“Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan: Review Kuliner Terbaik dengan Kelezatan yang Menggoda”


“Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan: Review Kuliner Terbaik dengan Kelezatan yang Menggoda”

Ana Susan 


Mie ayam jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com


"Jauh dari Medan, namun dekat dalam selera, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud  memanggil dengan rahasia rasa yang menakjubkan. Temukan kenikmatannya melalui kisah dan ulasan, sebelum petualangan kuliner berikutnya!”



Meskipun Aku baru sekali menjejakkan kaki di kota Raja, nama  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini merayap dalam setiap pembicaraan kuliner. Apalagi saat scrolling tentang mie ayam. Maka yang muncul adalah Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sebagai salah satu makanan enak di Medan serta mie ayam yang melegenda dan gaul.


Selera yang memikat dan cerita kuliner yang melampaui batas kota Medan, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud muncul sebagai bintang dalam panggung cita rasa.


Tentu rasa penasaran bagi para pencinta kuliner akan semakin besar. Apalagi jika beneran sampai di sana dan menikmatinya secara langsung.



Antara Aku dan Mie Ayam 


Dulu saat masih masa kuliahan di Bogor, sering banget melihat satu teman perempuanku yang doyan banget makan mie ayam. Aku sendiri sebagai pencinta mie tentu menjadi penasaran dengan nama makanan yang satu ini.


Dalam benakku, mie ayam itu mungkin mie yang digoreng ada ayam gorengnya. Tapi gimana ceritanya makan mie goreng plus ayam goreng? Dan apa enaknya coba? Mendingan nasi plus ayam goreng. 


Akhirnya karena rasa kekepoan ku semakin menjadi-jadi, saat teman yang satu ini hampir setiap hari beli mie ayam membuatku bertanya langsung padanya dan pingin mencobanya juga. 


Ilustrasi gerobak mie ayam

Sumber Gambar : pngtree.com



Suatu siang Aku dan temanku berjalan menuju ke gerobak mie ayam yang sering mangkal di pinggir jalan. Kami bercerita seputar per mie ayaman. Seolah mie ayam itu merupakan berita yang paling hangat saat itu. Ayam yang diberi kecap, tambahan kuah yang gurih dan nikmat membuat perutku semakin menjerit karena memang telah masuk jam makan siang.


Sayangnya setelah sampai di tujuan, hanya tersisa satu porsi saja. Jadilah temanku yang penggemar mie ayam mengikhlaskannya untukku. Baginya rasa penasaranku terhadap mie ayam jauh lebih dibutuhkan daripada dia yang selalu menikmati santapan siangnya dengan mie ayam tersebut. He he.


Tapi, emang boleh ya mie ayam bisa selaris ini di kota hujan? Apa memang hanya ada di kota hujan saja? Ah yang penting Aku telah menikmati seporsi mie ayam yang enak tanpa penasaran lagi. Nyumiii.



Sejarah Mie Ayam


Mie ayam adalah salah satu makanan favorit yang ada di Indonesia. Mie yang diselimuti kuah kaldu hangat disertai potongan daging ayam yang bumbunya meresap dan daun sawi segar. Topping yang digunakannya juga bervariasi seperti bakso, pangsit, ceker bahkan jamur. 


Mie ayam dengan mudah ditemukan di seluruh Nusantara.  Makanan ini tersedia mulai dari gerobak di pinggir jalan hingga hotel berbintang. Hal ini memperkuat posisinya sebagai hidangan yang merakyat namun bisa dinikmati dengan kelas.


Sebenarnya siapa sih yang memperkenalkan mie ayam ini?


Mie ayam merupakan turunan dari masakan China yang telah mengalami modifikasi dan penyesuaian dengan cita rasa khas lidah orang Indonesia.


Di China sendiri, mie ayam awalnya adalah bakmi. Yakni makanan khas China Selatan terutama di daerah Fujian dan Guandong


Dulu, banyak pendatang dari China yang menetap di Indonesia membawa serta bakmi mereka yang disajikan toping daging babi.  Akan tetapi, karena di Indonesia mayoritas Islam, maka mereka menggantikan topping daging babi dengan daging ayam yang dibubuhi dengan kecap. Jadilah mie ayam.



Cari Mie Ayam Jamur Spesial di Medan? Mie Ayam Haji Mahmud Saja


Lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com

Buat teman-teman yang terbiasa traveling, ke luar kota dalam rangka dinas atau apa saja sebutan sederhananya jalan-jalan, mesti coba “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud”. Kabarnya mie ayam yang satu ini merupakan mie ayam populer, enak, melegenda dan gaul di Medan.


Yuk ah kita explore sama-sama sejauh mana populer dan enaknya “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud” yang satu ini. Namun ada baiknya kita mesti tahu lebih detail sejarah munculnya  “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud” di tengah kota Medan sebagai makanan enak di Medan dan wisata kuliner Medan yang wajib dikunjungi.



Sejarah  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud


Sejarah singkat Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sejarah singkat Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Infografis by Ana Susan| Sumber gambar : https://mieayammahmud.com


Mie Ayam Haji Mahmud telah melegenda sejak tahun 1988. Pada tahun tersebut hanya menggunakan gerobak. Kemudian tahun 1990 membuka sebuah outlet pertama. Baru pada tahun 2000 memiliki outlet tetap yang merupakan outlet pusat dari  “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud”


Pada tahun 2011, awalnya hanya satu mie ayam saja yang dijajakan. Namun, sejalan dengan waktu, tersedia pula berbagai jenis varian menu. Akan tetapi  “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud”  tetap sebagai menu favorit bagi para pengunjungnya. 


Pada tahun 2018, “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud” tidak hanya populer di Medan atau Indonesia saja. Banyak wisatawan asing yang telah mencoba sajian ini dan mengakui keunikan maupun kelezatannya. Beberapa bahkan menganggapnya sebagai salah satu makanan terbaik yang pernah mereka coba di Asia Tenggara. Wahhh kerennn! 😍


Sampai sekarang, “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud” masih melegenda dan gaul. Bahkan baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang ke-35. Ternyata sudah 35 lamanya. Kemana saja diriku ini? Hiks.


Sebenarnya apa sih keunikan dari  “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud” hingga melegenda dan gaul sampai sekarang?



Keunikan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud


Siapa sangka  “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud”  yang dulunya memakai gerobak, sekarang menjadi destinasi kuliner yang sangat dirindukan dan menjadi wisata kuliner yang wajib dikunjungi. Ternyata ada sebuah rahasia yang terungkap melalui guliran-guliran jemariku yang kepo pada mie ayam satu ini. Sebesar kekepoanku pada teman yang dulu doyan makan mie ayam. He he.


Ada lima hal yang menjadi ciri khas “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud” ini sehingga cita rasanya melegenda dan gaul.




Komposisi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : Instagram @hajimahmud.id


1. Bumbu dan Kuah yang Gurih


Perpaduan bumbu rempah yang kuat dan kombinasi bumbu khas daerah Medan yang diracik secara khusus dengan tekstur kuah yang gurih dan tidak terlalu berminyak menjadikannya begitu nikmat dan kaya rasa jika disantap. Kuahnya juga tidak terlalu kental atau pun terlalu encer sehingga menjadikannya sempurna saat bercampur dengan mie.


Jadi pantas jika mie ayam ini layak mendapatkan tempat khusus di hati para penikmat kuliner yang suka dengan banyak rempah seperti Aku.



2. Mie yang Kenyal dan Tidak Mudah Lembek


Mie dari Mie Ayam Haji Mahmud dibuat sendiri dimana lebih menonjolkan tekstur kenyalnya yang tidak mudah lembek ketika disiram dengan kuah khas. Tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, pas di lidah saat digigit. 


Keistimewaan ini memberikan fondasi sempurna bagi perpaduan harmonis dengan bumbu lezat dan beragam topping yang melengkapi pengalaman unik menikmati hidangan mie ayam.


Nah, ini nih yang paling Aku suka. Mie yang dibuat sendiri dan masih segar pula. 


Jadi berasa nih air liurku tumpeh-tumpeh. 😁



3. Topping yang Variatif 


Topingnya terdiri atas daging ayam berkualitas yang dimasak dengan empuk dan bumbunya meresap sempurna. Selain itu ada tambahan bakso, jamur, sawi dan daun bawang sehingga menambah kesempurnaan dari sajiannya.



4. Sambal Khas

Sambal selain memberikan rasa pedas, juga mampu menghadirkan dimensi rasa yang mendalam. 



Sambal Khas Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com


Nah, sambal “Mie Ayam Jamur Haji Mahmud” menawarkan rasa yang cukup khas dan tentunya juga pedas. Bagi teman-teman pencinta pedas, tentu sambal ini layak dicoba.



5. Porsi yang Besar


Porsi besar dari "Mie Ayam Jamur Haji Mahmud" ini menjadi penawar lapar yang ideal setelah seharian disibukkan dengan aktivitas, memberikan kenikmatan yang melimpah dalam setiap suapannya.


Seporsi besar Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com



Jadi pastikan perut teman-teman dalam keadaan kosong ya. Biar tendangan rasanya semakin menggoda.


Dengan lima hal di atas sepertinya cukup menggambarkan kelezatan dan keunikan di setiap kunyahan. Jadi jika pulang ke Aceh kudu harus transit di Medan dan langsung mendarat di "Mie Ayam Jamur Haji Mahmud" nih sepertinya.


Ehh, tapi tunggu dulu. Ada hal lain yang menjadi faktor terpenting saat kulineran di luar. Kira-kira apa ya teman-teman? Yap, bener banget. Kenyamanan tempat makannya.


Konsep Tempat yang Minimalis Jadikan Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud Laris Manis


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud di Medan memikat pengunjung dengan konsep minimalis yang tetap hangat dan nyaman. Popularitasnya tidak hanya diminati oleh warga setempat, akan tetapi menjadi daya tarik pula bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Area parkirannya juga luas dan masih banyak fasilitas yang bisa teman-teman nikmati di sana.


Nyamannya tempat Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com


Jadi, jika suatu saat singgah ke Medan, sepertinya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi "Mie Ayam Jamur Haji Mahmud" sebagai makanan enak di Medan ini. Apalagi jika teman-teman adalah pencinta mie ayam. Qi qi qi. Dengan rasa yang otentik ditambah tempat makan yang nyaman, tentu akan membuat diri siapa saja untuk kembali lagi dan lagi.



Harga Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Ramah di Kantong


Kelebihan lain dari "Mie Ayam Jamur Haji Mahmud" adalah harganya yang amat bersahabat, memungkinkan kita menikmati hidangan lezat ini tanpa harus khawatir tentang anggaran. Selain memanjakan lidah, hidangan ini juga ringan bagi kantong siapa saja.



Ramai dikunjungi Penikmat Mie Ayam 


Kalau tidak ramai tempatnya bukan tempat "Mie Ayam Jamur Haji Mahmud" namanya. Mau hari libur atau tidak tetap saja sama. Antrian panjang merupakan pemandangan yang sudah biasa di sana.


Pengunjung di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com



Banyak Event di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud 


Event yang ditawarkan di "Mie Ayam Jamur Haji Mahmud" sangat banyak. Mulai dari yang online hingga offline. Sangking banyaknya Aku pun bingung mau mepnulis apa saja. Yang jelas teman-teman bisa kepoin langsung Instagramnya ya atau media sosial mereka yang lain.


Beberapa event di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Memiliki Banyak Outlet


Jika saat teman-teman tiba di lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud dan ternyata penuh, jangan khawatir. Karena Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini memiliki outlet yang tersebar di beberapa lokasi di kota Medan. Akan tetapi jika semuanya penuh, jangan salahkan diriku ya. Hi hi. Artinya kudu datang lebih awal jika perlu sebelum tempatnya dibuka. 


Outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com


Bersertifikasi Halal

Semua menu yang disajikan memiliki sertifikasi halal. Jadi jangan ragu lagi.


Sertifikasi halal Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : Facebook mie ayam jamur Haji mahmud



Menu yang Bervariasi 

Bagi teman-teman yang tidak menyukai mie ayam jamur,  ada varian mie ayam yang lain. Satu lagi di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ada banyak varian menu yang bisa menjadi pilihan. Seperti menu spesial, menu Nusantara, menu Korean food, menu oriental, menu seafood, menu sayuran, soto, sop dan aneka minuman maupun juz serta masih banyak lagi.


Varian menu di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber Gambar : https://mieayammahmud.com

Pada gambar di atas, hanya sebagian saja varian menu yang Aku tampilkan. Ada banyak menu pilihan lain yang bisa teman-teman nikmati di sana.


Dengan banyaknya varian menu ini, wajar saja jika tempat ini terkenal dengan antrian yang panjang sebagai ciri khas dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sebagai tempat makanan enak di Medan dan sebagai wisata kuliner Medan yang wajib dikunjungi. Tidak itu saja, tempat ini selain viral di Medan, viral juga di sosial media. Seperti Instagram, Facebook, TikTok dan YouTube. Teman-teman boleh kepoin Instagramnya dan beberapa media sosialnya langsung ya.

Instagram Mie Ayam Jamur Haji Mahmud
Sumber Gambar : Instagram @hajimahmud.id



Pstt, ada yang ketinggalan. Beberapa hari lalu mie ayam jamur Haji Mahmud baru merilis menu baru yang katanya nggak kalah enak dari menu-menu sebelumnya. Wahhh makin tambah penasaran lagi jadinya. kayaknya memang mie ayam jamur Haji Mahmud sebagai wisata kuliner Medan yang wajib dikunjungi bagi Aku pribadi. Bagaimana dengan teman-teman ?


Menu baru Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Desember 2023

Sumber Gambar : Instagram @hajimahmud.id


Oh iya, menu di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini juga bisa teman-teman pesan via online, melalui nomor WhatsApp, email atau website. Mau kepo lebih banyak lagi boleh dong ke websitenya langsung. Jadwal buka juga sangat panjang durasinya. Jadi bisa kapan saja singgah ke sana kecuali jam bobo ya. Hi hi.

Jadwal buka dan tutup Mie Ayam Jamur Haji Mahmud



Rating websitenya juga oke loh. Insyaallah teman-teman tidak akan ragu untuk ke sana. Apalagi Aku. Hi hi. 

Rating Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Di bawah ini ada beberapa testimoni yang bisa menjadi referensi teman-teman memikirkan lebih lanjut untuk maju menuju ke sana atau diam di tempat. Sementara orang lain sudah menikmatinya sekian lama. 


Testimoni Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Sumber testimoni : klik di sini


Nah, bagi teman-teman yang pingin langsung ke lokasi, bisa  klik alamat ini. Dengan alamat lengkapnya :


Jl. Abdullah Lubis No.57 / 71, Merdeka, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20154



Terimalah tantangan untuk merasakan ledakan cita rasa legendaris yang menghentak lidahmu, hanya di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud! Sensasi kenikmatan yang tiada tara dalam setiap gigitan. Anniversary ke 35 tahun Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Semoga tetap melegenda dan gaul"






Sumber Referensi


https://travel.okezone.com/read/2023/05/17/301/2815820/siapa-yang-pertama-kali-menciptakan-mi-ayam-begini-sejarahnya


https://www.detik.com/sumut/kuliner/d-6257182/6-rekomendasi-warung-mie-ayam-populer-dan-enak-di-kota-medan


https://mieayammahmud.com/makanan-hits-medan-2023/







No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).