Minggu, 10 Mei 2020

5 Dampak Positif yang Muncul Saat Pandemi Covid-19 di Bulan Puasa

| Minggu, 10 Mei 2020
5 Dampak Positif yang Muncul Saat Pandemi Covid-19 di Bulan Puasa

Posted by ana_susan 10 Mei 2020


Foto : pexels.com



Sejak pemerintah memutuskan untuk lockdown, semua masyarakat terkejut. Apalagi keputusan tersebut berdasarkan dua kasus pertama di Indonesia yang kemudian meningkat di awal Maret.

Tidak hanya nyawa yang terenggut, pekerjaan pun tidak ketinggalan. Banyak orang-orang di PHK, sehingga mereka bingung untuk mencukupi keluarganya. Semua itu sangat menyakitkan, sehingga mau tidak mau mereka dituntut memutar otaknya untuk beralih ke pekerjaan lain.

Namun demikian, ada dampak positif yang bisa kita rasakan. Setidaknya sebagai sebuah hikmah dari sang Pencipta. Lima dampak positif tersebut adalah

1. Peduli Kesehatan

Secara tidak langsung, ternyata kita terbawa untuk selalu bersih dan bersih. Baik diri,pakaian maupun lingkungan. Semua dilakukan demi menjaga diri dan keluarga dari tertularnya virus Corona.

Dulu mungkin, kita tidak begitu sensitif dengan yang namanya cuci tangan, cucinya hanya sekedar cuci saja atau tidak memakai masker saat keluar rumah. Namun sekarang, cuci tangan harus menggunakan sabun, membawa hand sanitazer dan memakai masker saat keluar rumah. Belum lagi setiap lingkungan sekitar sering disemprotkan dengan desinfektan.

2. Udara Lebih Bersih

Dengan penghentian aktivitas manusia untuk sementara waktu, ternyata membawa dampak yang sangat besar bagi lingkungan. Udara kotor yang biasanya dipenuhi dengan polusi uadara, baik yang berasal dari pabrik, asap kendaraan berubah menjadi bersih, seingga terlihat langit yang cerah di beberapa kota besar.

Tidak itu saja, air sungai, danau pun menjadi jernih, karena tidak adanya aktivitas pabrik dan manusia sekitar. Sehingga ikan yang biasanya tidak terlihat, kini bisa dinikmati oleh mata kita.

3. Lebih Sering Kumpul Sesama Keluarga

Aktivitas yang sibuk antar anggota keluarga kadang tidak sempat bertemu untuk sekedar berdiskusi. Pertemuan hanya dengan sapaan saja. Namun setelah pandemi berlangsung, ikatan antar keluarga jadi semakin dekat. Orang tua dan anak-anak memiliki hubungan yang begitu erat.

4.Lebih Empati

Munculnya kekurangan ekonomi di beberapa daerah, bahkan tetangga kita sendiri, memunculkan rasa empati untuk saling membantu antar sesama. Karena musibah ini dirasakan bersama, setidaknya, segala kebutuhan orang-orang yang membutuhkan pun layak untuk diprioritaskan.

5. Munculnya Kegiatan Positif

Sejak, merebaknya pandemi Covid-19, banyak kegiatan harus dilakukan di rumah saja. Jika hanya bergelut dengan smartphone tentu bosan juga kan. Namun kadang, ide kreatif muncul untuk mengisi waktu luang tersebut.

Ada yang suka merajut tapi karena waktu yang tidak cukup akhirnya terabaikan. Namun saat pandemi semua muncul. Belum lagi yang hobi melukis, menggambar atau yang lainnya, semua muncul tanpa disengaja. Sehingga kegiatan positif ini menjadi dampak yang positif harus disyukuri oleh kita.

Inilah lima dampak positif yang muncul saat pandemi Covid-19 di bulan puasa. Semoga ada manfaatnya. Yakinlah apapun yang telah Allah tetapkan pada kita merupakan yang terbaik untuk kita. Jangan pernah putus asa dan tetap semangat.


#ChallangeBPN_20

Sumber :


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).