Friday, May 31, 2019

Amalan Yang Bernilai Plus Dilakukan Selama Ramadhan


Amalan Yang Bernilai Plus Dilakukan Selama Ramadhan Posted by ana_susan I May 31, 2019

Bulan Ramadan adalah bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Di dalamnya terdapat rahmat, pengampunan dosa dan dijauhkan dari api neraka. Setiap amalan yang kita lakukan di bulan Ramadan mendapatkan berpuluh-puluh kali lipat pahalanya.

Untuk mencari pahala di bulan lain tidak akan kita dapatkan seperti banyaknya di bulan ramadan. Bahkan Allah juga memuliakan bulan tersebut dengan adanya satu malam yang bernama lailatul qadar. Tidak ada yang mengetahui kapan malam lailatul qadar itu. Mengapa Allah rahasiakan?

Allah merahasiakan malam lailatul qadar itu tidak lain adalah agar kita senantiasa komitmen beribadah hingga Ramadan meninggalkan kita. Allah juga mengharapkan perubahan kebaikan yang besar ada pada dirinya.

Untuk memperoleh malam itu, ada baiknya kita mengisi waktu Ramadan itu dengan hal-hal baik yang mendatangkan rahmat Allah pada kita. Hal-hal baik apakah itu?

Tilawah

Tilawah adalah bacaan alquran yang disertai dengan membaca artinya serta mengamalkan isinya. Tilawah yang dilakukan selama Ramadan hendaknya bisa dikhatamkan minimal dua kali khatam. Para sahabat di zaman rasulullah, mengkhatamkan alquran sampai lebih dari tiga kalikhatam.

Perketat Salat Malam

Dalam surah almuzammil ayat 1-20 dianjurkan kita untuk menegakkan salat malam. Kebiasaan ini dilakukan oleh salafus saleh yang selalu dekat dengan Allah.

Orang yang melakukan salat malam akan diangkat derajatnya oleh Allah, akan dimuliakan selalu, perkataanya akan penuh dengan hikmah serta pancaran cahaya keimanan akan terlihat di wajahnya. Masih banyak lagi manfaat salat malam bagi orang yang mendawwamkannya.

Merutinkan Salat Sunnah Lainnya

Salat sunnah dhuha, rawatib dan salat wudhu adalah salat sunnah yang sangat baik jika di tingkatkan kekonsistenannya. Pahala yang kita dapatkan juga besar. Seperti salat sunnah sebelum subuh. Jika kita melakukannya maka kita sama seperti mendapatkan dunia dan siisinya.

Tingkatkan Hafalan dan Murajaah

Setiap hafalan alquran yang kita lakukan akan mendapat peringkat surga di akhir bacaaan kita saat hari kiamat. Jadi perbanyak hafalan sesuai dengan kesanggupan masing-masing.

Untuk menjaga hafalan kita, ada baiknya kita memurajaahnya atau mengulang-ngulang bacaan. Karena dalam sebuah hadist dikatakan bahwa hafalan itu akan cepat lepas seperti unta yang lepas dari ikatannya.

Sedekah

Memberikan sesuatu baik berupa uang maupun makanan akan membawa keberkahan pada umur dan rezeki kita. Pahala yang didapatkan juga berbeda dengan sedekah yang dilakukan saat bukan bulan puasa. Yaitu beratus kali lipat.

Zikir

Ingatlah Allah, karena dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Konteks ini jelas terlihat dalam sebuah ayat alquran yang sangat menganjurkan kita untuk berzikir.

Bacaan zikirnya mengandung pujian pada Allah, takbir, tahmid, tahlil dan pengampunan. Inilah beberapa amalan yang sangat baik dilakukan selama waktu Ramadan. Hal ini tidak menutup kemungkinan dilakukan juga saat selain Ramadan. Semoga Allah mempertemukan kita kembali di Ramadan berikutnya. Aamiin.

#Day_26 #30HariKebaikanBPN

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon