Rabu, 29 April 2020

5 Hal yang Akan dilakukan Jika Covid-19 Berakhir

| Rabu, 29 April 2020
5 Hal yang Akan dilakukan Jika Covid-19 Berakhir
Posted by ana_susan, 29 April 2020




“Umi, kapan kita bisa pergi ke Botani lagi? Aisyah pingin baca-baca buku yang baru,” kata Aisyah suatu pagi. Wajahnya mengisyaratkan kesedihan yang mendalam terhadap Covid-19 yang belum berakhir”

Hati ibunda mana yang tidak sedih saat sang anak mengeluh akan sesuatu hal yang dia sendiri belum tahu jawabannya ada di mana. Sikap yang santun dan bijak ibu pada anak, mampu membuat sang anak mengerti akan situasi yang sedang terjadi sekarang.

Kasus korona seolah tidak pernah berakhir. Melihat situasi yang tidak bisa ke mana-mana. Suasana mencekam diliputi rasa takut. Ditambah lagi harus tetap di rumah saja.

Menurut berita online kompas pada (Rabu, 15/4/2020), kasus korona di dunia mendekati angka 2 juta kasus. Angka ini dikutip dari Wordometers. Virus tersebut telah menginfeksi 1.997.906 orang.

Angka tersebut mendekati dua juta. Akankah pandemi Covid-19 ini berakhir?

Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang wajar. Apalagi bagi seorang anak kecil seperti Aisyah. Untuk menjawabnya butuh kata-kata yang mudah dimengerti olehnya. Apalagi dengan usia anak-anak seperti dia masih menginginkan eksplorasi yang tinggi.

Para Pakar di sejumlah institusi di Indonesia telah memprediksi berakhirnya Covid-19 dengan model perhitungan yang berbeda-beda.

Ahli statistik dan alumni FMIPA UGM (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada) memprediksi pandemi Covid-19 berhenti pada 29 Mei 2020 di Indonesia.

Ahli dari P2MS ITB (Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi Institut Teknologi Bandung) memprediksi pandemi Covid-19 akan berakhir pada April 2020

Badan Intelijen Nasional (BIN) memprediksi puncak dari pandemi Covid-19 adalah tanggal 22 Mei 2020.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany memprediksi pandemi Covid-19 akan selesai pada Mei 2020.

Semua prediksi tersebut tidak lepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga jarak dan tidak ada kontak tatap muka. Sutanto (Ilmuwan Matematika Universitas Sebelas) menambahkan bahwa kasus Covid-19 bisa berakhir bergantung pada kebijakan pemerintah.

Namun demikian, bagi aku pribadi tentunya harapan berakhirnya Covid-19 sangat diharapkan. Tujuannya agar kehidupan kembali normal seperti sedia kala.

Ada 5 hal yang akan aku lakukan bersama keluarga jika Covid-19 ini berakhir:

1. Ke Toko Buku


Foto : pexels.com, Toko Buku


Buku adalah jendela dunia. Ungkapan itu telah sering kita dengar atau sangat familiar. Benar adanya, bahwa buku menjadikan kita bisa melihat dunia. Meskipun uang yang kita miliki tidak cukup untuk sampai ke sana. Tapi setidaknya kita memiliki gambaran tentang semua belahan dunia.

Bagiku pribadi pergi ke toko buku sebulan sekali bersama keluarga sangat penting. Mengingat banyaknya terbitan buku baru lagi dan lagi. Hal tersebut sangat disukai oleh salah satu anak bungsuku bernama Aisyah. Kalau sudah ke toko buku, pasti yang akan dilihatnya adalah buku-buku Kecil-Kecil Punya Karya, atau buku dengan cover princess.

2. Jogging


Dokumen Pribadi : Jogging di sekitar pelataran sawah dan kebun penduduk


Rutinitas jogging sering aku lakukan bersama anak-anak setiap sabtu. Udara yang segar, menikmati pelataran sawah yang membentang, melihat kerbau yang sedang membajak sawah atau sekedar membeli jajanan saat setelah joggingnya sampai pasar.

Kebetulan tempat tinggalku dekat dengan pasar. Daerahnya sekitar pegunungan. Lokasinya diapit oleh dua gunung, yaitu gunung Salak dan gunung Pangrango.

Sebenarnya tidak masalah sih jika aku dan anak-anak tidak jogging juga. Namun, nilai yang diperoleh akibat jogging sangat berbeda. Aku bisa olah raga sambil belajar dengan anak-anak. Dan itu sangat disukai oleh mereka. Apalagi setelah pulang menangkap ikan kecil yang ada di sekitar perairan sawah.

3. Jalan-jalan di Beberapa Tempat Wisata


Dokumen Pribadi : Aisyah sedang memberi makan seekor kelinci di "The Runch"


Tempat wisata memang diperuntukkan bagi para pengunjung untuk melepaskan rutinitas kerja selama seminggu. Kegiatan ini akan mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Bagiku pribadi, jalan-jalan di beberapa tempat wisata biasanya kulakukan sebulan sekali. Yah, ini disebabkan baru gajian. He he. Menikmati berbagai suguhan makanan dan arena permainan dan spot yang disajikan membuat anak-anak sangat senang dan ingin kembali lagi.

Tempat wisata yang sering ku kujungi adalah “The Runch”. Tempat ini berolakasi di Jalan Raya Puncak Bogor. Lumayan bisa mengajarkan anak memanah, berkuda seperti yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Atau sekedar memberi makan kelinci.

4. Berkumpul Bersama Teman-teman


Dokumen Pribadi : Kumpul bersama teman-teman



Kegiatan yang satu ini, jarang sih aku lakukan. Soalnya tempat yang diadakan seringnya jauh dari rumahku. Untuk melewatinya harus melalui kemacetan jalan di beberapa tempat.

Namun, kadang aku memanfaatkan momen pertemuan dengan mereka jika aku pergi bersama keluarga. Tentunya dengan izin suami juga. Aapakah beliau bersedia atau tidak meskipun sesaat.
Kadang juga aku bertemu dengan sesama grup kepenulisan. Untuk yang satu ini juga lama. Kadang tiga bulan sekali atau enam bulan sekali. Kalau untuk pengajian, biasanya aku berkumpul dengan teman-teman seminggu sekali dan itu jaraknya dekat.

Kegiatan ini penting menurutku, karena dengan bertemu teman-teman, aku bisa mengetahui banyak hal. Seperti curhatannya, kesuksesannya, saling memberi masukan, dan masih banyak lagi.

5. Makan Bareng Keluarga


Dokumen Pribadi : Aku bersama keluarga makan bersama


Hal terakhir yang ingin aku lakukan jika Covid-19 berakhir adalah makan bareng keluarga. Destinasi yang kami kunjungi biasanya mall yang telah menyediakan buku, belanjaan keperluan dapur dan jajanan anak-anak. Hal ini aku lakukan agar menekan pengeluaran tidak terlalu banyak.

Selain di mall, aku dan keluarga makan di restoran arab untuk menikmati nasi kebuli. Kebetulan suami dan anak-anak pencinta nasi kebuli. Tempat yang kami kunjungi juga berada di seputar jalan Raya Puncak Bogor.

Itulah lima hal yang akan aku lakukan jika Covid-19 berakhir. Bagaimana dengan kamu. Kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan? Isi dikolom komentar ya. Biar tambah seru.

#ChallangeBPN2020_07

 Sumber :
 https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/15/102900765/hampir-2-juta-kasus-kapan-pandemi-virus-corona-akan-berakhir-

https://www.sehatq.com/artikel/kapan-pandemi-virus-corona-akan-berakhir-cek-prediksi-ahli

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).