Sabtu, 02 Mei 2020

Aplikasi yang Mendukung Saat Work From Home

| Sabtu, 02 Mei 2020
Aplikasi yang Mendukung Saat Work From Home
Posted by ana_susan 2 Mei 2020




“Blogger Perempuan Network (BPN) is inviting you to a scheduled Zoom meeting

Pada tanggal 15 April 2020, aku mendapat undangan zoom meeting SEO class. Topiknya adalah “Belajar di rumah bareng BPN:SEO Class”. Di dalam undangan itu tertera tulisan join zoom meeting. Ku ikuti linknya hingga mengharuskan aku untuk mendownload aplikasi Zoom.

Aku pun menunggu respon yang sangat lama. Awalnya kukira internetnya yang lemot atau handphoneku yang harus di lem biru. Ternyata eh ternyata, dasar emak-emak yang gaptek, tuh kelas baru bisa terkoneksi saat acara kelas berlangsung.

Aku mengetahui hal tersebut, saat aku hadir tepat di waktu yang ditentukan. Yakni tanggal 16 April 2020. Aku pun tersenyum-senyum sendiri. Belum habis hal lucu terjadi padaku. Aku minta bantu suami untuk bergabung pada meeting tersebut. Dengan memakai jilbab seadanya, no make up dan bicara sama anak-anak sambil mendengarkan meeting, aku pun diperingatkan suami.

Katanya, suaraku dan penampilanku bisa dilihat dan didengar banyak orang. Dengan secepat kilat aku pun memberikan handphone pada suami untuk menutup kelas, tapi suami pun panik tidak bisa mematikannya. Akhirnya aplikasi itu pun di hapus. Aku pun tertawa geli.

Yah, itu salah satu cara agar aku bisa berkomunikasi dan bekerja dengan orang lain. Bahasa kerenya work from home (wfh). Kegiatan ini harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang sedang ngehits.

Dapat dikatakan bahwa aplikasi zoom ini merupakan aplikasi yang menggelar video konferensi dengan jumlah peserta hingga 1000 orang. Untuk mendownloadnya dapat melalui https://zoom.us/.

Namun demikian, ada beberapa aplikasi lain yang bisa menunjang kegiatanku selama bekerja di rumah. Kebetulan saat ini aku aktif menulis. Jadilah beberapa aplikasi merupakan hiburanku setiap hari.

Ada Google drive, yaitu layanan penyimpanan berbasis cloud milik Google yang digunakan untuk berbagi data dengan bekal smartphone, laptop dan paket data. Akses link google drive dapat dilakukan melalui : https://www.google.com/drive/.

Kalau dulu kita menyampaikan pesan hanya melalui sms, sekarang ada banyak cara dalam menyampaikan. Salah satunya adalah WhatsApp. Aplikasi pesan ini dapat dikatakan mampu meraup pangsa pasar terbesar berkat fitur dan popularitasnya yang sudah terkenal.

Dalam aplikasi ini mudah untuk mengatur anak buah jika dia adalah seorang pemimpin. Yaitu bisa mengirim file dokumen dan panggilan video dengan kualitas oke. Aplikasi ini bisa diakses melalui https://web.whatsapp.com/.

Masih ada aplikasi lain yang aku gunakan selama bekerja di rumah. Seperti mobile banking. Aku memerlukan ini karena kerja sampinganku adalah berjualan online. Jadi agar waktu lebih efektif, maka transaksi uang dapat dilakukan melalui smartphone tanpa harus capek ke atm.

Instagram dan Facebook juga sering ku gunakan untuk menyampaikan postingan tulisan atau sekedar quote. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyebar kebaikan.

Itulah enam aplikasi yang mendukung kerjaanku selama WFH. Bagaimana dengan kalian? Tentu berbeda kan. Yah sesuaikan dengan profesi masing-masing. Yuk tulis aplikasi kalian di kolom komentar selama WFH.

#ChallangeBPN10

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).