Minggu, 10 Mei 2020

5 Kegiatan Ini Bisa Dilakukan Anak di Rumah Saat Puasa

| Minggu, 10 Mei 2020
5 Kegiatan Ini Bisa Dilakukan Anak di Rumah Saat Puasa
Posted by ana_susan 10 Mei 2020

Kegiatan bersama anak, Foto : pexels.com 


Kata-kata bosan selalu saja terlontar dari mulut si kecil. Kalau saja dia tidak memiliki kakak kandung atau saudara, tentu bertambah bosannya. Apalagi hanya berkutit dengan mainannya saja.

Jika diperhatikan dengan seksama, antar saudara kandung memiliki cara bermain tersendiri. Kecilnya mereka tidak menutup diri untuk diam tanpa bermain. Justru jika disandingkan mereka memiliki kreativitas yang membuat kita kagum.

Namun, bagaimna halnya jika anaknya hanyalah anak tunggal atau kakak-kakaknya yang sudah remaja. Tentu yang dihadapi hanya ayah dan bundanya saja. Permainannya juga seputar lego, boneka, atau mainan yang ada di rumah.

Untuk hal-hal seperti ini, dituntut orang tua kreatif mencari ide kegiatan yang membuat si kecil tidak bosan selama puasa di rumah. Kadang kegiatan itu terbilang sederhana, namun menurut si kecil sangat menarik.

Bagiku pribadi, ada 5 kegiatan yang membuat si kecil merasa betah di rumah saat puasa. Dan itu sesuai dengan hobi si kecil sendiri. Aku pun sebagai ibu mengasahnya sehingga dia lebih terampil. Lima kegiatan tersebut adalah

1. Olah Raga Ringan

Dulu sebelum pandemi Covid-19 ada, aku dan si kecil sangat suka jogging. Hal ini kulakukan, agar si kecil bersyukur dengan tubuh yang telah diberikan Allah padaNya untuk dirawat agar tetap sehat. Salah satunya jogging sebagai salah satu kegiatan olah raga.

Namun, setelah pandemi Covid-19, jogging tidak memungkinkan dilakukan, karena harus berjalan beberapa meter di luar rumah. Akhirnya kami pun melakukan olah raga ringan di sekitaran rumah. Lari-lari kecil, menggerak-gerakkan tubuh (stretching) atau sekedar melompat-lompat. Kegiatan ini terbilang seru bagi si kecil, pasalnya dia tipe anak yang energik.

2. Melakukan Tugas Rumah

Saat kecil, aku sering dilarang membantu ibu di dapur. Kata beliau usiaku yang masih balita memungkinkan untuk terluka jika kena benda tajam. Kemudian karena dapurku terlalu sempit, ibu takut tersenggol benda yang berbahaya di dapur. Akhirnya aku pun hanya bermain dan bermain.

Namun, saat aku memiliki anak, aku tidak memperdulikan hal tersebut. Menurutku, sejak kecil anak harus dikenalkan dengan benda apa saja di sekitaran rumah. Tujuannya agar dia bisa mengenal dan belajar membantu orang tuanya.

Namun, demikian, benda-benda tajam dijauhi agar dia tidak terluka. Biarkan dia meminta sendiri untuk membantu atau sesekali kita mengajaknya membantu kita.

3. Baca buku online dan offline

Untuk kegiatan yang satu ini, si kecil sangat doyan. Baik buku online maupun offline. Buku offline dihabiskannya dalam satu hari. Jika dia bosan dengan buku offline, dia akan beralih ke buku online. Karena dia sana banyak pilihannya. Aplikasi yang kugunakan untuk peminjaman buku online gratis ada dua, yaitu IPUSNAS dan IJAK.

4. Menimbang Barang

Ternyata menimbang barang, adalah kegiatan yang sangat disukai si kecil . aku tahunya saat kami membuat kue donat. Di situ aku baru saja mengenalkannya dengan timbangan kue. Saat aku ajarkan pengoperasiannya, dia pun semangat untuk melakukan sendiri sambil ku awasi. Mulai dari menimbang terigu, gula, dan bahan lainnya semua dilakukannya sendiri.

Setelah selesai, dia pun beraksi menimbang beberapa benda di sekitarnya. Jadilah kegiatan menarik yang membuatnya senyum-senyum sendiri.

5. Membersihkan Benda

Adanya pandemi Covid-19, membuat aku sekeluarga mawas diri. Kuajarkan pada anak-anak akan pentingnya kebersihan untuk itu, mulai dari semprot-seprot sampai mengelap benda-benda apa saja, kualakukan di rumah. Si kecil pun sendang membantunya, karena dia sangat suka dengan air.

Itulah lima kediatan yang bisa dilakukan si kecil selama puasa di rumah saat Covid-19 merebak. Semoga dengan kegiatan ini si kecil tidak bosan dan lebih memahami, mengapa harus di rumah untuk sementara waktu.


#ChallangeBPN_18

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).