Sabtu, 02 Mei 2020

5 Kegiatan Seru Bersama Anak Perempuan yang Bisa dilakukan di Rumah

| Sabtu, 02 Mei 2020
5 Kegiatan Seru Bersama Anak Perempuan yang Bisa dilakukan di Rumah
Posted by ana_susan 2 Mei 2020


Foto: Dokumen pribadi, Aku dan Aisyah



“Umi? Aku bosannn!!!, Ayo mainnn!!!” kata Aisyah."

Itu adalah pertanyaan yang kerap muncul padaku saat anak perempuanku bosan jika di rumah tidak ada kegiatan. Jadilah semua kegiatan tertunda. Mulai dari masak, menulis, atau rutinitas apa saja yang aku kerjakan harus dilepaskan sesaat demi sang buah hati.

Aku lebih memprioritaskan hal tersebut, mengingat usianya yang masih delapan tahun adalah usia di mana dia masih suka bermain. Alasan lainnya juga, karena masa kecil itu tidak akan terulang kembali. Suatu saat masa itu akan hilang dan kita pasti merindukannnya.

Aku ingin menceritakan sedikit pengalamanku dengan Aisyah agar dia tidak bosan di rumah. Ada lima kegiatan seru yang dilakukan oleh anakku yang perempuan bersamaku saat berada di rumah.

1. Memasak

Memasak sangat disukai oleh Aisyah. Saat aku ke dapur untuk memasak penganan keluarga, dia pasti muncul dengan pertanyaan (Aisyah boleh bantuin?).

Senang rasanya jika mendengar pertanyaan itu dari bibirnya. Apalagi dia anak perempuan. Semua menjadi bekal hidupnya kemudian hari.

Bukan itu saja yang menyenangkan buat dia. Saat aku ingin membuat kue, pasti dia dengan semangat membantu dan menyelesaikan hingga tuntas. Semua kegiatan itu tentunya dengan pengawasan kita. Baik itu mengenai benda tajam maupun benda berbahaya yang dipakainya.

2. Baca Buku

Aisyah sangat menyukai buku. Saat dia membaca buku, sesekali pasti mengatakan padaku : Umi mau dengerin Aisyah baca buku tidak?. Aku pun langsung menjawab mau, lalu Aisyah mulai bercerita.

Kegiatan ini sangat seru baginya. Apalagi jika setelah membacanya, aku memintanya untuk menceritakan kembali. Dengan antusiasnya dia bercerita mulai perkenalan tokoh, klimaks dan akhir cerita.

Buku yang disukai olehnya adalah buku KKPK (Kecil Kecil Punya Karya). Sehari bisa menghabiskan 2 buku KKPK. Bagiku, dengan menyediakan buku kesukaannya akan membuat dia bahagia. Tentunya buku tersebut telah terseleksi oleh kita.

3. Menonton

Menonton adalah kegiatan yang paling disukai oleh anak-anak. Untuk yang satu ini, kita sebagai orang tua harus mampu mengawasi apa yang ditontonnya.

Masa sekarang adalah masanya gadget, informasi film bisa diperoleh di mana saja. Untuk mengontrol hal tersebut aku bersama suami mencoba download film yang bisa ditonton oleh Aisyah. Film yang biasa ditonton oleh Aisyah adalah Maruco Chan, Doraemon, princess dan beberapa film anak lainnya.

Kegiatan nonton bersama juga seru baginya. Karena dia merasakan ada teman seumurannya yang nonton bersama dia. Meskipun kita sendiri tidak menyukai film tersebut disebabkan film anak-anak.
Pendampingan ini sangat penting. Tujuannya adalah untuk menyeleksi perkataan atau kelakuan yang ada di film. Sehingga anak akan tahu mana yang boleh diambil sebagai contoh dan mana yang tidak boleh.

4. Bermain dengan Alam

Menangkap ikan, bermain dengan kucing atau menanam adalah kegiatan seru lainnya yang disukai Aisyah. Mungkin ini disebabkan kecerdasan naturalis yang dimiliknya berada pada posisi yang dominan (tertinggi).

Aku sebagai ibunya tentu mendukung hal tersebut. Karena menurutku alamlah yang memberi banyak manfaat. Belajar dengan alam akan membuat dia belajar bersyukur bahwa apa yang dia nikmati hasilnya selama ini berasal dari alam sekitarnya yang telah lama memberi.

5. Murajaah Alquran dan Sambung Ayat

Untuk mengajarkan disiplin dalam hafalan alquran, aku selalu menagih pada Aisyah untuk mengulang kembali bacaan alquran yang telah dihafalnya. Sedangkan hafalan dilakukan sehari per ayat. Itu pun jika dia mau dan senang melakukannya.

Ada hal penting yang bisa dirasakan oleh anak saat dia belajar apa saja. Jadikan sebuah kegiatan itu menyenangkan. Nah, untuk alquran, Aisyah sangat senang jika rutinitas baca alquran dengan cara sambung ayat.

Untuk sambung ayat ini sebagai seorang ibu kudu hafal dulu tuh surat. Malu dong udah memerintahkan anak hafalan, tapi ibunya sendiri tidak menghafal. Jadi mau tidak mau jadikan kita tauladan dulu baginya agar dia juga melakukannya.

Itulah lima kegiatan seru yang aku lakukan bersama anak perempuanku. Semoga bisa diambil manfaatnya. Nah, bunda-bunda yang memiliki anak perempuan pasti juga punya kan kegiatan seru jika berada di rumah. Mau dong di share di kolom komentar .

#ChallangeBPN_09

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).