Minggu, 26 April 2020

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Melalau Tertularnya Covid-19

| Minggu, 26 April 2020
Lakukan 5 Hal Ini Untuk Melalau Tertularnya Covid-19
Posted by ana_susan 26 April 2020


“Menurut media sosial CNN Jakarta, Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia pada Sabtu (25/4) 2020 mencapai 8.607 orang, dengan 720 orangnya meninggal dan 1.042 dinyatakan sembuh dari jumlah tersebut. Data ini didapatkan dari pemerintah per Sabtu (25/4) pukul 12.00 WIB ujar Achmad Yurianto.”



Penularan Covid-19 kian hari kian bertambah. Penularan yang cukup tinggi terjadi di pulau Jawa terutama Jakarta. Untuk menekan pertambahan penularan inilah, maka pemerintah mengambil tindakan tegas pada masyarakat agar menghindari beberapa hal di bawah ini.

1. Mengurangi Intensitas Keluar Rumah


  Siapa sih yang betah di rumah saja. Sebetah-betahnya orang rumahan, sesekali dia pasti keluar rumah. Walaupun sekedar menyapa tetangganya.

Bagi orang yang biasa bertemu khalayak ramai atau sekedar kumpul dan berbincang-bincang, tindakan diam diri di rumah merupakan tindakan yang menyiksa. Namun sekarang hal ini harus dilakukan untuk menghindari tertularnya Covid-19.

Kegiatan yang lebih dikenal dengan istilah social distance ini merupakan kegiatan yang dilakukan di seluruh dunia. Hal ini dilakukan agar sang virus yang ingin mencari inang atau tempat untuk berkembangbiak terputus dan cepat habis.

Jadi tetap stay at home sebelum ada pemberitahuan untuk bisa keluar rumah seperti dulu lagi ya.


2. Menggunakan Alat Pelindung Diri


  Jaket, pisau, jas hujan, senter, matras, tenda sleeping bag, kaos kaki dan sarung tangan serta pakaian pengganti merupakan alat pertahanan diri saat kita melakukan pendakian ke gunung.

Persiapan itu dilakukan agar terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi.
Demikian juga saat mewabahnya Covid-19. Kita harus mempersiapkan alat pelindung diri yang stand bay selalu di rumah maupun saat berpergian. Alat pelindung tersebut adalah masker, hand sanitizer dan kaca mata atau pelindung wajah.

Ketiga benda tersebut sangat penting mengingat penularan Covid-19 melalui wajah, mulut, tangan, mata dan hidung.

3. Mencuci Tangan dan Menghindari Sentuhan Wajah



  Jika alat pelindung diri telah disediakan, maka hal yang harus dilakukan adalah sering-seringlah mencuci tangan.

Tangan yang telah menyentuh barang atau benda, diusahakan tidak menyentuh wajah kita. Wajah adalah bagian yang paling rentan tertularnya Covid-19.

4. Perbanyak Asupan Herbal Penambah Daya Tahan Tubuh



  Tanaman herbal jenis jahe, kunyit, sereh, kencur dan sirih merupakan tanaman herbal penambah daya tahan tubuh terhadap virus. Cara mengkonsumsinya merebus kelima jenis herbal tadi dengan campuran air secukupnya dan ditambah madu sebagai pemanis.

Minuman ini sangat baik dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Fungsinya selain menambah daya tahan tubuh, juga membuang racun dari dalam tubuh.


5. Membersihkan Diri dan Lingkungan


  Membersihkan diri dan lingkungan mutlak dilakukan oleh seorang muslim. Mengingat dirinya sering beribadah menghadap sang Pencipta. Hal tersebut dapat menambah semangat maupun terhindar dari berbagai penyakit.

Untuk masa pandemi Covid1-19, orang-orang menjadi panik. Karena penularannya yang kian meningkat, sehingga tindakan membersihkan diri dan lingkungan menjadi sebuah kewajiban setiap hari.

Dengan melakukan 5 hal di atas, setidaknya kita telah membantu pemerintah dalam melalau penularan Covid-19 khususnya di Indonesia. Semoga Covid-19 segera berlalu.

#ChallangeBPN2020_day04 

Sumber : 
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200425123716-20-497209/update-corona-25-april-8607-kasus-720-wafat-1042-sembuh


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).