Eyebost : Madu Herbal Paling Ampuh di Era Digital Untuk Menjaga Kesehatan Mata


Eyebost : Madu Herbal Paling Ampuh di Era Digital Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ana Susan




Eyebost : Madu Herbal Paling Ampuh di Era Digital Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sumber Gambar : Canva.com. Infografis by Ana Susan in Canva 



"Ketika kata-kata dibatasi, mata sering kali berbicara banyak (Samuel Richardson)"



Setidaknya ungkapan itulah yang menjadikan bahwa esensi dari sepasang mata itu sangatlah penting bagi kita. Apalah artinya jika mata kita tidak berfungsi dengan baik. Maka, kesehatan mata sangat penting untuk dijaga agar dia bisa berbicara banyak saat lisan tak mampu untuk berucap sempurna.


Semua yang kita alami dalam kehidupan akan menjadi sangat bermakna berkat indra penglihatan ini. Tanpa penglihatan kita tidak bisa melihat pemandangan indah, wajah manusia, bahkan membayangkan warna dan bentuk pun kita tak mampu.



"Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani agar kamu bersyukur (An Nahl : 78)".





Struktur mata
Sumber Gambar : Pixabay.com



Tidak hanya itu, ruang yang ditempati oleh mata dalam tubuh kita kecil sekali. Padahal, strukturnya amat rumit dan fungsinya sangat khusus. Bagaikan artefak berharga yang disimpan ditempat yang aman.  Terang saja, mata kita dilindungi oleh tulang tengkorak yang menjaganya dari serangan luar. 


Perlindungan yang dirancang sangat hebat ini selaras dengan tujuannya yang amat penting. Letak mata pun sangat tepat sehingga kita dapat mengendalikan dan menggerakkan tubuh, tangan dan kaki secara optimal. Coba bayangkan jika mata kita berada dibelakang kepala atau di samping kepala. Mungkin akan jadi seperti apakah kita? Atau letak mata di tumit, tentu kita akan sering terbentur bukan?



Membaca Sambil Rebahan


Paling enak itu ketika berbaring di tempat tidur, membaca buku dongeng sepulang sekolah. Buku setebal 100 halaman lebih habis ku baca selama lima belas menit. Cerita imajinasi yang memikat hati antara seorang puteri dan pangeran. Lengkap dengan gambar yang menambah polesan cerita lebih indah.


Sering kali kalimat nasehat terdengar di telingaku saat mengulik buku bacaan anak yang tebalnya tak seberapa. 


“Nak, baca bukunya tidak sambil tiduran, nanti matanya bisa sakit, kata Papaku lembut.


Aku hanya menjawab sekenanya saja. “Iya Pa”. 


Entah sudah beberapa kali kalimat nasehat itu mengalir di lisannya. Namun Aku hanya menjawab “Iya Pa”. Terlalu asyik dengan cerita mengabaikan nasehat yang begitu rupa.


Waktu itu Aku masih duduk di bangku kelas enam Sekolah Dasar. Lanjut hal yang sama pun berulang saat di bangku Sekolah Menengah Pertama. Namun sekarang bukunya beda dong. Aku lebih ke buku pelajaran yang ku baca sambil berbaring di tempat tidur.


Nasehat indah itu pun terus saja berseliweran di telinga. Terkadang sempat berpikir juga sih. Emang bisa ya jika baca sambil tiduran bisa merusak mata? Tapi, lagi-lagi Aku pun mengabaikan nasehat Papa. Sesaat ada beliau Aku duduk, saat beliau menghilang Aku pun tidur lagi. 


Demikianlah terus terjadi. Namun saat Kuliah Aku mulai berubah dong. Kan udah dewasa. Qi qi qi. Hobiku selama kuliah paling suka ke perpustakaan. Meskipun kadang tidak jelas mau ngapain di sana. Aku lebih nyaman menghabiskan waktu berjam-jam membaca buku dibandingkan kumpul dengan teman meskipun sekedar diskusi. 



Akhirnya Harus Memakai Kaca Mata 


Tibalah saat mataku mulai berontak dengan kenyamanannya selama ini. Suhu panas di Banda Aceh yang cenderung menetap karena dikelilingi oleh laut. Sejauh mata memandang yang terlihat adalah celah-celah lautan biru di pelupuk mata yang membentang di sepanjang pesisir.


Mataku sering perih jika kondisi suhu yang amat panas. Sesekali sering dikucek akibat perih hingga mataku pun memerah. Memandang tulisan dosen pun terkadang ngeblur sesekali. Belum lagi sering lelah mata saat malam tiba. Padahal dulu tidak seperti itu. 


Aku pun mengeluh mataku sering sakit setelah lulus kuliah Sarjana. Mama membawaku ke dokter untuk diperiksa. Dan benar antara mata kiri dan kanan itu berbeda dampaknya. Yang kiri minus dan yang kanan adalah silindris. 


"Apa harus pakai kacamata?, tanyaku pada mama."

" Iya dong biar sakitnya tidak bertambah parah"


Awal memakai kacamata ENGGAK ENAK BANGET!! Seolah terhalang oleh pandangan yang selama ini luas. Nikmat Allah yang sangat sempurna harus ku rusak sendiri dengan kebiasaan membaca buku sambil tidur dan tanpa pencahayaan yang cukup. Padahal Papa ku sudah bela-belain memberi penerangan yang cukup di kamarku saat itu. Tapi ku abaikan dengan tidur di tempat tidur dan berlawanan dengan cahaya lampu. 


Sekarang, nasehat itu pun ku terapkan pada anak-anakku agar mereka selalu sehat jangan seperti Aku. Caranya menggunakan penerangan yang cukup saat berada di ruangan gelap dan tidak baca sambil tiduran. Belum lagi di era digital sekarang ini menuntut perhatian lebih pada kesehatan mata. Terutama pada cahaya biru atau blue light.


Sebenarnya mata sehat itu seperti apa sih?


Tahukah teman-teman, otot yang paling aktif di badan kita adalah otot di bagian mata. Hampir setiap waktu kita menggunakan mata untuk melihat. Adalah wajar jika mata memiliki peran yang lebih aktif kerjanya. Jadi pastikan mata kita itu selalu sehat.


Adapun ciri dari mata sehat itu sendiri antara lain pupilnya benar-benar jernih, sklera (bagian putih) benar-benar berwarna putih, kornea (selaput bening) benar-benar jernih, kelopak mata dapat menutup dan membuka dengan baik serta bulu mata teratur dan mengarah keluar.



Ciri mata sehat

Sumber Gambar : Pixabay.com. Infografis by Ana Susan in Canva 




Cahaya Biru atau Blue Light


Mellisa Barnet, ahli Optometri utama di UC Davis Eye Center menjelaskan apa itu cahaya biru dan pengaruhnya terhadap mata dan kesehatan tubuh kita.


Menurutnya, cahaya biru adalah bagian dari spektrum cahaya tampak yang dapat dilihat oleh mata manusia. Memiliki gelombang terpendek dan energi tertinggi. Yakni sekitar 300-500 nanometer. Dimana 1/3 dari seluruh cahaya tampak dianggap cahaya biru.


Sinar matahari adalah sumber cahaya biru terbesar yang bersifat alami. Sedangkan sumber cahaya biru buatan adalah lampu neon, Televisi LED, monitor komputer, ponsel tablet dan layar tablet serta perangkat digital lainnya.



Bahayakah Cahaya Biru Bagi Kita?


Sebenarnya cahaya biru memberi efek kewaspadaan, membantu fungsi otak, meningkatkan memori dan suasana hati. Bahkan sinar matahari sangat baik untuk tumbuh kembang mata dan penglihatan pada anak. 


Cahaya biru yang berasal dari layar tergolong kecil dibandingkan dengan cahaya biru yang berasal dari sinar matahari. Akan tetapi cahaya biru dari layar memiliki efek jangka panjang. Jika kita terlalu lama dalam menatap layar apalagi jika menatapnya dengan jarak dekat, maka akan berdampak buruk pada penglihatan ke depannya. 


Namun demikian di zaman serba digital ini adalah hal yang mustahil jika kita menjaga jarak dengan cahaya tersebut. Apalagi bagi orang-orang yang rutinitasnya sebagian besar bergelut di depan layar perangkat digital tanpa tapi.


Menurut Vision Council (yakni sebuah perusahaan yang menjadi pemimpin dalam bidang perawatan penglihatan dalam mewujudkan penglihatan yang lebih baik untuk kehidupan yang lebih baik pula) mengatakan bahwa, 80 % orang dewasa Amerika menggunakan perangkat digital lebih dari dua jam per hari. Hampir 67 % di antaranya menggunakan dua perangkat digital secara bersamaan. 


Sama seperti kita saat ini, rutinitas asyik menulis terkadang membuat diri kita betah berjam-jam lamanya apalagi jika ide-ide cemerlang terus mengalir dengan deras tanpa terbendung. Waktu di depan layar laptop atau gadget bisa berjam-jam lamanya bukan?


Ternyata, menurut Vision Council, jika mata kita terpapar cahaya biru melewati dua jam, maka mata akan mengalami gejala ketegangan mata digital. 


Hal ini disebabkan karena mata tidak mampu menghalangi cahaya biru. Sehingga hampir semua cahaya biru yang terlihat melewati bagian depan mata yakni Korea dan lensa. Saat mencapai retina, sel akan mengubah cahaya untuk diproses otak menjadi sebuah gambar.




Proses Cahaya Biru yang  Masuk ke Dalam Mata


Proses cahaya biru masuk ke dalam mata

Sumber Gambar : www.optimumvisionaz.com


Masuknya cahaya biru secara terus menerus ke dalam mata akan menyebabkan kerusakan retina. Jadi mata kita kudu membutuhkan penghalang dari cahaya biru tersebut. Salah satunya dengan menggunakan kaca mata yang mampu menghalangi cahaya biru.


Sebulan yang lalu, Aku pun menggunakan kaca mata yang dilapisi lapisan penghalang cahaya biru masuk secara terus menerus. Mengingat mataku sering ngeblur, berair ditambah lagi saat malam mulai cepat lelah.


Ternyata saat diperiksa minusnya bertambah dan harus memakai lensa plus juga. Belum lagi sering berjibaku dengan layar handphone yang ku gunakan untuk mengetik atau menggambar digital. 



Cahaya Biru dan Degenerasi Makula


Cahaya biru dan degenerasi makula

Sumber Gambar : www.healthline.com


Menurut America Academy of Ophtalmology (AAO), Degenerasi Makula merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang berusia di atas 50 tahun. Hal ini disebabkan karena struktur di bagian belakang mata makula rusak seiring bertambahnya usia. Akibat lebih lanjut akan kehilangan kemampuan melihat fokus penglihatan kita, tambahnya.


Selain itu, memiliki riwayat hipertensi, pola makan yang tidak sehat, merokok, obesitas dan riwayat keluarga yang memiliki masalah degenerasi makula juga sebagai pemicu utama.


Jadi kudu perawatan mata yang lebih lanjut agar rusaknya mata dapat diminimalisir. Belum lagi jika mata terus menerus menatap layar ponsel, laptop maupun komputer.


Dalam sebuah artikel disebutkan bahwa Degenerasi Makula mempengaruhi sekitar 196 juta orang di seluruh dunia. Cahaya biru  dari sinar matahari dapat menyembuhkan bagi penderita ini. Namun sebaliknya cahaya biru dari perangkat digital tidak. Kecuali diberi layar tambahan sebagai penghalang cahaya biru atau lensa yang ditambahkan pada kaca mata untuk menghalangi cahaya biru tersebut. Dan yang terpenting sering mengurangi atau membatasi waktu dalam menatap layar digital. 



Kenali Sakit Mata dan Penyebabnya


Hampir semua orang mengalami sakit mata. Terkadang sakit mata dapat sembuh dengan sendirinya. Namun demikian ada pula sakit mata yang tidak sembuh alias pertanda sakit mata yang lebih serius.


Sebenarnya apa saja sih penyebab dari sakit mata? 


Dari beberapa artikel yang ku baca, ada beberapa penyebab dari sakit mata. Namun tidak menutup kemungkinan ada pula beberapa sakit mata lainya yang mengganggu aktivitas kita. Diantaranya:


1. Infeksi

Infeksi mata lebih menitik beratkan pada memindahkan virus, bakteri, jamur dari tangan ke mata saat kita menggosokkannya atau sekedar meletakkan tangan di dekat mata. Atau, infeksi yang menyebar berasal dari hidung akibat sinus ke mata kita. Jadi kudu hati-hati jika tangan kita dalam keadaan kotor saat menyentuh mata sebagai organ yang sensitif.


2. Iritasi

Pastikan lensa kontak yang kita gunakan dalam keadaan bersih dan memakainya sesuai aturan yang berlaku. Tidak dibenarkan menggonta-ganti dengan lensa kontak orang lain. Karena bisa menyebabkan iritasi, mata menjadi rusak dan muncul infeksi kornea mata. Bahaya bukan? 


3. Alergi

Kebiasaan aku dan kakak kandungku membagi tugas rumah untuk membantu mama. Suatu hari saat Aku sedang menyapu, kakak kandungku bersin-bersin. Awalnya kukira hanya bersin karena flu. Tapi oh tapi, pada saat aku menyapu lagi di hari berikutnya dia bersin-bersin dan lama. Demikian pula saat dia yang menyapu. 


Kata papaku, itu karena alergi debu. Jadilah aku yang selalu menyapu di rumah. Sedangkan kakakku kubiarkan mencuci piring saja di dapur. 


Saat menikah, suami dan anak keduaku juga mengalami kondisi yang sama. Sampai kucandai.


 “Mengapa pada bersin semua? Yang nyapu Umi, yang bersin kalian.” hi hi hi. 


Dengan kondisi meler yang tak berkesudahan, mata jadi merah dan bahkan hingga berhari-hari. Aku pun menjadi iba pada mereka. Sehingga saat Aku menyapu mereka berdua tidak kubiarkan mendekat.


4. Racun

Mata kita pun bisa menyebabkan sakit manakala terpapar dengan asap rokok, polusi udara, zat klorin yang ada di dalam kolam renang atau zat kimia berbahaya saat aktivitas di laboratorium kimia. 

Beberapa hal di atas sangat berbahaya bagi kesehatan mata kita jika mata kita tanpa perlindungan yang tepat.


5. Blefaritis 

Blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata yang disebabkan oleh gejala pembengkakan pada mata, mata merah dan terasa gatal.


Memahami sakit mata tentu dapat membantu kita dalam mengobatinya lebih baik. Bahkan jika perlu mencari pertolongan medis. Karena dengan penglihatan yang sehatlah kita mampu melihat segala keajaiban yang ada di dunia ini dan mempermudah segala aktivitas kita.


Sakit Mata juga tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak-anak pun tak luput darinya. Hingga sekarang kita sering melihat anak usia 4-5 tahun sudah menggunakan kacamata.


Di seluruh dunia, sekitar 2,2 miliar orang mengalami gangguan penglihatan. Di mana sebagiannya dapat dihindari. Asia memiliki prevalensi gangguan mata tertinggi, yakni mencapai 51% dari jumlah penduduk dunia. 


Berdasarkan hal di atas, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. 



Cara Menjaga Kesehatan Mata 


Cara Menjaga Kesehatan Mata



Sumber Gambar : https://eyebost.id/. Infografis by Ana Susan in Canva





1. Hindari Berlama-lama Terpapar Cahaya Biru


Hindari bukan berarti kita menjauhinya. Akan tetapi istirahatkan sejenak mata kita dari paparan cahaya biru yang berasal dari ponsel dan sumber cahaya biru lainnya. Caranya dengan melihat fokus jarak yang jauh sehingga mata kita tidak mudah sakit. Misalnya, melihat pemandangan atau sekedar menatap daun yang hijau.


2. Lindungi Mata dari Sinar UV yang Lama

Karena mata merupakan organ yang sangat sensitif, ada baiknya kita melindunginya dari sinar ultraviolet yang lama dengan cara memakai kaca mata hitam. Atau bagi yang berkacamata memakai tambahan lensa pelindung dari sinar ultraviolet. 


3. Gunakan Pelindung Mata

Bagi teman-teman yang berprofesi sebagai laboran maka kaca mata pelindung dari bahan kimia amatlah penting. Karena setiap bahan kimia itu ada yang berbahaya ada pula yang tidak. Demikian pula bagi yang berprofesi kerja lapangan. Sehingga cedera mata dapat diminimalisir.


4. Pastikan Tangan Bersih Saat Mengusap Mata

Mengusap mata dengan tangan yang kotor ditambah cara menggosoknya secara kasar membuat mata teriritasi karenanya. Bahkan virus atau bakteri yang ada di tangan kita akan berpindah ke dalam mata. Jadi pastikan tangan dalam keadaan bersih.


5. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat yang mampu menjaga kesehatan mata adalah makanan yang mengandung vitamin A, C, E, omega-3. Adapun makanan yang mengandung zat-zat tersebut adalah wortel, bayam, salmon dan alpukat. Intinya buah dan sayur harus dibanyakin. Pantas saja dulu mamaku selalu mengingatkan untuk makan buah dan sayur yang banyak.


6. Memeriksa Mata Secara Berkala

Pentingnya memeriksa mata secara berkala ke dokter merupakan tindakan yang tepat untuk mencegah munculnya katarak atau glaukoma. Kita bisa memeriksa mata kita setahun sekali. 


7. Membaca dengan Cahaya yang Cukup dan Tepat

Membaca dengan cahaya yang cukup dan tepat akan terhindar dari sakit mata. Jangan seperti diriku ya teman-teman. Membaca sambil tidur di tempat yang gelap. Hasilnya sekarang harus memakai kacamata kemana saja. 


8. Menggunakan Kacamata dan Lensa Kontak yang Tepat

Sering kali kita membeli kaca mata dan lensa kontak hanya untuk menghindari sakit mata tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. Padahal jika dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, mungkin sakit mata yang bertambah dapat dihindari dengan baik. 


9. Konsumsi Vitamin Mata

Vitamin mata dibutuhkan manakala kita terlalu sibuk dengan rutinitas. Sehingga konsumsi sayur dan buah terkadang berat untuk dilakukan. Padahal tinggal kunyah saja kan?


Namun, di era yang serba praktis ini, semua nutrisi sayur, buah dan nutrisi lain yang dibutuhkan mata pinginnya yang sekali telan saja. Nah untuk itu kita butuh vitamin mata yang tepat.


Tapi, apakah ada ya vitamin seperti itu?


Selidik punya selidik, ternyata Aku menemukan sebuah vitamin yang sepertinya sangat dibutuhkan oleh mataku yang tak bisa diajak kompromi ini. Padahal kaca mata baru saja diganti. Namun karena kerjaan yang menuntut harus di depan media digital tentu kaca mata pun tidak bisa harus selalu diandalkan. Apalagi screen time yang ku lakukan kadang berlebihan. Adalah wajar sesekali mata ngeblur dan berair bahkan hilang fokus.


Ada banyak vitamin mata yang berseliweran di media sosial maupun apotik. Namun menurutku, vitamin yang satu ini beda dari yang lain.  Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh vitamin mata ini.


Vitamin mata ini sepertinya pilihan yang tepat untuk mengatasi sakit mata yang berkepanjangan. Seperti mencegah mata minus, mengatasi mata (belek, bengkak dan kering), mengatasi iritasi, mata panda, mata kemerahan dan masih banyak lagi.


Ditambah lagi bahwa Indonesia, sebagai negara dengan prevalensi kebutaan dan gangguan penglihatan tertinggi kedua di dunia setelah Ethiopia.


Dikutip dari data Kemenkes RI tahun 2017 menyebutkan bahwa berdasarkan hasil survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) 2014-2016 melaporkan prevalensi kebutaan di 15 provinsi di Indonesia adalah sebesar 3%.


Hal ini diungkapkan pula oleh dr. Iwan Soebijantoro, Sp.M(K), saat mengikuti ujian terbuka Promosi Program Doktor Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, Kamis (20/1) secara daring.


Belum lagi sebanyak 80 persen orang yang mengalami gangguan penglihatan di Indonesia mestinya bisa ditangani dengan memenuhi nutrisi mata seperti suplemen vitamin mata selain nutrisi dari makanan seperti yang disampaikan oleh para Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).


Vitamin Mata yang bagus berfungsi untuk menunjang kesehatan mata tentunya. Di samping kita telah mengkonsumsi buah dan sayur serta makanan sehat lainnya.


Yah Eyebost. Madu herbal paling ampuh sebagai Vitamin Mata Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mata di era digital. Apa saja sih keunggulan yang dimiliki oleh madu herbal Eyebost, sehingga ia mampu  untuk Menjaga Kesehatan Mata kita? Bahkan katanya merupakan Obat Sakit Mata Alami. Wah tambah penasaran nih 😱.


Ada 7 poin yang kutemukan saat ku selidiki keunggulan dari madu herbal Eyebost ini.



7 Keunggulan Eyebost


Sumber Gambar : https://eyebost.id/. Infografis by Ana Susan in Canva




1. Bersertifikasi Halal dan BPOM 

Tidak dapat dipungkiri sebagai seorang muslim, untuk bagian yang satu ini amat penting diperhatikan. Apalagi jika produk yang meragukan. Karena akan jatuh pada yang syubhat. 


Jadi  tidak ragu lagi pada madu herbal Eyebost untuk Menjaga Kesehatan Mata mataku, karena jelas produk ini halal dan memiliki BPOM.


Sertifikat halal dan BPOM dari Eyebost

Sumber Gambar : https://eyebost.id. Infografis by Ana Susan in Canva



2. Tanpa Efek Samping

Cung, siapa saja jika membeli obat sukanya memilih yang tanpa efek samping? TOS. Samaan kita. Aku paling yakin banget jika membeli obat yang tidak memiliki efek samping. Soalnya, diriku ini gampang alergi dengan jenis obat-obatan. Entah itu gatal, kulit kemerahan dan lain sebagainya. 


Solusinya, Eyebost ini 100 % tanpa efek samping, herbal yang aman dikonsumsi  dan teruji secara klinis oleh tenaga medis terpercaya. Dan yang terpenting tidak menyebabkan ketergantungan. Patut dicoba dong 😍.


Apalagi jika Vitamin Mata Terbaik ini mengusung kalimat berikut


Vitamin Mata Eyebost dijamin berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi, karena dibuat hanya dari bahan herbal alami.



3. Komposisinya Semua Alami

Vitamin mata terbaik itu harus memiliki kandungan yang lengkap seperti vitamin A, beta-karoten, Lutein dan vitamin C. Nah, kabar baiknya dalam madu herbal Eyebost,  semua vitamin itu ada. Bahkan sebagai salah satu Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Operasi seperti diriku.


Madu herbal Eyebost ini terdiri atas empat bahan utama yakni ekstrak wortel, madu hutan asli, ekstrak bunga marigold dan ekstrak buah bilbery.


Beberapa manfaat dari komposisi itu sangat penting dibutuhkan oleh mata kita tentu untuk Menjaga Kesehatan Mata.

Animasi wortel

Sumber Gambar: https : //eyebost.id/. Animasi by Ana Susan in Canva


Ekstrak wortel, kaya akan vitamin A. Suka dengar kan para ibu mengingatkan anaknya untuk mengkonsumsi wortel?. Seperti kelinci lah. Hi hi hi. 


Bagi penderita mata minus, buram dan plus seperti aku, wortel mampu meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata dan memberi kekebalan pada tubuh. 


Tidak itu saja, kandungan Lutein pada wortel, mampu mengurangi gejala katarak, glaukoma dan degenerasi makula sehingga melindungi mata terutama di malam hari.


Beta karoten dan pigmen karotenoid yang ada pada wortel merupakan nutrisi penting dalam meningkatkan efektifitas vitamin A sebagai vitamin mata utama.


Animasi bahan madu
Sumber Gambar: https : //eyebost.id/. Animasi by Ana Susan in Canva


Madu yang berasal dari hutan asli sangat berguna untuk pandangan yang kabur. Dimana kandungan antioksidan dan seng yang tinggi berfungsi untuk menyehatkan syaraf optik sehingga penglihatan lebih jelas.


Kandungan vitamin A dan E pada madu juga mampu mencegah mata minus dan plus, mengurangi infeksi mata, mencegah glaukoma dan menguatkan otot mata.


Sedangkan vitamin C pada madu mampu mencegah degenerasi makula, mencegah katarak dan menguatkan otot mata.


Katarak itu sendiri adalah penyakit mata yang ditandai dengan kekeruhan lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur.



Animasi marigold

Sumber Gambar: https : //eyebost.id/. Animasi by Ana Susan in Canva


Ekstrak bunga marigold adalah komposisi berikutnya dari Eyebost. Bunga ini mengandung Lutein dan Beta karoten yang sangat berperan sebagai pigmen warna pada mata sehingga mata menjadi sehat dan tidak rusak. Selain itu juga, kandungan Lutein yang ada di dalamnya bermanfaat sebagai terapi mata minus dan plus serta mencegah terjadinya katarak.


Animasi bILBERY
Sumber Gambar: https : //eyebost.id/. Animasi by Ana Susan in Canva



Buah bilbery memiliki kandungan zat Antosianin yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Zat ini juga sebagai terapi mata dan mengurangi mata minus maupun plus, mencegah degenerasi makula dan mampu memperjelas penglihatan. 



Obat herbal paling ampuh Eyebost untuk mata


Sumber Gambar: https : //eyebost.id/ dan Canva.com. Animasi by Ana Susan in Canva


Dengan empat bahan alami ini kurasa cukup untuk menuntaskan sakit mata yang ku alami sekarang. Sakit mata minus, plus dan penglihatan yang kurang jelas atau blur akibat terpapar lama di handphone maupun laptop.


4. Aman dikonsumsi

Madu herbal Eyebost ini aman dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Untuk usia anak-anak minimal usia dua tahun dengan catatan sesuai takaran dan konsultasi kesehatan mata dari Eyebost. Jadi sekali berlayar dua tiga pulau terlampaui. Tanpa harus membeli vitamin mata lain deh.


Berikut aturan minumnya.


Aturan minum madu Eyebost
Sumber gambar : https://eyebost.id/. Animasi by Ana Susan in Canva


Dalam mengkonsumsinya disarankan menggunakan sendok plastik, sendok keramik atau sendok kayu dan tidak disarankan menggunakan sendok besi. Waktu yang aman diminum adalah setiap malam (satu jam sebelum tidur) dan setiap hari. Untuk penyimpanannya hindari menyimpan di dalam kulkas.  Sangat mudah bukan?



5. Reaksi Setelah Konsumsi Sangat  Fleksibel

Perubahan yang dialami setelah mengkonsumsi madu herbal Eyebost sangat fleksibel. Artinya menyesuaikan metabolisme masing-masing orang. Ada yang cepat ada juga yang lambat. Rasanya juga manis sangat disukai oleh semua kalangan usia. Dan bukan pemanis buatan loh. 


6. Memiliki Garansi

Biasanya barang apa saja saat kita membelinya, pasti memperhatikan garansi. Tujuannya adalah untuk melihat ketahanan dari produk tersebut. Apakah terjamin atau tidak.


Menariknya, garansi dari vitamin Eyebost ini adalah 4X lipat uang kita bisa kembali jika produk palsu atau tidak asli. Wah, bagi kaum emak ini hal yang patut dicoba untuk membelinya bukan? Terutama diriku. Qi qi qi.


Perusahaan madu herbal Eyebost juga sangat berpengalaman dalam distribusi produk kesehatan berkualitas tinggi. Maka dari itulah mereka menjamin 100% uang kembali jika produk yang kita terima tidak sesuai dengan yang mereka jual, dan dalam keadaan palsu, cacat, serta kadaluwarsa.


7. Harganya Terjangkau

Menurutku, harga madu herbal Eyebost ini sangat terjangkau dibanding produk lain. Belum lagi banyak diskon plus potongan ongkirnya. Untuk satu botol seharga 90.000 dari 130.000. Jadi teman-teman bisa hemat 40.000 deh. Tapi jika dua botol seharga Rp 174.000 dari RP 245.000. Sehingga bisa hemat Rp 71.000. Belum lagi potongan ongkir yang diberikan. Wah lumayan kan? 


Jadi menurutku dengan berat 130 g untuk sebotol madu herbal Eyebost dengan banyak manfaat sungguh itu terjangkau banget. 



Gratis Konsultasi

Perusahaan Eyebost memiliki layanan konsultasi secara gratis alias tanpa dipungut biaya sepeserpun.  Pelayanan ini dapat kita nikmati setiap hari dengan chat langsung ke nomor WhatsApp yang ada di website Eyebost 



Jadwal pelayanan gratis online Eyebost



Sumber gambar dan data jadwal pelayanan: https://eyebost.id/blog/. Infografis by Ana Susan in Canva




Madu Herbal Eyebost Memiliki Segudang Testimoni

Bagiku, testimoni itu sangat penting. Tujuannya agar kita semakin yakin bahwa produk yang kita incar memiliki banyak keunggulan. Sehingga membelinya pun tanpa tapi dan tanpa nanti. Di bawah adalah beberapa testimoni yang bisa teman-teman baca. Namun demikian untuk melihat testimoni lainnya bisa di cek di Instagram Eyebost.





Testimoni Eyebost

Sumber gambar dan testimoni: https://eyebost.id/. by Ana Susan in Canva




Eyebost Peduli Palestina 

Dengan membeli madu herbal Eyebost, kita turut serta dalam menyelamatkan saudara kita di Palestina. Dimana keuntungan dari penjual madu herbal ini akan disumbangkan kepada mereka.



Sumber : You Tube Eyebost 



Mudah Ditemukan Di Mana Saja


Madu herbal Eyebost ini melebarkan sayapnya pada beberapa media sosial. Di antaranya selain Instagram, ada juga Tiktok dan YouTube. Tinggal klik YouTube dan Tiktok Eyebost. Mau pengetahuan seputar madu herbal Eyebost juga bisa kunjungi blog mereka di Blog Eyebost .


Atau teman-teman yang hobi belanja melalui market place juga bisa dong. Madu herbal Eyebost tersedia di Shopee (eyebost official), Tokopedia (eyebost official) dan Lazada (eyebost store). Gimana gampang banget kan nemu madu herbal Eyebostnya 😍. Serasa ia ada di mana-mana dan selalu ada saat mata kita membutuhkannya. 🤗


Teman-teman juga bisa cek alamat mereka dengan menghubunginya melalui email, nomor kontak atau cus langsung ke alamatnya. 




Email Eyebost 

eyebostofficial@gmail.com



Nomor kontak Eyebost 

+6281327850411



Alamat Lengkap Eyebost 

Jl. Raya Mayjen Sungkono No.KM 5, Dusun 1, Blater, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371



Jadi, jika mata teman-teman lelah, perih, merah, berair atau masalah mata lainnya, maka solusinya adalah madu herbal  paling ampuh Eyebost di era digital untuk Menjaga Kesehatan Mata .


Memancing ikan ditepi sungai

Jangan lupa bawa kail dan pakai kaos 

Sakit mata jangan abai

Ingat Mata Ingat Eyebost 




Lomba blog SEO Competition Eyebost



#menjagakesehatanmata

#vitaminmataeyebost

#matajadijernih

#ingatmataingateyebost




Sumber Referensi


https://eyebost.id


https://health.ucdavis.edu/blog/cultivating-health/blue-light-effects-on-your-eyes-sleep-and-health/2022/08


https://www.opticalmasters.com/todays-digital-world-dangers-blue-violet-light/


https://www.cnet.com/health/personal-care/boost-your-eye-health-with-these-10-simple-tips/


https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17796-eye-pain


https://www.optimumvisionaz.com/blog/2018/1/30/the-harmful-effects-of-blue-light


https://www.healthline.com/health/what-is-blue-light


https://www-medicalnewstoday-com.translate.goog/articles/blue-light-and-macular-degeneration?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc&_x_tr_hist=true#link-to-macular-degeneration









No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).