Kamis, 21 Mei 2020

Perbanyak Doa Ini Sebagai Salah Satu Amalan di Akhir Ramadan

| Kamis, 21 Mei 2020

Perbanyak Doa Ini Sebagai Salah Satu Amalan di Akhir Ramadan


Desain by Canva

Posted by ana_susan 21 Mei 2020

“Jika dengan izin Allah aku mendapatkan malam lailatul qadar, doa apa yang harus aku ucapkan? Kata saiyiduna Aisyah r.a.”

Pertanyaan itu diungkapkan oleh Saiyiduna Aisyah r.a kepada Rasulullah SAW pada sepuluh malam terakhir. Kata beliau amalam utama yang dilakukan pada akhir ramadan (sepuluh malam terakhir) adalah perbanyak salat dan doa.

Salat adalah cara kita mendekat pada Allah. apalagi saat sujud. Saat yang paling dekat antara hamba dengan Rabbnya adalah saat sujud. Demikian juga dengan doa. Kita milik Allah, yang menciptakan juga Allah, jadi sudah sepantasnya kita pun meminta pada Allah.

Doa adalah salah satu cara yang diungkapkan oleh kita dalam menyampaikan keinginan pada sang Khaliq. Doa akan langsung sampai kepada Allah. Tanpa penghalang atau tanpa hijab. Penghalang akan ada jika kita melakukan dosa. Baik dosa kecil apalagi yang besar.

Nah, dengan adanya bulan ramadan ini, yakni bulan yang memiliki rahmat, ampunan dan dijauhkan dari api neraka, tentunya memicu adrenalin kita untuk giat ibadah lebih dari bulan-bulan sebelumnya. Apalagi Allah menjanjikan pada hambaNya, bahwa salah satu malam di bulan ramadan ada malam lailatul qadar. Yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Artinya apa?

Artinya, jika kita mendapakan malam tersebut, dan saat itu kita beribadah pada Allah, maka pahalanya sama dengan 1000 bulan atau setara dengan 83 tahun. Kebayang kan pahalanya sangat berlimpah. Dan itu salah satu bentuk kasih sayangnya Allah pada hambaNya.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, banyak hikmah yang didapatkan. Hikmah tersebut menandakan bahwa kita fokus pada Allah saja. Karena biasanya kita sibuk dengan membuat kue lebara, belanja baju baru atau yang lainnya versifat duniawi.

Namun, sekarang Allah memberi kesempatan pada kita untuk konsentrasi padaNya saja. Bermunajat hanya padaNya saja. Itulah sedekat-dekatnya hamba dan itu sangat disukai oleh Allah.

Lantas doa apa yang harus kita panjatkan di akhir ramadan agar nanti jika ramadan pergi kita dalam keadaan bersih dari dosa. Dosa pun akan diampuni sejak aqil balig sampai sekarang? Itulah pertanyaan yang sama diungkapkan oleh istri Rasulullah SAW yang bernama Aisyah r.a.

“Jika dengan izin Allah aku mendapatkan malam lailatul qadar, doa apa yang harus aku ucapkan? Kata saiyiduna Aisyah r.a?”

Perbanyaklah membaca

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى


Artinya :
Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku (HR. Tirmidzi no 3513 dan Ibnu Majah no 3850. Abu Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadist ini hasan shalih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadist ini shahih).

Ituah doa utama yang harus kita ucapkan salam akhir ramadan. Tentunya ditambahkan doa-doa lain yang biasa kita ucapkan. Allah sangat suka saat kita meminta padaNya. Jadi perbanyaklah berdoa agar Allah sayang pada kita.

#ChallangeBPN_28

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).