Minggu, 03 Mei 2020

5 Benda Pengampu bagi Anak yang Berbakat Desain Grafis Selama Berada di Rumah

| Minggu, 03 Mei 2020
5 Benda Pengampu bagi Anak yang Berbakat Desain Grafis Selama Berada di Rumah
Posted by ana_susan, 3 Mei 2020


Foto : pexels.com


“Di zaman pentium 4 menuju 5 ini, tekhnologi semakin berkembang. Memiliki anak dengan kemampuan IT sangat penting, karena semakin berkembangnya tekhnologi maka persaingan semakin ketat”


Siapa sih yang tidak ingin anaknya pintar? Pasti semua orang tua menginginkannya. Kepintaran anak berbeda-beda. Ada yang suka menanam dan suka binatang, berarti kepintarannya bersifat naturalis. Ada yang rajin menyanyi dan berjoged, berarti kepintarannya ke arah musikalis. Dan masih banyak lagi.

Untuk anak yang suka menggambar wajah orang, mengkritik hasil karya orang lain, sering mengubah tampilan Instagram dan jarang merapikan meja belajar maupun kamar maka bisa dikatakan mereka memiliki kepintaran dalam desain grafis.

Belajar desain grafis itu mudah asalkan rajin dan tekun. Apalagi dilakukan pada usia dini. Hal ini karena pada usia tersebut otaknya masih enak untuk diajak berpikir.

Di dunia kerja juga, desain grafis sangat dibutuhkan dan akan mudah diterima jika memiliki skill desain grafis. Ada banyak cara agar belajar desain grafis mudah dan menyenangkan bagi anak usia dini. Misalnya saja, kenalkan anak dengan game desain, kenalkan dengan aplikasi menggambar, atau melalui lembaga kursus yang berfokus pada programming (coding) dan multimedia.

Untuk cara yang terakhir pasti sulit di masa pandemi Covid-19. Jadi kita harus mencari cara atau benda lain yang bisa mendukung anak yang berbakat desain grafis selama di rumah. Apa sajakah benda tersebut?

1. Buku gambar

Sebelum membuat desain langsung, seorang anak yang berbakat desain grafis harus memiliki buku gambar. Buku gambar ini berfungsi untuk membuat konsep draf lebih dulu. Tujuannya agar mudah dalam berekspresi. Selain itu juga mudah dalam pengeditan.

2. Spidol Warna

Spidol warna digunakan agar bisa menyamai objek yang di desain. Jika anak kita telah mahir, kita bisa menyediakan untuknya pulpen, dan spidol warna dengan berbagai ukuran maupun warna. Hasilnya, mereka bisa mengalahkan yang ngedesain melalui software. Keren kan!

3. Kamera

Ide desain itu bisa datang dari mana saja. Melihat alam sekitar bisa menjadi inspirasi, mendengar cerita orang akan menjadi ide atau inspirasi dan masih banyak lagi. Untuk menjaga agar ide tidak hilang, anak yang berbakat desain grafis harus dibekali dengan kamera.

4. Laptop

Jika beberapa benda di atas telah dimiliki, maka langkah selanjutnya adalah memiliki sebuah laptop. Dimana dalam laptop tersebut telah tersedia aplikasi menggambar dan cocok untuk desain grafis.

5. Drawing Pad

Jika ingin anak kita menggambar lansung tanpa menggunakan buku gambar, maka drawing pad bisa dijadikan sebagai polesan software desain. Selain itu aktivitas menggambarnya bisa langsung tanpa menggunakan mouse. Sehingga hasilnya akan lebih detail serta sesuai dengan kemampuan anak dalam menggambar.

Jika anak telah benarbenar mahir, maka mereka bisa dibekali dengan benda yang lebih berat lagi cara penggunaannya yaitu Wacom dan Macbook. Namun benda ini lumayan mahal, tapi jika kita sebagai orang tua mampu untuk membelinya tidak salah kan?

Itulah lima benda pendukung anak yang berbakat desain grafis. Semua memiliki fungsi yang sangat penting. Tinggal mana yang kita utamakan untuk anak kita agar bakat mereka berkembang dengan baik.


#ChallangeBPN_12

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).