Impian Asus Desktop S500MC Untuk Keluarga Berbakat Multimedia

Impian Asus Desktop S500MC Untuk Keluarga Berbakat Multimedia

Ana Susan 


Impian Asus Desktop S500MC Untuk Keluarga Berbakat
Sumber gambar : www.asus.com dan canva.com


“Multimedia bukan hanya tentang menciptakan hal-hal yang bagus atau keren. Ini juga tentang berbagi informasi berharga dengan cara yang menarik.” 

(Paul Blazek)


Kutipan tersebut menegaskan bahwa multimedia selain terlihat bagus di mata orang juga mampu memberikan informasi yang bermanfaat atau dengan kata lain


 “Tampilan cantik dengan informasi menarik”.



Lantas, Multimedia Itu Sendiri Apa Ya?


Menurut KBBI, multimedia adalah penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafik animasi dan teks.


Menurut Robin dan Linda (2001) multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.


Menurut Gumelar (2014), multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools dan link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi berkarya dan komunikasi.


Sepertinya pemahaman tentang arti dari multimedia di sini sudah sangat jelas. 


Lantas hal menarik apa yang membuat Aku sekeluarga menyukai dunia multimedia?


Sebenarnya ada 5 alasan yang ku rangkum betapa menariknya multimedia bagi kami.



1. Bakat yang Berbeda


Antara Aku, suami dan anak-anak memiliki bakat yang tidak sama. Aku tertarik di bagian menulis dan ilustrasi, terutama ilustrasi cerita anak. Sesekali menyetok elemen gambar untuk dijual ke beberapa mikrostok.


Suami lebih ke desain grafis. Alhamdulillah beliau memiliki banyak klien luar negeri sejak berjibaku dengan Fiver. 


Anakku yang pertama sangat mumpuni di bagian videografi dan dunia edit mengedit.


Anakku yang kedua lebih kepada animasi dan musik-musik yang diciptakannya sendiri menggunakan aplikasi pivot untuk animasi dan musik dengan aplikasi FL studio. Yah, cukuplah untuk spek Laptop jadulnya. Tapi dia sangat menginginkan  untuk mengupgrade aplikasi animasi dan musik yang lebih keren jika suatu saat telah memiliki laptop yang kuat.


Anakku yang ketiga lebih tertarik ke ilustrasi karakter bergaya anime yang digoresnya melalui aplikasi Ibis paint.


Beberapa konten, gambar atau video yang telah kami kerjakan akan  dishare informasinya melalui media sosial. Aku dan anak pertama memiliki akun media sosial.


Anak kedua baru saja diizinkan untuk memiliki akun You Tube guna menjadikannya konsisten menyetok di dunia animasi dan musik. 


Suami sendiri hanya mengelola akun sekolah alam yang kami rintis. Yah, sekolah Green Entrepreneur School (GES) di Instagram dan website.


Tampilan akun Instagram green entrepreneur school

Gambar Tampilan Akun Instagram GES yang dikelola oleh Suami

Tampilan website green entrepreneur school

Gambar Tampilan Website GES yang dikelola oleh Suami



Karena bakat yang berbeda dan menuntut di tempat yang berbeda inilah mengharuskan kami untuk betah dan terus mengupgrade bakat multimedia. 



2. Sarana Penyampaian Informasi Menjadi lebih Menarik


Siapa sih yang tidak suka menonton? Atau sekedar melihat tutorial memasak bagi para emak-emak. 


Kadang, jika kita melihat tutorial yang disajikan dengan animasi, lebih cepat mengena dibanding seseorang yang ngomong tanpa ekspresi. Ya kan?


Atau mungkin, di antara anak kita suka menggambar saja kerjaannya. Tidak di kelas, atau di rumah. Bahkan terkadang ada tipe anak yang kreatif, cendrung menghafal pelajaran sekolah dengan menggunakan gambar yang dibuatnya. Katanya lebih cepat masuk ke otak.


Dari semua contoh di atas merupakan beberapa hal yang didapat dari sebuah informasi yang menarik untuk dilihat. Belum lagi jika ditambahkan musik di dalamnya. Lagi-lagi ini berhubungan dengan multimedia.



3. Materi Sulit Jadi Mudah


Karena profesi saya dan suami adalah guru, tentu peran multimedia sangat penting. Apalagi tantangan tekhnologi kian pesat.


Saat materi yang sulit dicerna oleh para siswa di sekolah yang kami ampu, solusi multimedia menjadi sorotan utama yang membuat mereka lebih mudah mencerna sekaligus cepat pahamnya. Apalagi jika disajikan dengan menarik. 



4. Tantangan Sekolah Bisnis


Sekolah yang berkonsep bisnis dengan tujuan mencetak calon pengusaha muda dan diharapkan memiliki bisnis meskipun kecil serta berakhlak mulia, tentu peran multimedia sangat dibutuhkan oleh mereka.


Tujuannya agar bisnis mereka bisa berjalan seiring dengan perkembangan zaman. Jangan sampai telah di zaman promosi via online, eh mereka hanya mengandalkan door to door saja. Kan ketinggalan zaman bukan?



5. Mampu Menjelajah Dunia


Dulu saat zaman masih kuliah, Aku mendapatkan informasi dengan dua cara. Melalui google yang harus antri di rental dan membaca buku di perpustakaan. 


Sekarang, informasi apa saja yang ingin di dapatkan sangat mudah. Hanya dengan menggerakkan jari- jemari di ponsel yang selalu ada di dekat kita.


Membaca buku bisa melalui aplikasi Ipusnas misalnya. Atau sekedar melihat perkembangan yang lagi viral di media sosial. Untuk tutorial apa saja yang diinginkan, semua tersaji di You Tube, Tik tok tanpa harus ikut pelatihan ini dan itu.


Jadi mudah dan gampang kan? Hemat waktu dan biaya pula. Ck ck ck.


Dengan lima alasan inilah kami butuh alat yang mampu diajak bekerjasama. Baik itu dalam penyimpanan, kinerja dan model yang cocok untuk rumah kami yang minimalis. 


Dan yang lebih penting lagi, alat itu bisa mempererat hubungan kami agar lebih indah. Bisa nonton bareng, mendokumentasi dan melihat kenangan foto-foto lama yang udah banyak hilang disebabkan beberapa kali laptop rusak. 


Jika memungkinkan bisa digunakan juga buat anak-anak bermain game bersama saudara kandungnya saat mengalami kejenuhan aktivitas.


Anak pertama yang konsen di bagian edit video sering berkata memorinya full jika tidak menghapus konten video editan sebelumnya. Apalagi hanya menggunakan handphonenya. 


Anak kedua membuat animasi dan musik menggunakan laptop jadulnya juga berkata pingin banget mengganti aplikasi animasi yang lebih keren. Sehingga bakatnya bisa terus berkembang.


Anak ketiga yang menggambar ilustrasi karakter menggunakan tablet biasa juga mengatakan hal yang sama. Meskipun sedikit sederhana. Yakni pingin pindahin gambar yang di tabletnya biar nggak ngelag katanya. 😁


Aku sendiri menulis di blog dan membuat ilustrasi cerita anak hanya menggunakan handphone. Nah, kalau suami memiliki laptop yang mumpuni untuk desainnya. Dan memang harus, karena desain yang diterima klien luar negeri lumayan rumit dan butuh spesifikasi yang oke.


Tapi Alhamdulillahnya kami masih memiliki  PC jadul plus monitor keluaran lama. Guna memindahkan beberapa file. Sayangnya seperangkat itu telah rusak beberapa tahun lalu. Terutama PC nya. Sedangkan monitornya masih baik-baik saja hingga sekarang. 😔


Untuk mencatat keuangan sekolah, pendataan murid dan lainnya, suami menggunakan laptopnya. Mengelola website dan akun Instagram sekolah juga melalui laptop. Kebayangkan beratnya penderitaan yang ditanggung oleh laptop tersebut. 


Hingga suatu hari dia pun ngelag. Beberapa data laporan tahunan dan keuangan, foto dokumentasi pembelajaran anak-anak, video pembelajaran rusak. 


Saat diservis selamat tinggallah beberapa data yang hilang, sedangkan sisanya tidak seberapa. 😢



“Untung tak dapat diraih, malang pun tak dapat ditolak”



Setidaknya demikianlah sebuah pepatah yang mengharuskan kami berpikir untuk menggunakan PC baru.  Di mana PC tersebut bisa digunakan bersama baik dalam suka dan duka. Cieeee.


Aku pun tertarik dengan Asus Desktop S500MC yang dikeluarkan oleh perusahaan ASUSSebenarnya ada empat jenis produk PC Desktop Asus.


4 Jenis produk PC Desktop asus
Sumber gambar : www.asus.com, infografis di aplikasi canva 


Keempat Asus Desktop tersebut berbeda dari bentuk fisik dan berat serta beberapa spesifikasi lainnya. Untuk warna semuanya berwarna hitam. 


Yang menarik perhatianku di awal adalah slogan yang  diusung masing-masing Asus Desktop. Dimana Asus S500SA mengusung slogan "More productivity, less space". Asus S500MC dengan slogan "Create, produce, play". Asus S500MA "Work and play, empowered" dan Asus S500TC dengan slogan "Home computing, smart way"


Nah, bagiku dan keluarga. Asus dengan slogan  "Create, produce, play" yang disemat oleh Asus S500MC sangat cocok. Karena memang sesuai dengan bakat multimedia kami masing-masing. 


Keistimewaan dari Asus Desktops S500MC ini sangat menakjubkan. Yuk kita jelajahi apa saja keistimewaannya



1. PC Desktop yang Kuat, Penuh Gaya dan Serbaguna 



Kekuatan PC Desktop Asus S500MC
Sumber gambar : www.asus.com




Asus Desktop S500MC yang mengusung motto “ Create, Produce, Play” ini sepertinya sangat tepat bagi keluarga kami yang memiliki bakat multimedia.


PC desktop rumahan ini sangat kuat, karena dilengkapi dengan prosesor generasi ke-11 Intel®Core™ i7 dan grafis NVIDIA GeForce® atau NVIDIA berperforma tinggi.


Prosesor pada PC berfungsi sebagai otak komputer yang menjalankan perintah program, melakukan perhitungan, mengatur memori dan mengendalikan interaksi dengan perangkat keras. Hmmm.


Ku pikir ini Ideal banget buat kami. Baik dalam membuat konten di Instagram, YouTube dan tiktok. 


Demikian juga animasi dan musik yang dikerjakan anak kedua maupun ilustrasi karakter sepertinya kuat. Apalagi suami yang mendesain job fivernya di Adobe illustrator maupun Photoshop.


Bagiku sendiri dalam membuat ilustrasi karakter Plus background serta menulis dan membuat desain grafis juga sangat cocok.


Apalagi prosesor di Asus PC Desktop S500MC ini memiliki kata sandi dengan 6 varian sesuai budget dan kebutuhan kami.


6 varian kata sandi prosesor Asus Desktop S500MC


Kartu grafis NVIDIA ini adalah kartu grafis kelas profesional opsional untuk menangani tugas grafis intensif. Tiga layarnya dapat digunakan secara bersamaan tanpa harus menambahkan kartu grafis lainnya.


Jadi hasilnya lebih smooth dan kerjaan juga mudah untuk anakku yang membuat video, animasi atau suami yang menekuni desain grafis.


Tendernya juga lebih cepat. Hasil video dan animasi pun lebih jelas. Apalagi jika edit videonya dengan GPU NVIDIA di desktop studio.


Pokoknya, yang jelas pasti bakat multimedia kami terus terasah dengan semua manfaat ini. Masya Allah.


Selain itu tersedia memori DDR4-2933 hingga 64 GB. Dengan kapasitas memori ini kami bisa menikmati multitasking atau bakat multimedia yang kami tekuni jadi bebas lag.



2. Memiliki Pendingin Dalam Sasis Bentuk Miring


Sistem pendingin Asus Desktop S500mc
Sumber gambar : www.asus.com


Untuk mengedit video dan animasi serta bermain game sangat terbantu, karena adanya pendingin pada Asus Desktop S500MC. Di mana penempatan komponennya meminimalkan ruang antara CPU dan kipas sistem serta sasis miring yang memungkinkan peningkatan aliran udara melalui alas. Akibatnya, frekuensi prosesor terdorong lebih tinggi dalam kinerjanya.




3. Penyimpanannya Ganda dan Berkapasitas Tinggi 


Drive ganda untuk penyimpanan yang cepat dari jenis PC ini adalah kombinasi dari SSD dan HDD. Kecepatan ganda ini mampu menyimpan data file besar dalam hitungan detik. 


Penyimpanan ganda Asus desktop S500MC
Sumber gambar : www.asus.com


Jadi ingat saat Aku ingin mengirim file data ilustrasi buku anak ke penerbit. Dengan kapasitas file besar saat itu harus menunggu hingga esok hari. Dan keesokan harinya pun belum tentu terkirim melalui google Drive. Wong Aku kirimnya melalui handphone.😂


Sebenarnya tidak masalah sih. Hanya saja handphoneku memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat terbatas.


Perjuangan banget emang, akhirnya harus hapus-hapus galeri dan beberapa stok gambar lama yang telah terkirim di beberapa mikrostok.


Coba kalau ada Asus PC desktop S500MC yang dipadu dengan monitor di rumah mungkin hal seperti di atas tidak akan terjadi. Pengiriman cepat dan kerja pun tak terhambat.



4. Ada Tekhnologi Peredam Suara Bertenaga AI


Tekhnologi peredam bising bertenaga AI yang dimiliki Asus Desktop S500 MC,  menggunakan tehnik pembelajaran mesin canggih. 



Tekhnologi peredam suara AI Asus Desktop S500MC
Sumber gambar : www.asus.com


Terdiri atas upstream dan dowstream Upstream berfungsi sebagai penyaring kebisingan sekitar speker sedangkan downstream menghilangkan kebisingan dari lawan bicara.


Kebisingan yang dihasilkan dari komponen internal sperti kipas dan hard drive dapat dikurangi sehingga mampu menciptakan lingkungan kerja keluarga berbakat multimedia seperti kami dengan lebih tenang dan nyaman. Wahhh enaknya jika dibayangkan. 


Jadi kebayang saat mengisi kelas online atau anak pertamaku merekam kontennya untuk selanjutnya diedit. Jadi tidak harus hapus rekam lagi berulang-ulang, seperti artis sedang syuting.



5. Bermain Game Bersama Lebih Cepat dan Lancar


Diskrit saat bermain game untuk Asus Desktop S500Mc
Sumber gambar : www.asus.com


Hidup di dunia digital dan diwarnai dengan multimedia tentu game merupakan sebuah jeda, saat jenuh dengan rutinitas. Tak dapat dipungkiri untuk bagian yang satu ini bagi anak-anak remaja kami adalah sesuatu yang mengasyikkan. Kadang sangking asyiknya lupa dengan waktu. Terutama ibadah.


Aku sendiri tidak melarang, asalkan mereka tidak lalai dan ingat waktu ibadah. Pernah beberapa tahun lalu mereka asyik bermain game. Parahnya mainnya di atas kasur hingga sang laptop panas diakibatkan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Laptop itu pun berujung di barang bekas. 


Sampai sekarang sebagai hukuman mereka tidak kami izinkan untuk menggunakan laptop. Alhamdulillah ada perubahan meskipun sesekali menggunakan laptop jadulnya dengan aplikasi game yang ringan. 


Dengan adanya Asus PC Desktop S500MC ini setidaknya bisa memberi ruang sedikit pada mereka untuk sekedar fun dari bakat yang insyaallah telah terasah. Semoga tidak kebablasan lagi lalainya.🤭


Aku dan suami juga tidak khawatir dengan ketahanan yang dimiliki Asus PC Desktop S500MC ini saat mereka bermain, karena memiliki diskrit NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 sehingga  menghasilkan permainan yang cepat dan lancar



6. Designnya Estetik


Design Asus Desktop S500MC
Sumber gambar : www.asus.com


Asus Desktop S500MC diproduksi dengan kualitas bentuk yang luar biasa dan tahan bertahun-tahun lamanya. Desainnya yang geometris dan berwarna hitam memberikan tampilan di ruangan rumah kami, menjadi lebih estetika dan elegan.


Rumah kami yang minimalis sepertinya menciptakan PC ini menjadi seimbang. Apalagi tampilan uniknya terinspirasi dari arsitektur geometris modern. Ditambah lagi dengan pola segitiga 3D kontemporer dan tekstur rumit untuk menghiasi ruang interior apa saja.


Wajar saja dengan desain yang estetika tersebut, Asus Desktop S500MC sebagai pemenang Red Dot tahun 2021. Yakni sebagai penghargaan desain ternama di dunia dengan kategori good.



Penghargaan desain estetik Asus S500MC


Kategori good untuk penghargaan desain Asus S500MC


7. Konektivitas 


Menurutku, untuk menggunggah dan mentransfer file yang terhubung dengan perangkat eksternal sangat membantu sekali. 



8 port Asus desktop S500MC
Sumber gambar : www.asus.com



Pasalnya Asus Desktop S500MC ini juga memiliki delapan port USB, dengan empat port yang dipasang di depan. Sehingga nyaman banget untuk menghubungkannya dengan Drive eksternal, kamera atau pun perangkat seluler tanpa harus capek-capek meraih bagian belakang PC seperti PC jadul kami. He he.



8. Sangat Andal dan Tahan lama 

Asus Desktop S500MC memang dirancang jangka pemakaiannya dengan durasi yang lama. Ada jaminan pula, sehingga tak mengecewakan jika sebagian uang kami dikeluarkan untuk meliriknya. Dan memang untuk yang satu ini penting banget.


Jadi tabungan yang ada dapat dialokasikan pada keperluan yang lain. Nggak perlu service bolak balik seperti PC yang jadul. 


Komponen-komponen di dalamnya adalah komponen terdepan di dunia yang terkenal dengan kualitas andal serta daya tahan yang luar biasa. 


Terang saja, motherboard yang dipakainya adalah nomor satu di dunia. Yakni jenis motherboard yang terkenal dengan sistem komprehensif sebagai pelindung perangkat keras. Stabilitasnya 24/7 dengan pengujian ekstensif dan kinerja yang konsisten.



Motherboard Asus desktop S500MC
Sumber gambar : www.asus.com



Asus Desktop S500MC juga memiliki power supply bersertifikat 80 PLUS® Bronze berefesiensi tinggi. Direkayasa dengan kapasitor kelas atas untuk daya tahan maksimum. Sehingga memungkinkan jenis PC ini memberi daya dengan efisiensi hingga 85%. 



Power supply asus S500MC
Sumber gambar : www.asus.com


Artinya mau seberat apapun pekerjaan multimedia kami, akan menghasilkan panas sedikit dan menurunkan biaya pengoperasian jangka panjang. Duhh makin jatuh hati deh.😍


Tidak itu saja loh. Semua PC ASUS menawarkan kapasitor solid 100 %. Perannya adalah untuk menyimpan muatan dan mengatur voltase. Jadi stabilitas sistem, kapasitas termal dan umur panjang meningkat sehingga menghasilkan peringkat Mean Time Beetween Failurs (MTBF) tingkat atas.



Kapasitas solid PC asus
Sumber gambar : www.asus.com



Untuk kebisingan, getaran jatuh dan kejut termal boleh diuji loh katanya. Karena memang Asus Desktop S500MC telah memenuhi standar semua. Jadi nggak boleh ragu lagi nih kayaknya kami untuk bersegera memilikinya.


Duh, banyak banget keistimewaan dari Asus Desktop S500MC. Untuk spesifikasinya pun sudah kurangkum semua jadi satu kesatuan yang utuh di bawah tulisan ini.


Agar menjadi catatan penting bahwa Asus Desktop S500MC sangat menakjubkan. Semoga nanti saat dia hadir di tengah kesibukan bakat multimedia kami, menjadikan kami terus semangat menyajikan kreativitas multimedia, memberikan informasi menarik pada anak didik dan yang terpenting lebih mempererat hubungan keharmonisan kami sekeluarga.



Spesifikasi Asus Desktop S500MC


Main Spec

Desktop S500MC


Color

Black


CPU

Intel® Core™ i3-10105 Processor 3.7 GHz (6M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores).

Intel® Celeron® G5905 Processor 3.5 GHz (4M Cache, up to 3.5 GHz).

Intel® Pentium® Gold G6405 Processor 4.1 GHz (4M Cache, 2 cores).

Intel® Core™ i5-11400 Processor 2.6 GHz (12M Cache, up to 4.4 GHz, 6 cores).

Intel® Core™ i5-11400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz).

Intel® Core™ i7-11700 Processor 2.5 GHz (16M Cache, up to 4.9 GHz, 8 cores).


Operating system

Windows 10 Home-ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 11 Home-ASUS recommends Windows 11 Home-ASUS Pro for business 


Chipset

Intel® B560 Chipset


SATA
4 x SATA 6.0Gb/s ports


Network and Communication

WIFI- 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card


Memory 

2x DDR4 U-DIMM slot, 4 GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to 64 GB

2x DDR4 U-DIMM slot, 8 GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to 64 GB


Storage

1TB SATA 7200RPM 3.5” HDD


Graphics

NVIDIA GeForce® RTX 3060


Input/output 

Front I/O Ports 
1x MIC in
1x Headphone
2x USB 2.0 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

Rear I/O Port
1x RJ45 Gigabit Ethernet
1x HDMI 1.4
1x VGA Port
1x DVI-D
2x PS2
1x Serial port
3x Audio Jack’s
2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A


Expansion 
1x M.2 connector for storage
1x PCle® 3.0 x 16
2x PCle® 3.0 x 1
1x M.2 connector for WIFI


Audio

High Definition 7.1 channel Audio


Dimension (W x D x H)

16.00 x 31.89 x 36.78 cm (6.30” x 12.56” x 14.48”)


Weight

05.90 kg (13.01 lbs)


Power

16W power supply (peak 200W)
200W power supply (80+ Bronze, peak 250W)

300W power supply (peak 350W)
500W power supply (80+ Bronze, peak 550W)


Ecolabel and Compliances

RoHS

REACH


Security

Kensington Security Slot™
McAfee LiveSafe™ 30-day trial
Trusted Platform Module (Firmware TPM)


Include in Box (optional)

Wired optical mouse and wired keyboard


Waranty

2 tahun

Buat teman-teman yang ingin mengecek harga Asus PC Desktop bisa dilihat pada online shop dibawah ya sebagai referensi 🤗.





Sumber Referensi


https://www.pens.ac.id/2021/12/05/various-examples-of-multimedia/


https://www.nuiteq.com/company/blog/5-benefits-of-multimedia-learning


https://www.asus.com/id/displays-desktops/tower-pcs/everyday-use/asus-s500mc/








No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).