Saturday, December 1, 2018

Lima Tips Hidup Sehat Ala Aku


Lima Tips Hidup Sehat Ala Aku

Belajar hidup sehat pasti sejak kecil sudah diajarkan oleh ibu dan ayah kita. Mulai dari pola makan, pola tidur, pola main semuanya serba teratur. Saat kita mulai masuk sekolah dasar jajanan yang kita makan mulai berubah perlahan tapi pasti. Apalagi saat SMP dan SMA. Semua pola makan, tidur dan main itu berubah dengan cepat dan bergantung pada faktor lingkungan sekitar.
Bagiku pribadi, pola makan dan lainnya sepertinya sudah normal aja. Namun ternyata ada yang salah menurut suamiku. Kata beliau, jika makan tidak boleh di barengi dengan minum teh atau susu. Jika membuat juz buah tidak boleh di campur susu. Kombinasi makanan juga harus sesuai. Atau lebih dikenal dengan food combaining.
Dari semua info yang telah kuterima dari suamiku, ada 5 tips hidup sehat ala aku, mulai dari makanan, minuman, olah raga, dan cara berpikir. 5 tips tersebut adalah:
1. Food Combaining
Biasanya kita meminum teh setelah makan atau sambil makan. Alasannya, selain menelan sisa-sisa makanan dalam mulut, ada sensasi tersendiri dari aroma tehnya. Juga untuk menambah tenaga dari teh yang manis. Namun ternyata pola minum seperti ini adalah salah. 
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan asam tannin dan polifenol dalam teh bisa mengganggu penyerapan protein dan zat besi. Pasalnya kedua kandungan tersebut akan mengikat kedua zat gizi di dalam usus. Akibatnya tubuh tidak mampu mengurainya. 
Jadi kapan dong bolehnya minum teh? Jika kita sangat ingin minum teh setelah makan, sebaiknya beri jeda 1/2-1 jam setelah makan. Itupun dianjurkan minum teh hijau, karena teh ini membantu melancarkan pencernaan dan kurang berdampak pada penyerapan zat besi maupun protein dibandingkan dengan teh hitam. 
Jika kita menginginkan minum sebelum makan, maka minumlah 1 jam sebelum makan. Teh juga tidak dianjurkan minum sebelum tidur, pasalnya zat gula yang ada di dalamnya sulit terurai. Kecuali kita meminum teh tanpa gula.
Susu dan buah keduanya menyehatkan tubuh kita. Susu mengandung banyak protein dan kalsium, sedangkan buah mengandung vitamin dan nutrisi lainnya. Namun apakah jika keduanya dicampur akan menambah nutrisi bagi tubuh kita? Atau justru malah membahayakan?
Buah pada dasarnya mengandung asam yang cukup tinggi. Buah yang manis dan pahit juga seperti itu. Saat masuk ke dalam perut, asam ini akan menghasilkan panas di dalam sistem pencernaan. Kalau susu mengandung protein yang tinggi. Di dalam tubuh bisa menghasilkan efek pendinginan. Nah, jika keduanya bercampur dalam perut kita, asam yang panas dan protein yang dingin saling bertemu. Akibatnya usus kita tidak seimbang dan muncullah alergi. Selain itu pula, asam yang ada pada buah bisa mengikat protein di dalam susu. Efeknya, bakteri di dalam tubuh semakin banyak.
Jadi waktu yang baik untuk minum susu yang di kombinasi dengan buah adalah, kita makan buah sekitar 20 menit setelah minum susu.
2. Perbanyak Olahraga
Olahraga ternyata membantu pola hidup sehat kita. Dia dapat dilakukan secara rutin setiap hari atau per pekan. Seperti kata pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Jadi tunggu apa lagi olahragalah yang rutin, agar tubuhmu sehat dan jiwamu kuat.
3. Banyak minum air putih
Sebagian besar tubuh kita terdiri atas mineral. Jika mineral dalam tubuh berkurang, maka metabolisme tubuh kita akan terganggu. Jadi bagi kamu yang aktif maupun tidak, perbanyaklah minum air putih.
4. Istirahat yang cukup
Allah telah menyediakan dua waktu pada kita. Waktu siang dan malam. Kedua waktu ini hendaklah dipergunakan sewajarnya. Siang untuk beraktivitas, malamnya untuk istirahat. Jika malam kita gunakan untuk bekerja, maka sistem koordinasi kita akan terganggu. Yang seharusnya diistirahatkan, malah bekerja lagi. Efek yang akan terjadi fungsi hati kita juga ikut terganggu.
5. Selalu Positif Thingking
Berpikir positif yang terus menerus, ternyata berdampak pada perbuatan dan hasil. Menurut Dr. Ibrahim Elfiky, dalam bukunya “Terapi Berpikir Positif” mengatakan bahwa berpikir positif adalah sumber kekuatan dan kebebasan. Sumber kekuatan, karena ia membantu anda memikirkan solusi sampai dapat. Sehingga kita akan bertambah mahir, percaya dan kuat. Sumber kebebasannya adalah karena kita akan terbebas dari penderitaan dan kukungan negatif serta pengaruhnya pada fisik.
Jadi bagi teman-teman yang ingin menerapkan pola hidup sehat, tidak salahnya kan mengikuti beberapa saranku. Siapa tahu cocok. Selamat mencoba.

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon