Monday, May 27, 2019

6 Trik Mendidik Anak Kecil Berpuasa



6 Trik Mendidik Anak Kecil Berpuasa
Posted bay ana_susan I May 27, 2019




Puasa adalah menahan lapar dan haus serta hal-hal yang dilarang di dalamnya. Bagi orang yang belum terbiasa berpuasa, hal ini sangatlah sulit. Boro-boro disuruh puasa sunnah, puasa wajib saja masih bolong-bolong.

Ini berlaku juga untuk anak kecil yang berusia empat tahun ke atas. Bagi mereka puasa sangatlah berat. Godaan jajajan, teman yang tidak puasa atau pun menonton televisi yang berisikan iklan makanan.  Ck ck ck.

Namun, ada juga sebagian kecil anak-anak yang telah mampu menahan godaan laparnya saat puasa. Mendidiknya berpuasa sejak kecil akan lebih mudah dibandingkan jika telah remaja. Karena karakter seseorang terbentuk saat dia masih kanak-kanak. Bahkan ada yang mengatakan saat dia masih di dalam kandungan.

Bagiku pribadi, dalam mendidik anak-anak berpuasa memiliki tehnik tersendiri. Alhamdulillah tehnik tersebut berhasil aku lakukan dari tahun ke tahun mulai dari anak pertama hingga anak ketiga. Kuy boleh ya di intip trik jitu mendidik anak berpuasa sejak kecil ala aku.

1.Melatih Sejak Dalam Kandungan


Sumber Gambar : tribunnew.com



Berdasarkan teori, bahwa karakter seorang anak terbentuk saat dia di dalam kandungan, maka aku pun melakukan hal yang sama. Sejak mereka masih bernafas, makan dan minum di dalam perut. Aku mendidiknya dengan puasa. Saat sahur kuelus perutku, dan mengatakan padanya “Nak, hari ini kita puasa ya. Maaf jika Umi tidak makan dan minum. Semoga kita kuat. Aamiin”.

Kekuatan ikatan ibu dan anak yang dianugerahkan oleh Allah sangatlah besar. Banyaknya komunikasi kita pada mereka akan mempermudah berpuasa saat hamil. Meskipun bagi ibu hamil boleh tidak puasa jika membahayakan sang anak.

2. Kenalkan Puasa pada Usia 3-4 Tahun

Sumber Gambar : lifestyle.sindronews.com

Pada usia 3-4 tahun, adalah usia mereka bereksplorisasi serta keingintahuan yang begitu tinggi. Di sanalah jalan terbaik kita untuk menanamkan akhlak yang baik. Puasa misalnya, mereka hanya kita ajak untuk bangun sahur meskipun pada akhirnya mereka puasa sebatas yang mereka mampu.

Malam sebelum sahur, kita bisikkkan pada mereka “Nak, besok kita bangun sama-sama ya sahurnya”. Kadang ada yang menjawab iya, Umi, atau ada juga adek tidak sanggup Mi takut masih ngantuk”. Semua jawabannya kita iyakan saja. Namun demikian, setiap malam lakukan kalimat ajakan yang sama.

3. Perkuat Ajakan Puasa usia 5-7 Tahun
Di usia yang telah habis masa usia keemasan, sang anak telah memahami bahwa puasa itu tidak boleh makan dan minum. Dari sini anak tanpa kita perintahkan, dia akan meminta kepada kita untuk membangunkan sahur. Bahkan bukan tidak mungkin jika dia minta dibangunkan lebih awal.

Seperti anak-anakku, mereka berkata hal yang sama. “Mi, bangunin yang cepat ya”. “Mau tahajud ya?” Uminya sudah berbunga-bunga. Bukan, mau makan yang banyak, biar siangnya tidak lapar. Gubrakkk. Uminya tersentak kaget sambil senyum-senyum sendiri. Ia Nak, Inshaa Allah umi banngunkan”.

4. Sering Memberi Nasehat Pentingnya Puasa


Sumber Gambar : eramuslim.com


Untuk hal yang satu ini, kutanamkan saat mereka sedang dalam kondisi bermain dan istirahat atau menjelang tidur. Aku bercerita tentang bagaimana pahala orang yang berpuasa, sementara orang lain tidak. Kemudian bercerita pentingnya puasa agar merasakan orang-orang di belahan bumi lain yang mungkin hampir setiap hari tidak pernah makan.

Bahkan mereka harus membagikan satu potong roti dibelah menjadi 6-8 potong. Dan  masih banyak lagi cerita-cerita hikmah seputar berpuasa. Aku melakukan di dua waktu yaitu istirahat dan bermain, karena di saat itulah gelombang alfa di otak sang anak sedang aktif. Frekwensi otak pada dua waktu tersebut sangat memudahkan sang anak menerima nasehat apapun yang kita berikan.

5. Memberi Reward


Sumber Gambar : kumparan.com


Setiap orang pasti menyukai hadiah kan. Apalagi anak-anak. Hadiah bagi mereka sangatlah indah. Tak penting harga yang ada dari sebuah hadiah itu mahal atau tidak. Yang pasti saat kita berikan hadiah itu tanpa sepengetahuan mereka, membuat semangat mereka tinggi dan mereka merasa di hargai.
Namun begitu bukan berarti puasa karena hadiahnya, akan tetapi yang terpenting adalah kita menanamkan pada mereka ganjaran puasa seorang musli di sisi Allah itu jauh lebih besar pahala atau hadiahnya dibandingkan hadiah dari kedua orangtuanya.

6.Anjurkan Anak Tidur Siang


Sumber Gambar : humas.sari-mutiaara.ac.id


Ini adalah trik yang paling popular bagiku. Mengapa? Saat mereka menagih untuk buka puasa, aku selalu katakan, Nak, tidur saja dulu, pasti capek kan setelah bermain dengan mainan-mainanmu. Nanti pas kamu bangun, pasti sudah tidak lama lagi waktu berbukanya. Akhirnya mereka pun tidur dan mendengarkanku. Hingga saat mereka bangun, mandi, salat, mereka sudah fresh kembali dan menunggu detik-detik berbuka.

Nah, bagaimana bunda dengan trik yang saya berikan? Pasti trik kita ada yang sama. Atau kalau beda, boleh dong saya di share trik bunda dalam mendidik anak-anak berpuasa. Di tunggu ya di komentar.

#Day_21
#30HariKebaikanBPN

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon