7 Manfaat Utama Minyak Zaitun




“Tanaman zaitun adalah tanaman  yang banyak disebutkan dalam Alquran. Seperti dalam surah Al An’am ayat 99 dan 141, An Nahl ayat 11, Al mukminin ayat 20 dan An Nur ayat 35.”


Banyaknya tanaman zaitun disebutkan dalam Alquran menandakan bahwa sangat istimewanya dia. Dalam sebuah hadits disebutkan “Pakailah minyak zaitun dan minyakilah tubuhmu karena itu berasal dari pohon yang diberkahi”. Dalam hadits ini menyebutkan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wassalam sangat suka meminyaki badan dan rambut beliau dengan minyak zaitun.


Dalam riwayat lain disebutkan bahwa, minyak zaitun mampu mengobati 70 macam penyakit.


Apa itu Minyak Zaitun dan Jenisnya


Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. 

Berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya, minyak zaitun dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:


1. Extra Virgin Olive Oil. 

Yaitu jenis minyak zaitun terbaik, yang diekstrak langsung dari buah zaitun dengan hanya melalui 1 perasan. Jadi, extra virgin olive oil didapat dari perasan pertama buah zaitun. Kadar keasaman minyak zaitun jenis ini hanya 1 persen.


2. Virgin Olive Oil. 

Minyak zaitun jenis ini juga didapat dari perasan pertama buah zaitun. Bedanya, kadar keasamannya sekitar 3 persen.


3. Fino

Minyak zaitun ini didapat dari campuran extra virgin dan virgin olive oil.


4. Pure

Minyak zaitun yang diperoleh dari campuran minyak zaitun jenis virgin yang telah diolah dan extra virgin.


5. Light

Minyak zaitun jenis ini telah melalui proses saring yang hasilnya memengaruhi warna minyak zaitun.


Kandungan Minyak Zaitun

Dalam 1 sendok makan atau setara 15 ml minyak zaitun, terdapat 120 kalori dan beragam nutrisi sebagai berikut :




Meski banyak mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3, dan omega 6. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.


Sekarang ini, pola makan kita hampir semuanya kebanyakan mengandung lemak jenuh, mulai dari gorengan (sebagai makanan favorit di bulan ramadhan misalnya), daging yang diolah dengan minyak, dan produk yang digoreng lainnya. Hal ini akan menimbulkan efek tubuh dengan meningkatnya lemak jenuh. Lemak jenuh atau disebut juga lemak trans ini akan memicu penumpukan atau pengerasan pembuluh darah di dalam tubuh. Salah satunya adalah jantung.


Dalam jumlah normal dia berguna, namun jika telah berlebihan maka akan muncul efek buruk. Solusinya adalah mengkonsumsi minyak zaitun. Karena minyak zaitun mampu menghangatkan jantung dan menghangatkan perut.


Bagaimana Cara Mengkonsumsi minyak zaitun


Untuk kesehatan tubuh, dianjurkan minum minyak zaitun 1 sdm sebelum tidur agar tidur lebih nyaman dan tubuh tetap sehat.


Manfaat Minyak Zaitun


Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak sehat dan baik untuk kesehatan. Berkat beragam kandungan nutrisi dan antioksidannya, ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa teman-teman peroleh, antara lain:


1. Mengurangi tekanan darah 

Salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah khususnya pada penderita darah tinggi. Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50–60 ml atau setara kurang lebih 4 sendok makan per hari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.


2. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah.

Minyak sehat ini justru baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.


3. Mengurangi Kolesterol Darah

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada penderita kolesterol tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga baik untuk kesehatan jantung. 


4. Mencegah Kanker

Karena minyak zaitun mengandung zat antioksidan yakni  zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas maka sel kanker dapat dihambat pertumbuhannya dengan menggunakan minyak ini. Sel kanker yang dimaksud adalah kanker payudara, kanker usus besar dan kanker lambung. Konon juga karena zat antioksidannya yang tinggi bisa menjadikan kita awet muda. Wahhhh🥰.


5. Memelihara Fungsi Otak

Sebuah riset menyebutkan bahwa kandungan zat antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti stroke dan demensia.


6. Memperbaiki Pankreas

Pankreas sangat berperan dalam sistem pencernaan dan metabolisme. Selain dapat memproduksi hormon juga memproduksi enzim untuk menghancurkan dan mencerna makanan di dalam perut. 

Pankreas adalah salah satu organ yang terletak di belakang rongga perut dengan panjang sekitar 12–18 cm. Organ yang bentuknya memanjang ini bisa saja mengalami gangguan. Jika fungsi pankreas terganggu atau rusak, bisa timbul masalah pada pencernaan dan penyakit lain, misalnya diabetes.

Nah untuk mengurangi atau memperbaiki sel pankreas yang bermasalah salah satunya dengan mengkonsumsi minyak zaitun.


7. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurodegeneratif yang cukup umum terjadi. Salah satu penyebab utamanya adalah penumpukan plak beta-amiloid di dalam sel otak.

Menurut penelitian pada 2013 yang diterbitkan di Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menunjukkan bahwa diet mediterania yang kaya minyak zaitun bermanfaat bagi fungsi otak.


Cara Mendeteksi kualitas Minyak Zaitun


Untuk memastikan kualitas minyak zaitun, teman-teman bisa mencobanya dengan cara menelan beberapa sendok makan. Minyak yang berkualitas tinggi akan memberi rasa sedikit pedas di lidah saat dicicipi. 


Dalam pemakaian sehari-hari seperti di dapur misalnya, minyak zaitun (kecuali extra virgin) bisa dipakai untuk menumis dan memanggang. Namun, lebih baik menggunakan minyak zaitun secara langsung pada makanan seperti menambahkannya pada sayuran selayaknya membuat salad. Sebab, kandungan polifenol pada minyak zaitun dapat rusak jika dipanaskan dalam suhu yang terlalu tinggi.


Nah, itulah 7 manfaat utama dari minyak zaitun bagi kita. Semoga artikel ini bermanfaat.


Buat teman-teman yang ingin mencari minyak zaitun di olshop boleh dicek harganya dibawah ini.




No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).