Saturday, May 25, 2019

9 Amalan Utama Selama Puasa Ramadan




9 Amalan Utama Selama Puasa Ramadan
Posted by ana_susan I May 25, 2019




Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan. Berkah karena di dalamnya Allah melimpahkan rahmat, pengampunan dan akan dijauhkan dari api neraka. Bulan yang di dalamnya diturunkan alquran yaitu pada hari ke 17 Ramadan atau disebut dengan nulzulul quran. Di bulan Ramadan juga terdapat lailatul qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Setiap amalan baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Namun pertanyaannya, adakah orang-orang memanfaatkan moment terindah ini?

Belum tentu. Ada orang yang sadar akan hadirnya Ramadan, ada juga yang lalai bahkan jauh dari Ramadan (nauzubillah). Padahal dia tahu bahwa kematian kapanpun akan menjemputnya. Tidak peduli dengan waktu yang dia gunakan maupun kegiatan yang berlangsung. Sejauh apapun kita berada, pasti kematian tidak akan dapat ditunda.

Pada hakekatnya manusia hidup di dunia adalah untuk beribadah pada Allah. Baik dalam keadaan diamnya maupun dalam semua aktifitasnya. Semua dalam rangka mendekatkan diri pada Allah. Jika hal ini terus kita pegang, maka pastinya kita tidak akan berhenti untuk terus berbuat baik. Dia menciptakan kita maka Dia pula yang akan mengambil kita.

Pada bulan Ramadan ini, Allah memberi bonus yang sangat besar bagi kita. Seperti telah disebutkan di atas, bahwa bonus –bonus tersebut adalah pahala yang dilipatgandakan dari amalan yang kita kerjakan. Apakah semua amalan? Atau mungkin ada amalan tertentu?

10 Amalan Utama yang Dilakukan di Bulan Ramadan
10 amalan penting yang dilakukan di bulan puasa adalah  

1. Puasa

Sumber Gambar : lifestylesolopos.com

Puasa di bulan Ramadan hukumnya adalah wajib. Artinya jika tidak dikerjakan akan mendapat dosa. Sesuai dengan firman Allah dalam alquran surah Albaqarah ayat 183 yang berbunyi

“ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Rasulullah saw bersabda, dari Abu Hurairah ra, “Siapa berpuasa Ramadan dengan keimanan dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari –Muslim).

2. Salat Al-lail

Sumber Gambar : merdeka.com

Salat Al-lail adalah salat tarawih dan witir. Salat ini sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad saw.
Dari Abu Hurairah ra, berkata “Rasulullah saw menganjurkan salat Al-lail kepada mereka (para sahabat) tanpa perintah wajib. Beliau bersabda: “Barangsiapa mengerjakan salat Al-lail karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu (HR Muslim).

3. Tilawah dan Tadarus alquran

Sumber Gambar : id.wikipedia.org

Kita tahu bahwa bulan Ramadan adalah bulan diturunkan pertama kalinya alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai antara hak dan batil. Untuk itu, dalam sebuah hadist dikatakan, Rasulullah saw melakukan tadarus bersama malaikat Jibril.

“ Dari Ibnu Abbas ra, diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan, saat bulan Ramadan, ketika ditemui malaikat Jibril pada tiap malam di bulan Ramadan, dan mengajak membaca dan mempelajari alquran. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan (HR Al Bukhari).

4. Perbanyak Zikir dan Doa

Sumber Gambar : dream.co.id

Pada malam dan siang bulan puasa adalah waktu yang sangat mulia dan utama. Jadi sebaiknya digunakan untuk memperbanyak zikir dan doa khususnya di waktu yang mustajab.

Waktu-waktu mustajab itu adalah saat berpuasa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan ketika waktu sahur.

Pada waktu sahur ini, tepatnya sepuluh menit terakhir makan sahur. Gunakan untuk memperbanyak istiqfar. Dalam surah Al Dzaariyat ayat 18 Allah berfirman :
“Dan di waktu sahur akhir-akhir malam, mereka memohon ampun (kepada Allah)”.

 5. Makan Sahur dan Berbuka

Sumber Gambar : wahdah.org

Para ulama sepakat tentang sunnahnya makan sahur. Meskipun demikian, tanpa sahur pun boleh puasa. Dari Anas ra bahwa Rasulullah saw berabda,
“Makan sahurlah, karena sahur itu barakah”. (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur dan mendahulukan berbuka (HR Ahmad)
Sahur itu barakah, maka jangan tinggalkan meski hanya denga seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat Nya berselawat pada orang-orang yang sahur (HR Ahmad).

6. Sedekah

Sumber Gambar : sedekah.bincangsyariah.com

Rasulullah saw bersabda,
“ Maukah kamu aku tunjukkan pada pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai dan sedekah akan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, salat seorang laki-laki pada pertengahan malam (HR Ahmad Al Tarmizi).

Salah satu bentuk sedekah yang sangat dianjurkan selama Ramadan adalah memberi iftar (santapan untuk berbuka puasa) pada orang yang berpuasa.

“Barang siapa yang memberi iftar kepada orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut (HR Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah).

7. Mandi Sebelum Waktu Fajar

Sumber Gambar : pobbela.com


Mandi yang dimaksud adalah mandi jika selesai haid, nifas atau mandi janabah. Waktunya disunahkan sebelum waktu fajar. Hal ini dilakukan, agar berada dalam kondisi suci saat melakukan puasa.

8. Itikaf
Sumber Gambar : acehtribunnews.com

Itikaf adalah amalan yang paling penting di bulan Ramadan. Yang paling diutamakan dilakukan di 10 malam terakhir. Tujuannya untuk mendapatkan pahala lailatul qadar yang menurut Rasulullah saw ada pada malam-malam 10 terakhir Ramadan.
 
Aisyah ra berkata, "Bila telah memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan, Nabi saw menghidupkan malam, membangunkan keluarganya (isterinya) dan meninggalkan isterinya (tidak berhubungan suami isteri. (HR Bukhari dan Muslim).

Juga disunnahkan untuk membaca pada lailatul qadar doa berikut:
“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah, Sungguh Engkau mencintai maaf maka maafkanlah aku)”.

9. Muhasabah Diri
Muhasabah atau evaluasi diri adalah mutlak dilakukan oleh setiap muslim ynang megharapkan ampunan dari Allah. Mengingat dosa-dosa yang telah dilakukan sebelum Ramadan mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Karena semua perbuatan kita akan diminta pertanggung jawabnya oleh Allah swt. Sudah sewajarnya kita mengevaluasi diri untuk berjanji tidak melakukannya lagi atau mengulang kembali.

Inilah 9 amalan utama yang harus kita llakukan di bulan Ramadan. Jika 9 amalan ini mampu kita laksanakan semua insha Allah selepas Ramadan kita akan bersih dari dosa dan menjadi hamba yang selalu ingat pada Nya. Wallahualam.

#Day_ 19
#30HariKebaikanBPN

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon