Sabtu, 02 Mei 2020

5 Keterampilan yang Mempertajam Bakat Anak Selama di Rumah

| Sabtu, 02 Mei 2020
5 Keterampilan yang Mempertajam Bakat Anak Selama di Rumah
Posted by ana_susan, 2 Mei 2020




“Nak, kamu lakukan yang ini saja, kata seorang ibu.
“Tidak aku tidak suka yang itu!, aku sukanya yang ini!” jawab anaknya.





Percakapan ini kerap terjadi manakala sang anak berada dalam kondisi bosan di rumah karena tidak bisa ke mana. Di tambah lagi untuk sekarang ini, dimana pemerintah mengharuskan kita stay at home.

Seorang ibu yang cerdas, harus bisa mencari kegiatan apa yang bisa dilakukan olehnya untuk mengisi keluangan waktu yang sangat besar. Tentunya disesuaikan dengan bakat sang anak. Karena jika mereka tidak menginginkan apa yang kita perintahkan karena tidak suka, artinya sang anak memang tidak bisa.

Hasilnya, kita harus teriak dan marah-marah. Energi pun terkuras karenanya. Jadi agar seorang ibu tetap santui dan anak pun enjoy, maka cari keterampilan yang bisa mempertajam bakatnya saja.

Pengertian Bakat

Bakat adalah ketertarikan dan kemampuan yang cendrung menetap dari waktu ke waktu. Berdasarkan pengertian tersebut, sebenarnya sangat mudah mengenali bakat sang anak. Akan tetapi butuh ketelitian dan pengamatan yang cukup lama.

Contohnya seorang anak yang masih balita (sekitar tiga tahunan) senang mendengarkan musik dan berjoged mengikuti alunan musik. Jika saat usianya belasan tahun masih menyukai musik dan bisa menuliskan syairnya, maka bisa dikatakan sang anak berbakat di bidang musik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenali bakat anak. Bisa melalui pola orang tuanya atau menyediakan pra sarana yang bisa menunjang bakatnya. Untuk itu ada beberapa keterampilan yang bisa mempertajam bakat anak selama berada di rumah. Hal ini berbeda untuk setiap anak.

1. Memasak

Memasak, adalah kegiatan yang paling simple dan sering terjadi di rumah. Apalagi bagi ibu yang bukan pekerja kantoran. Sesekali, saat ibu di dapur, ada beberapa anak yang menanyakan lagi masak apa dan apakah boleh dibantu?

Saat sang ibu menjawab pertanyaannya dan bersedia menerima bantuan, maka beberapa anak menyambutnya dengan sangat antusias. Tidak di hari itu saja, kadang di hari-hari berikutnya dia akan terus membuat perjanjian kapan ibu masak dan dia siap membantu.

Untuk anak seperti ini, ada baiknya diasah keterampilan bakat memasaknya dengan mencoba berbagai menu atau jenis masakan. Tujuannya agar dia tidak bosan dan tetap berada di rumah.

2. Memanah

“Ajarkan, anak-anakmu memanah, berenang dan berkuda”. Itu adalah salah satu hadist Rasulullah SAW yang mengharuskan kita untuk melakukannya.

Memanah misalnya, merupakan kegiatan yang bisa mengasah keterampilan anak selama berada di rumah. Tentunya kita memiliki peralatan memanah dan target yang bisa dipanahkan.

Tidak salahnya menyisihkan uang kita untuk membeli peralatan tersebut. Hal ini bisa mempetajam bakat beberapa anak yang suka memanah.

3. Fotografi

Pernah lihat kan anak-anak yang meminjam smartphone kita hanya untuk menfoto ini dan itu? Awalnya kita marah karena peminjaman yang begitu lama. Namun saat kita mencarinya ternyata dia sedang asyik memotret sesuatu dengan angle tertentu.

Putar sana, putar sini sepertinya belum pas di hati sang anak dengan benda yang dipotretnya. Belum lagi memindahkan benda yang berada di dekatnya sehingga mendapatkan posisi yang pas. Kadang saat sudah difoto dihapus lagi dan lagi sampai dia benar-benar merasa puas dengan apa yang dipotertnya. Hasilnya akan teramati dengan wajahnya yang sumringah.

Untuk anak seperti ini sangat baik kita pertajam keterampilan berbakatnya dengan cara fotografi.

4. Musik

Jika anak sering mendengar lagu, menghentak-hentak kakinya atau bergoyang-goyang badannya saat mendengar lagu, maka bisa dikatakan sang anak sangat menyukai musik.

Untuk anak seperti ini ada baiknya menyediakan lagu-lagu yang bisa disensor dari liriknya. Karena lirik lagu akan mempengaruhi aktivitas hidupnya sehari-hari.

5. Art and Craft

Kalau dulu kita kenal menggambar, melukis dengan menggunakan jari-jari kita sehingga akan dihasilkan lukisan atau gambar yang bagus. Namun sekarang semenjak digital mulai berkembang, membuat gambar yang indah bisa dilakukan melalui aplikasi.

Bagi anak-anak yang menyukai seni atau art and craft, dia cendrung mendownload aplikasi yang ada di smartphone untuk beraksi dengan kelihaiannya terhadap seni. Salah satunya aplikasi Ibis Paint yang sedang marak sekarang.

Keterampilan menggunakan Ibis Paint ini bisa mempertajam bakat sang anak di bidang seni selama berada di rumah.

Itulah lima keterampilan yang bisa mempertajam bakat anak selama berada di rumah. Selain peralatan yang mudah disediakan, waktu dan tempat pun bisa kapan saja.

Bagaimana dengan anak-anak bunda di rumah? Keterampilan apa saja yang bunda pertajam untuk bakat anak? Tulis di kolom komentar ya.

#ChallangeBPN_11

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).