Kastengel Jajanan Trend di Setiap Lebaran

Kastengel Jajanan Trend di Setiap Lebaran 
Posted by ana_susan I June 2, 2019



Siapa sih yang tidak kenal Kastengel. Kue kering yang satu ini pasti hadir di setiap lebaran. Hampir semua rumah yang kita kunjungi saat silaturahmi selama lebaran pasti menyajikan kue ini.

Bentuknya yang panjang, sekitar tiga centimeter dengan taburan parutan keju membuat siapa saja yang melihatnya pasti tergerak untuk membeli atau mencicipi.

Kastengel berasal dari kata kaas yang artinya keju dan Stengel yaitu batang. Atau kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju.

Asal Mula Kastengel

Kue ini berasal dari negara Belanda dan diperkenalkan oleh nyonya Belanda yang sejak zaman dahulu sebagai sajian yang istimewa. Di Belanda kastengel bentuknya lebih panjang seperti tongkat terbuat dari puff pastry dan keju di atasnya, biasanya kita dapat menemukan kastengel ini di toko roti dan dimakan sebagai camilan.

Sebagai negara yang sempat dijajah oleh Belanda selama berabad-abad, adalah wajar jika warisan kuliner dari negeri kincir angin ikut terserap dalam khazanah kuliner lokal. Kastangel lah salah satu khazanah kuliner tersebut.

Kue ini juga disajikan di rumah-rumah pejabat dan pegawai Belanda yang menikahi wanita pribumi atau nyonya Belanda yang mengikuti suaminya bertugas. Merekalah yang membawanya.

Kastangel Indonesia Vs Kastangel Belanda
Setelah berada lama di Indonesia, barulah kastangel berubah bentuknya menjadi lebih kecil. Dari komposisinya juga berbeda. Utnuk bisa melihat perbedaan kastangel Indonesia dengan Belanda, dapat dilihat dari bahan dan cara pembuatannya berikut ini.


Kastangel Indonesia terdiri atas mentega, tepung terigu, telur, keju edam, keju cheddar, margarin. Kastengel Belanda terdiri butter pastry beku, minyak zaitun daun thyme kering, dan keju parut (parmesan / cheddar / gouda). Kastangel Belanda biasanya disantap bersama sup dan salad sedangkan kastengel Indonesia tidak.

Pencinta Keju Pasti Suka Kastengel

Bagi kalian pencinta keju, tentunya kastengel menjadi list utama jajanan lebaran untuk di rumah. Rasanya yang asin dan gurih ini menjadikan lidah ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Kadang setoples saja habis tanpa disengaja sambil nonton televisi ngobrol dan lainya.
Bagi kamu yang bukan pencinta keju, masih ada pilihan jajanan lebaran lainnya. Seperti nastar, kue sagu dan lain lain. Bagaimana dengan pilihan jajanan lebaran kalian?

#Day_27 #30HariKebaikanBPN

No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).