Rabu, 22 Mei 2019

5 Kenangan Ramadan di Masa Kecil



5 Kenangan Ramadan di Masa Kecil
Posted by ana_susan I May 23, 2019





Ramadan di masa kecil adalah kenangan yang tak akan terlupakan. Banyak hal baik bahkan buruk pun dilakukan. Mulai dari diam-diam makan sampai ada juga yang ikut I’tifikaf. Semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa yang lalu.
Tiap generasi pasti berbeda yang dikenangnya. Bagi ku pribadi, mengenang Ramadan di masa kecil membuat aku senyum-senyum sendiri. ada beberapa hal yang masih kuingat hingga sekarang. Kalian mau tau kenangan apa saja yang aku alami. Kuy aku kasih tahu ya

1. Asmara Subuh

Sumber Gambar : acehtrend.com


Asmara subuh adalah jalan-jalan pagi yang dilakukan setelah selesai salat subuh. Biasanya aku melakukan ini bersama mama dan papa. Tidak kami saja yang ada di sana, orang-orang di sekitar kami pun melakukan hal yang sama. Satu sisi kegiatan ini sangat baik, mengingat kebanyakan orang pasti tidur setelah sahur dan salat subuh.

Selain itu pula, tidur di waktu pagi akan menjuhkan rezeki. Jalan yang kami tempuh pun tidak tanggung-tanggung. Ada yang hanya berkeliling kompleks sambil menghirup udara segar, bahkan hingga ke pinggir pantai. Kebetulan aku tinggal di ujung pulau Sumatera.

Suasana terbitnya matahari, serta burung terbang mencari makan, adalah suasana yang sangat indah.

2. Jalan Sore

Sumber Gambar : aceh.steemit.com

Di zaman sekarang, jalan sore itu lebih dikenal dengan ngabuburit. Kerjanya jalan, keliling-keliling sambil menunggu saat berbuka. Hal ini sama sih dengan zaman ku dulu. Suasana sore dengan banyaknya jajanan di pinggir jalan kota membuat mata jelalatan melihat jajanan dan kantong pun menipis. Pingin beli ini dan itu sudah menjadi tradisi. Padahal belum tentu pas buka puasa di makan semua. He he.

3. Pura-pura Taraweh

Sumber Gambar : boombastis.com

Bagi seorang anak kecil, sudah salat wajib saja yang jumlah nya sedikit itu alhamdulillah banget. Kebayang kan kalau taraweh itu berapa rakaat. Nah, pastinya ada yang minta  pulang padahal salat taraweh belum selesai. Ada juga yang sampai ketiduran di sebelah emaknya. Duh sabar ya emak-emak.

4. Bermain Petasan

Sumber Gambar : lampung.trimbunnews.com

Ini nih yang paling seru buat anak laki-laki yang suka ngerjain anak perempuan. Apalagi keseruan ini dilakukan oleh mereka di jalan menuju masjid saat mau taraweh. Mereka melakukan ini dengan tujuan iseng. Pasalnya, jika korban kaget dan teriak terus lari, yang ngerjain senang banget. Jahat kan. Tapi ini emang seruuu.

5. Meminta Tanda Tangan Penceramah

Sumber Gambar : newsdetik.com

Salah satu motivasi kuatku saat kecil untuk taraweh adalah karena ada tugas dari guru agama. Tugasnya meminta tanda tangan penceramah taraweh dengan menulis ringkasan ceramah yang disampaikan. Artinya di sini aku dituntut kejujuran untuk datang dan dengar. Berat sih, soalnya dalam keadaan ngantuk habis buka karena kekenyangan.

Itulah lima kenangan Ramadan yang aku alami saat aku kecil. Bagaimana dengan Ramadan di masa kecil kalian? Pasti seru juga kan. Yuk tulis di komentar.

#Day_17
#30HariKebaikanBPN

Mohon komentarnya ya 😍. Terima Kasih
EmoticonEmoticon