Berburu Keberkahan dengan 7 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan


Berburu Keberkahan dengan 7 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Ana susan


Berburu Keberkahan dengan 7 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan
Infografis in Canva by Ana Susan 



Dalam suasana bulan Ramadan yang penuh berkah, banyak dari kita merasa terdorong untuk mencari cara dalam meraih keberkahan dengan melakukan berbagai kegiatan sosial yang bermakna.


Bulan yang diisi dengan puasa dan berbagai ibadah lainnya memberikan kesempatan bagi kita untuk memperdalam hubungan dengan sesama manusia dan juga dengan Allah.


Dalam artikel ini, Aku akan membahas tujuh kegiatan sosial di bulan Ramadan dalam meraih keberkahan di bulan Ramadan. Dari amal kebajikan hingga berbagi makanan dengan yang membutuhkan.


Yuk kita eksplorasi bagaimana setiap tindakan kebaikan dapat membawa manfaat besar dalam mencari keberkahan di bulan yang penuh berkah ini.


1. Paket Buka Puasa

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda:

“Barang siapa memberi makan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa maka ia mendapat seperti pahala orang-orang yang puasa tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun (HR. Ahmad)”


Kegiatan sosial yang pertama bisa kita lakukan adalah memberi paket buka puasa untuk mereka yang sedang berpuasa. Terutama ditujukan pada orang-orang yang tidak mampu atau pada para pengendara yang masih berada di jalan.


Setiap paket dapat berupa beberapa kurma, sebotol air minum, sebungkus roti atau biskuit dan buah.


2. Paket Sahur

Demikian pula untuk orang yang sahur atau lebih dikenal dengan SOTR (Sahur On The Road). Yaitu kegiatan sosial membagikan makanan sahur pada masyarakat terutama yang masih berada di jalanan. Seperti pemulung, tukang sapu dan masih banyak lagi.


Sehingga kita pun dapat merasakan sahur bersama mereka. Dan merasakan betapa nikmatnya menikmati sahur dan berbuka bagi mereka yang membutuhkan.


3. Membersihkan Mesjid

Masjid tidak hanya merupakan tempat untuk beribadah, tetapi juga dianggap sebagai rumah Allah SWT. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan masjid secara terus-menerus.


Membersihkan Mesjid merupakan kegiatan sosial di bulan Ramadan kedua yang bisa kita lakukan. Banyaknya kegiatan yang terjadi di dalam mesjid selama Ramadan memberikan kontribusi besar kita di dalamnya sehingga keberkahan pun dapat kita raih.


4. Berkunjung ke Panti Asuhan dan Panti Jompo

Mengajak teman-teman atau keluarga untuk mengunjungi panti sosial seperti panti Asuhan dan Panti Jompo bisa menjadi pilihan yang baik dalam kegiatan sosial di bulan Ramadan berikutnya.


Ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan seperti mengajar, memberikan pelatihan, atau sekadar berbuka puasa dan melaksanakan salat Tarawih bersama-sama mereka.


5. Membersihkan Pemakaman

Meskipun terdengar tidak biasa, membersihkan makam bisa menjadi salah satu opsi kegiatan sosial di bulan Ramadan berikutnya.


Kita tahu, banyak makam yang jarang diziarahi dan perlu perawatan. Selain membersihkan, mengirim doa untuk orang yang dimakamkan juga bisa menjadi bagian penting dari aktivitas ini.


Apakah teman-teman setuju bahwa ini merupakan kegiatan sosial yang bermanfaat, terutama di bulan Ramadan?


6. Mengajar Al Qur’an

Biasanya, saat menjelang azan magrib, banyak anak-anak yang berkumpul di masjid untuk mengaji sambil menunggu waktu berbuka.


Di sinilah kesempatan bagi kita untuk berkontribusi secara sosial dengan membantu mengajar di Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA)


Caranya, kita bisa menyimak bacaan Alquran mereka, bercerita tentang Sirah Nabawiyah, atau sekedar permainan seru.


Membagikan pengetahuan merupakan tindakan yang disarankan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam terutama saat bulan Ramadan. Ilmu yang paling baik adalah yang diterapkan dan dibagikan kepada orang lain.


7. Mencuci peralatan ibadah

Salat dinyatakan sah, jika menjaga kebersihan alat ibadah dengan secara teratur. Demikian pula untuk menjaga kebersihan tubuh dari hadats (kotoran) besar dan kecil.


Kegiatan sosial di bulan Ramadan berikutnya adalah mencuci peralatan ibadah yang ada di masjid. Karena memang peralatan tersebut pasti lebih cepat kotor. Dengan aksi sosial seperti ini, kita sudah membantu jemaah masjid melengkapi syarat sah salat mereka.


Inilah 7 kegiatan sosial di bulan Ramadan yang bisa teman-teman coba. Semoga keberkahan senantiasa menyertai kita dalam berbagai kegiatan sosial. Yuk terus bersama-sama memberikan manfaat dan menciptakan dampak positif bagi sesama. Selamat berbagi kebaikan dan selamat beribadah! 🤗



Sumber Referensi

https://destinationksa.com/community-activities-to-share-the-blessings-of-ramadan/


https://axa-mandiri.co.id/-/kegiatan-sosial-di-bulan-ramadan


https://www.wardahbeauty.com/id/news/7-contoh-aksi-sosial-yang-cocok-dilakukan-saat-ramadan


https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/5-ide-kegiatan-sosial-di-bulan-ramadan/amp/


No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).