi masih ragukah mencari passive income melalui freelancer? Yuk teman-teman tidak salahnya kita mencoba. 










No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).