Minggu, 10 Mei 2020

Bakpau dan Donat dengan Bahan Dasar Sama Camilan Praktis Saat Berbuka Puasa

| Minggu, 10 Mei 2020
Bakpau dan Donat dengan Bahan Dasar Sama Camilan Praktis Saat Berbuka Puasa

Posted by ana_susan 10 Mei 2020


Foto : Dokumen Pribadi


Siapa sih yang tidak suka camilan? Jangankan anak kecil, orang dewasa sampai yang sudah tua pasti sangat menyukai camilan. Camilan tradisional apalagi. Di sampaing rasanya unik, tentu memberi kesan tersendiri bagi si pembuat maupun yang memakannya.

Camilan ada banyak ragamnya. Ada camilan basah dan ada pula yang kering. Camilan basah seperti puding, agar, dan sejenisnya. Sedangkan camilan kering seperti kue-kue kering yang tersaji saat lebaran tiba.

Untuk camilan bakpau dan donat, semua orang pasti suka. Makanan favorit di kalangan anak-anak ini kerap disediakan oleh orang tua mereka saat ke sekolah. Pembuatannya juga terbilang mudah dan sederhana. Untuk bahannya juga relatif murah. Memang sih ada beberapa resep donat atau bakpau dengan bahan yang mahal dan komplit. Tentu harganya juga premium.

Namun, aku ingin memperkenalkan dua kue dengan bahan dasar sama, hanya pematangannya berbeda kalian akan menghasilkan dua jenis camilan sekaligus. Bahannya juga mudah ditemukan di warung terdekat. Apa sajakah bahan untuk bakpau dan donat tersebut?

Bahan Dasar Bakpau  dan Donat

Bahan Adonan Dasar :

Terigu 1 kg
Ragi 1 sdm
Gula Pasir secukupnya
Minyak Goreng secukupnya
Air hangat secukupnya (Untuk Donat tanpa penambahan gula di adonannya)

Cara Pembuatannya:

1. Buat biang adonan: campurkan sedikitnya terigu dan ragi dengan air hangat. Diamkan sampai              muncul bintik-bintik berupa gelembung udara sebagai tanda ragi telah aktiif.


Biang adonan, Foto: Dokumen Pribadi


2. Siapkan terigu, minyak goreng, lalu masukkan air hangat.


Terigu, minyak goreng, air hangat dan biang adonan dicampurkan, Foto : Dokumen Pribadi


3. Masukkan biang adonan kedalam campuran tadi. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Uleni      hingga kalis (tidak lengket di tangan).


Adonan yang telah kalis (tidak lengket), Foto : Dokumen Pribadi


4. Jika telah kalis, bagi adonan menjadi dua bagian. Adonan pertama untuk bakpau dan adonan                kedua  untuk donat.


Adonan bakpau dan donatbyang telah dibagi dua, Foto : Dokumen Pribadi


5. Adonan bakpau harus ditambahkan gula sesuai tingkat kemanisan kita masing-masing. Uleni lagi        hingga tercampur sempurna.

 6. Setelah itu adonan bakpau dimasukkan isinya sesuai selera. Kalau aku biasanya dengan selai coklat/strawberry/blueberry/abon/kacang hijau/kornet.

7. Diamkan kedua adonan. Jika telah mengembang, adonan bakpau dikukus. Sedangkan adonan donat digoreng.

8. Untuk bakpau siap disajikan. Sedangkan untuk donat bisa kita maniskan dengan gula pasir yang digongseng dengan sedikit air atau dengan topping sesuai selera. Misalnya dengan dicelupkan ke dalam coklat cair, atau ditaburi dengan meses.

10. Sekarang bakpau dan donat siap disantap oleh seluruh anggota keluarga.


Donat dan bakpau yang siap disantap, Foto : Dokumen pribadi


Itulah camilan praktis dariku dengan bahan dasar yang sama dapat menciptakan dua jenis camilan sekaligus. Ini bisa disantap saat berbuka puasa maupun untuk camilan anak sehari-hari.

Alhamdulillah, jenis camilan ini sangat digandrungi anak-anakku dan anak-anak tetanggaku. Semoga bermanfaat ya. Yuk share resep camilanmu di kolom komentar ya.

#ChallangeBPN_19

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).