Minggu, 19 Mei 2019

Agar THR Menjadi Berkah


Agar THR Menjadi Berkah
Posted by ana_susan I May 19, 2019







Pengertian THR dan Asal Mulanya
THR atau Tunjangan Hari Raya adalah, pendapatan non upah yang diberikan oleh pengusaha kepada pekerja seminggu sebelum hari raya tiba.  Hampir seluruh pegawai swasta maupun pemerintah menantikan THR menjelang lebaran.

THR muncul pertama kali pada masa Perdana Menteri Soekiman Wirjosandjojo. Yaitu seorang politikus Partai Masyumi yang menjabat pada 27 April 1951-3 April 1952. Salah satu program kerja kabinet Soekiman yang dilantik pada April 1951. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan.

Berapakah Jumlah THR yang Diberikan?
Jumlah THR yang diberikan untuk para pekerja adalah sejumlah satu bulan gaji pokok, baik yang kontrak maupun tetap. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 6/2016 yang diberikan dalam bentuk uang. Syarat untuk mendapatkannya adalah, pekerja harus telah bekerja selama 12 bulan.

Wahh, kebayang kan jika kamu memiliki gaji pokok 5 juta, maka akan mendapatkan THR 5 juta. Totalnya menjadi 10 juta. Hmm, dengan uang sebanyak itu, kadang pasti bingung kan ya mau diapakan. Pastinya di kepala sudah di list apa saja yang akan diposisikan nantinya. Namun, yang namanya nafsu tentu tidak pernah jauh. Sifat manusia yang loyal, tentunya mampu menghabiskan THR dalam sekejap.


Agar THR Menjadi Berkah
Nah, agar THR kita nantinya tidak cepat habis atau berkah, ada baiknya kamu memilah-milah mana yang paling dibutuhkan. Ada beberapa hal yang menjadikan THR kamu menjadi berkah.

1. Bersihkan
Agar menjadi berkah THR yang kita dapatkan, ada baiknya sebelum digunakan kita menyedekahkannya dahulu. Karena dengan kita bersedekah Allah akan membalas lebih dari yang kita dapatkan. Apalagi menyedekahkannya kepada orang yang berhak membutuhkan.

Pahala yang akan kita dapatkan dari sedekah, Allah pun akan berlipat ganda, selain kita juga dihapuskan dosa.

2. Mudik
Bagi kamu yang tinggal di perantauan, menyisihkan sebagian THR untuk mudik adalah hal yang penting. Kita bisa bertemu orang tua, sanak saudara untuk saling melepas rindu setahun sekali.

3. Menyenangkan Keluarga
Untuk menyenangkan hati anak-anak, biasanya menjelang lebaran pasti kita memberikan baju baru dan semua yang serba baru. Hal ini dilakukan karena mereka telah berpuasa sebulan penuh serta telah full ibadah tarawih maupun ibadah lainnya.
Kita juga bisa menghadiahkan sarung plus baju koko untuk ayah atau mukena baru untuk ibu. Meskipun harga yang kita berikan tidak seberapa, namun bagi orang tua adalah sangat berharga.
Jika kita membahagiakan orang lain, maka Allah akan membahagiakan kita.

4. Membeli Kue Lebaran
Melayani tamu yang datang ke rumah dengan beberapa sajian saat lebaran adalah anjuran yang diajarkan nabi Muhammad SAW. Hal ini bahkan tidak hanya dilakukan saat lebaran saja, tapi di luar moment lebaran juga.
Manfaat memuliakan tamu juga banyak, di antaranya mendapat pahala seperti  pahala haji dan umrah, menghapus dosa tuan rumah, disinari cahaya kebaikan.

5. Menyisihkan THR
Menyisihkan THR bisa berupa tabungan atau mengamplopkan untuk diberikan pada keponakan kita. Fenomena yang kedua sering terjadi saat hari H lebaran. Bagi kamu pekerja pastinya uang akan menipis. Namun, bagi kamu yang belum bekerja, pastinya akan mendapat uang banyak.

Itulah lima hal agar THR yang kita dapatkan menjadi berkah. Jangan lupa memberi dan membahagiakan orang lain. Membahagiakan orang lain sama saja dengan kita membahagiakan diri kita sendiri. 😊

#Day_14
#30ChallangeBPNRamadhan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya 😍. Terima Kasih