Glamping Puncak Bogor ? "De Wind Villas di Paseban" Aja

 



“Jika kalian sempat berpikir menghabiskan masa stay caption dengan konsep glamping cobain di "De Wind Villas di Paseban" aja. Selain menikmati pemandangan full gunung Salak yang indah, budget kantong lebih ramah.


“Umi mau ikut Aku nggak staycation ke puncak?” kata salah seorang alumni murid sekolahku. 


Chat wa itu masuk sehari sebelum Aku benar-benar berada di lokasi glamping.


Kataku, "Mau sih Kak tapi Umi tanyakan dulu ke pak Amar (suamiku) sekaligus juga gurunya.


Singkat cerita akhirnya satu keluarga diundang olehnya staycation di Puncak. 


Awalnya Aku kira tempat itu adalah tempat yang biasa. Karena mendengar kata Villa. Yang terbayang olehku sepertinya hanya tempat penginapan yang berada di atas puncak Bogor. Tapi oh tapi, sampai di lokasi, Aku pun berdecak kagum melihat konsep villanya. Asli keren deh. 


Bagi emak-emak seperti Aku yang notabene orang rumahan dan nggak up to date juga, konsep villa ini baru ku dapatkan detik itu juga. Glamping dengan view gunung Salak yang full terpampang bagai Lukisan yang sangat indah.


Antara Camping dan Glamping


Dari segi katanya, sekilas tampak sama namun sesungguhnya sangat berbeda jauh. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Berdasarkan KBBI camping itu berarti koyak (robek, sobek), panjang, cabik. Sedangkan glamping artinya kemah glamor. Namun dalam bahasa Inggris bermakna berkemah. Sedangkan glamping dalam bahasa Inggris tetaplah bermakna glamping.


Nah artinya camping di sini berasal dari bahasa asing yang bisa membedakannya dengan glamping. Sedangkan glamping itu sendiri adalah kemping dengan konsep glamor (Aku memaknainya sebagai 3m yaitu mewah, memikat dan modis).


Perbedaan lainnya bisa ditinjau dari beberapa aspek seperti fasilitas, pelayanan, keamanan dan biaya.


1. Fasilitas

Saat melakukan camping, kita dituntut harus menyiapkan semuanya sendiri. Termasuk untuk tenda, sleeping bag, hingga alat masak. Selain itu, saat kita camping tentu fasilitas yang akan kita bawa adalah barang-barang secukupnya. 


Hal ini berbeda dengan glamping. Dimana semua fasilitas sudah disediakan. Bahkan fasilitasnya dapat mencapai kenyamanan di hotel berbintang. Keren kan? Serasa camping ala hotel gitu. 


Tenda, kasur, bantal terkadang ada juga di tempat glamping bahkan sampai menyediakan sofa, kamar mandi, hingga kulkas di dalamnya.


Yang perlu kita lakukan saat glamping biasanya hanya melakukan reservasi pada tempat penyedia glamping tersebut. 


2. Pelayanan

Saat camping, kita diharuskan untuk mandiri. Seperti kegiatan membangun tenda, memasak, mencari kayu untuk memasak dan lainnya. 


Namun jika glamping, kita hanya perlu memesan makanan atau meminta tolong pada petugas yang ada. Hanya beberapa saja yang menyediakan peralatan memasak jika ingin memasak sendiri. Itu pun jika kita menginginkan memasak di lokasi glamping.


3. Keamanan

Dari segi keamanan, tentu glamping jauh lebih aman. Hal ini karena glamping didesain seperti penginapan yang ada di alam bebas.

Sedangkan camping lebih berisiko. Orang yang melakukan camping harus siap untuk mendapat gangguan seperti hawa dingin, serangan, binatang liar dan lain sebagainya.


4. Biaya

Biaya untuk melakukan camping cenderung lebih murah. Hal ini karena kita cukup membayar retribusi tiket masuk.


Sedangkan untuk glamping, sesuai namanya yaitu kemping glamor maka biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih mahal. Bahkan tidak jarang terdapat fasilitas glamping dengan harga setara hotel berbintang. Hmmm.


Itulah perbedaan glamping dan camping. Singkatnya glamping adalah kegiatan berkemah dengan praktis namun mahal karena semua fasilitas yang sudah disediakan. Sedangkan camping kegiatan berkemah yang dilakukan secara mandiri.


Jadi, teman-teman bisa memilih konsep seperti apa yang teman-teman inginkan untuk staycation.


Jika teman-teman menginginkan konsep glamping, tempat yang paling oke untuk menikmati fasilitas yang ada plus pemandangan gunung Salak di Puncak Bogor, maka “De Wind Villas di Paseban” adalah pilihan yang tepat sebagai list destinasi yang oke punya.


Cek yuk, alasannya mengapa  Aku merekomendasikan teman-teman untuk mampir di lokasi glamping ini.


Akses Lokasi Mudah


Lokasi villa ini berada di jalan Tegal Luhur Megamendung, kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Akses ke lokasi juga hanya ditempuh dengan durasi kurang lebih 1 jam dari kota Bogor. Atau kalian bisa cek link ke Lokasi


Tiga Tipe Glamping  “De Wind Villas di Paseban” 




Ada tiga tipe glamping yang ada di sana yakni De Arr, De Raff dan De Dav. Ketiga tipe ini berbeda.


1. Tipe De Arr

Tipe glamping ini bisa menampung kapasitas 6 orang, 4 dewasa dan 2 anak-anak. 

Fasilitas yang didapat adalah gratis WiFi, televisi, kulkas, minuman mineral, teh, kopi, ada area bermain, view gunung, memiliki kamar mandi di dalamnya, bisa barbeque dan api unggun.

Budget yang harus teman-teman keluarkan adalah 1 juta per malam (harga sewaktu-waktu bisa berubah ya).


2. Tipe De Daff

Tipe glamping ini hanya 850 ribu per malam (harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Fasilitas yang teman-teman nikmati adalah akses WiFi gratis, televisi, kulkas, minuman mineral, teh, kopi, area bermain, view gunung dan ada kamar mandi di dalamnya.

Kapasitas tipe ini sama seperti tipe De Arr hanya saja ruangan sedikit lebih kecil dari De Arr.


3. Tipe De Raff

Fasilitas yang teman-teman nikmati adalah akses WiFi gratis, minuman mineral, teh, kopi,  view gunung. Untuk tipe ini tidak memiliki kamar mandi di dalamnya. Namun teman-teman jangan khawatir, karena ada kamar mandi umum yang cukup bersih dan apik untuk digunakan. Bahkan tersedia pula sabun, shampo layaknya hotel. 

Untuk tipe ini juga, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar 350 ribu per malam.

Kapasitas orang yang bisa ditampung di dalamnya dua orang dewasa dan 1 anak kecil. Jadi bisa untuk kalian yang ingin merancang bulan madu atau baru saja memiliki satu orang anak tapi pingin menikmati sensasi glamping.


Ketiga tipe ini memiliki tempat tidur yang empuk plus bantal dan guling yang nyaman. 


Dapur dan Kamar mandi Umum yang Nyaman

Buat teman-teman yang memilih tipe glamping yang tidak memiliki kamar mandi di dalamnya karena melihat bughet teman-teman terbatas. Maka, jangan khawatir harus pergi ke sungai ya. He he.



Di sini telah tersedia kamar mandi umum yang cukup bersih dan tersedia sabun maupun shamponya. Kamar mandi tersebut terpisah antara laki-laki dan perempuan. Psstt jika kalian kedinginan bisa menggunakan air hangat yang menggunakan shower.

Jika ingin memasak mereka juga menyediakan alat-alat memasak yang kalian butuhkan. Bahkan memanggang roti pun bisa. Ck ck ck.




Jadi, masih mikir nih mau milih-milih tempat glamping yang lain?


Area Eksplorasi Anak-anak




Buat temen-temen yang memiliki anak aktif alias tidak mau duduk diam di ruang glamping. Maka di “De Wind Villas di Paseban” menyediakan ayunan dan beberapa saung serta lokasi yang cukup nyaman untuk anak-anak bermain.


Taman yang Cukup Indah




Bagi emak pencinta tanaman seperti Aku, lokasi ini cukup indah dipandang mata. Taman yang penuh bunga, apik serta terawat dengan rapi. Jadi  kesan keindahan yang diharapkan dapat banget.


Barbeque dengan View Full Gunung Salak



Mau panggang-panggangan bareng keluarga atau berdua saja sama pasangan bisa banget nih di sini. Suasana full pemandangan gunung Salak dan jika malam dipenuhi cahaya lampu yang terang menderang.


Bisa Camping Juga




Jika teman-teman menginginkan camping di lokasi glamping bisa juga di sini tempatnya. Dan ini menurutku kelebihan yang dimiliki oleh “De Wind Villas di Paseban” . Kalian bisa mendirikan tenda dengan tempat yang sudah disediakan alasnya yang terbuat dari kayu. Sehingga cukup nyaman jika dibandingkan camping di alam bebas. 


Itulah beberapa alasanku mengapa Aku merekomendasikan glamping di “De Wind Villas di Paseban” kepada teman-teman.


Bagi teman-teman yang masih penasaran glamping itu apa atau sudah pernah menikmati yang namanya glamping. Saranku, wajib bagi teman-teman untuk mencoba glamping di “De Wind Villas di Paseban” puncak Bogor. Destinasi glamping yang full view gunung Salak dan bugdhet relatif ramah di kantong.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari lokasi glamping atau sekedar ingin membandingkan lokasi glamping “De Wind Villas di Paseban” dengan lokasi glamping yang lain. Semoga membantu ya.



















No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).