Senin, 13 Mei 2019

7 Pelembab Alami Atasi Kulit Kering


7 Pelembab Alami Atasi Kulit Kering
Posted by ana_susan I May 13, 2019



Allah menciptakan kulit kita dengan seindah mungkin. Kesehatan kulit manakala tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan kulit tidak cerah. Perlindungan kulit dari sengatan matahari adalah sangat penting. Bersyukurlah kita pada Allah yang telah menganjurkan kita untuk berhijab dengan tertutup rapi. Sehingga kecantikan dan kelembaban kulit kita tetap terjaga dari sengatan matahari maupun udara.

Kulit secara alami telah menghasilkan minyak yang disebut dengan sebum. Sebum ini membantu melindungi kulit dari kehilangan kelembaban. Jika kulit yang dalam keadaan terpapar, memungkinkan lapisan terluarnya mudah teriritasi bahkan terkelupas. Asupan dari dalam tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita.

Ada yang mengatakan, kulit yang berjerawat adalah jenis kulit yang berminyak. Artinya kulitnya cukup lembab. Sedangkan kulit kering adalah jenis kulit yang masih membutuhkan penambahan lotian atau yang disebut dengan handbody atau dengan kata lain pelembab.

Pengertian Kulit Kering

Sumber Gambar : hellosehat.com


Kulit kering atau Xerosis, adalah kondisi umum pada kulit yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan luar pada kulit. Bagian yang paling rentan mengalami gangguan kulit kering adalah lengan, tangan dan kaki. Kulit kering ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang jenis kelamin.

Penyebab Kulit Kering

Saat kulit kita menjadi kering, ada sensasi awal yang sering kita alami. Yaitu rasa kencang dan gatal yang tidak disertai peradangan.

Penyebab dari kulit kering ada dua faktor. Yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya antara lain :

Cuaca dingin dan kelembaban udara yang rendah
Negara Indonesia adalah negara tropis dengan kelembaban udara yang tinggi. Banyaknya penggunaan pendingin ruangan atau AC menyebabkan kulit menjadi kering jika terlalu lama berada dalam ruangan.

Mandi dengan air yang terlalu panas
Jika air yang digunakan untuk mandi terlalu panas, akan menyebabkan kulit kering.

Mandi terlalu lama
Pernahkah kalian memperhatikan uap yang keluar dari tubuh kalian saat mandi? Yah, itu salah satu penguapan air yag terjadi dari tubuh kita melalui kulit. Jika kita mandi terlalu lama, maka akan banyak uap air yang keluar melalui kulit kita. Hal ini beresiko kulit menjadi kering.

Penggunaan sabun atau antiseptik yang berlebihan
Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi kencang dan kesat. Rasa kesat bukan berarti mandi telah bersih, akan tetapi menandakan minyak alami kulit hilang dan kulit pun menjadi kering.

Terlalu sering menggunakan scrub dan handuk yang tidak lembut
Penggunaaan scrub secara berlebih dan handuk yang kasar akan menyebabkan kulit teriritasi dan menjadi kering.
Faktor internal lebih kepada karena faktor usia, keturunan dan akibat obat-obatan.


7 Pelembab Alami Atasi Kulit Kering

Untuk mengatasi kulit kering secara sederhana, kalian dapat menyiram minyak ke dalam air mandi hangat dan rendam sesaat. Kemudian tepuk-tepuk kulit dengan lembut dan bilas dengan sabun alami. Tidak menutup kemungkinan, kalian juga bisa mencoba 7 pelembab alami di bawah ini.

1. Minyak Zaitun  


Sumber Gambar : idntimes.com




Menurut Brandy Crompton, ahli estetika dan manajer LeBliss Salon and Spa di Louisville, Kentucy mengatakan bahwa minyak zaitun adalah minyak alami yang paling bagus dari semua minyak yang ada.

Kata beliau, untuk menjaga kulit kita dari kekeringan, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit. Beliau menambahkan, selain minyak zaitun sebagai minyak pilihan terbaik, juga tidak menghilangkan minyak alami kulit akan tetapi bersifat membersihkan.

2. Masker Alpukat



Sumber Gambar : Gingsul.com


Masker alpukat bersifat menenangkan kata Crompton. Cara membuat masker alpukat adalah dengan mencampurkan ½ alpukat dengan satu sendok teh minyak zaitun. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu untuk kulit yang sangat kering. Oleskan masker ke wajah kalian, biarkan selama 15 - 20 menit, dan kemudian cuci. Kulit Anda harus terasa lembab, tetapi Anda dapat menggandakan efek hidrasi dengan menerapkan pelembab biasa juga.


3. Campuran Minyak Zaitun dan Gula

Sumber Gambar : Thayyiba.com


Buat scrub pengelupasan pelembab alami menggunakan kombinasi minyak zaitun dan gula. Caranya, dengan mencampurkan ½ cangkir gula dengan 2 sdm minyak zaitun, kata Crompton. Jika mau, kalian juga bisa menambahkan minyak esensial seperti lavender, yang menambahkan aroma alami dan dapat meningkatkan relaksasi. Gosok scrub dengan lembut ke kulit, lalu cuci bersih. Terakhir, gunakan pelembab yang menenangkan untuk mengunci manfaat dari kulit yang baru dikelupas.

4. Rendaman Oatmeal dalam Air Mandi Hangat

Sumber Gambar : femaleradio.co.id



Menambahkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi air hangat secara alami dapat merehidrasi kulit kering, kata Lopez. "Produk oat itu sendiri menenangkan," Lopez menjelaskan, dan itu membantu kulit kalian untuk mempertahankan kelembaban dari air mandi.

5. Masker Madu Oatmeal

Sumber Gambar : femaleradio.co.id



Oatmeal juga merupakan masker yang bagus. Campurkan 2 sdm gandum dengan satu sendok makan madu dan sedikit air. Crompton menyarankan untuk menghangatkan campuran tersebut, lalu menggosoknya ke kulit. Kalian dapat menggunakannya hanya untuk pengelupasan kulit dan mencucinya segera, atau biarkan selama 15 hingga 20 menit sebagai masker yang menenangkan dan melembapkan.

6. Minyak Kelapa

Sumber Gambar : hellosehat.com




Minyak kelapa menjadi padatan pada suhu kamar, jadi gunakan sebagai krim pelembab pada waktu tidur atau kapan saja kata Tsippora Shainhouse, MD, dokter kulit bersertifikat di Dermatology Institute dan Skin Care Center yang berbasis di Los Angeles. Untuk tumit dan tangan yang pecah-pecah, oleskan minyak lalu lapisi dengan kaus kaki tebal atau sarung tangan nonlatex.

7. Susu
Sumber Gambar : hellosehat.com


Susu memiliki sifat anti-inflamasi alami, kata Shainhouse. Susu juga mengandung asam laktat, exfoliant ringan yang alami. Shainhouse merekomendasikan penggunaan kompres ini untuk kulit selama 5 hingga 10 menit setiap kalinya. Terutama bermanfaat untuk kulit yang teriritasi dan juga gatal.

Itulah 7 pelembab alami atasi kulit kering. Kalian dapat melakukannya setelah keluar dari kamar mandi. Mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut. Semakin tebal dan sering kita gunakan pelembab tertsut, maka kulit kita akan semakin sehat kata American Academy of Dermatology.

Hindari penyebab eksternal dan internal di atas sebisa mungkin dan lakukan salah satu pelembab atau gunakan semua cara agar tidak membosankan. jangan lupa perbanyak minum air putih, karena air putih membantu melembabkan kulit dari dalam ke luar.

Terakhir berpakaianlah tertutup saat berada di luar rumah, selain kulit terlindungi, juga menambah pahala kebaikan untuk kita khususnya wanita muslimah. Semoga bermanfaat. 😊

#Day_8
#30ChallangeBPNRamadhan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya 😍. Terima Kasih