Sunday, May 12, 2019

Enam Cara Alami Menghilangkan Ketombe Untuk Wanita Berhijab



Enam Cara Alami Menghilangkan Ketombe Untuk Wanita Berhijab
Posted by ana_susan I May 12, 2019



  

 “Umi, Kok kepala abang gatal banget. Pas di garuk ada putih-putih gitu. Banyak lagi Mi, apaan sih ni, Umi? tanya anak sulungku.
Oh, itu ketombe, Bang”, jawabku datar.

Dialog seperti ini pasti pernah kita alami sebelumnya. Bahkan jangan-jangan kita sendiri mengalami hal yang sama.
Ketombe ini bisa menyerang siapa saja, apalagi wanita berhijab. Kebanyakan yang kita lihat, para wanita berhijab yang tertutup rapi jilbabnya memiliki ketombe yang lebih banyak. Saat hijabnya dibuka, rambut terlihat lembab, lepek dan sering mengaruk-garuk kepalanya. Bukan tidak mungkin akan memunculkan masalah yang baru, yaitu berkutu. Waduhhh.

Ketombe dan Penyebabnya
Ketombe atau sindap dengan nama ilmiah Pityriasis capitis, adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Jumlah sel kulit mati yang terkelupas ini berada dalam batas normal jika dalam jumlah yang sedikit. Demikian sebaliknya.

Penyebab dari ketombe bermacam-macam. Ada yang mengatakan karena kulit kepala yang kering atau disebut juga Dermatitis seboroik. Ada juga disebabkan oleh eksim. Yang paling umum karena jamur yang mirip dengan ragi atau disebut juga Malassezia.

Untuk pengobatannya pun bermacam-macam. Ada yang menggunakan bahan sintetik maupun alami. Aku sendiri lebih suka menggunakan bahan-bahan yang alami, karena jika menggunakan bahan sintetik pastinya akan memunculkan efek yang baru lagi di kulit kepala.

Banyak kita temukan obat-obat kimia untuk mengatasi masalah ketombe. Yah, boleh sih, namun menurutku jika ada cara yang lebih alami mengapa tidak?

Enam Cara Alami Atasi Ketombe untuk Wanita Berhijab
Nah, bagi kamu yang berhijab, tidak salahnya menggunakan salah satu cara dari bahan-abahn alami berikut ini. syukur-syukur cocok. Jangan khawatir, tidak bakal terjadi apa-apa kok. Yang pastinya kulit kepala kamu akan sehat selalu, bahkan sehatnya double. Kuy kita lihat enam cara alami atasi ketombe untuk wanita berhijab
.
1. Semprotkan dengan Cuka Apel

Sumber gambar : lemonilo.com



Cuka apel adalah cairan hasil fermentasi buah apel. Dalam hasil fermentasi ini, kandungan gula pada buah apel diubah menjadi asam asetat yang berupa bahan aktif dalam cuka sehingga disebut dengan cuka apel. Kandungan cuka apel ini sangat kaya manfaatnya, salah satunya untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Caranya : ¼ sari cuka apel (untuk ekstrak cuka apel) dicampur dengan ¼ gelas air. Jika cuka apelnya bukan ektrak tidak perlu diencerkan. Kemudian semprotkan pada kulit kepala, bungkus dengan handuk dan diamkan 15 menit hingga 1 jam. Cuci rambut seperti biasa. Lakukan dua kali dalam seminggu

2. Memijat Menggunakan Minyak Kelapa


Sumber Gambar : hello.sehat.com



Minyak kelapa adalah minyak yang banyak digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Mulai dari memasak, melembabkan kulit hingga menghapus make up di wajah. Minyak kelapa juga membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Apalagi mengatasi ketombe.

Minyak kelapa juga dapat mencegah kehilangan protein pada rambut. Cara mengatasi ketombe menggunakan minyak kelapa adalah dengan memijat kulit kepala yang telah diolesi minyak kelapa 3-5 sendok makan. Kemudian diamkan satu jam. Lalu keramas menggunakan shampo seperti biasa. Agar lebih afdhol, cari shampo yang mengandung minyak kelapa.

Crunchybetty.com mengatakan minyak kelapa adalah perawatan ketombe yang “telah terbukti benar”, dan baunya juga enak.

3. Pijat Ringan Menggunakan Perasan Jeruk Lemon

Sumber Gambar : radarmalang.com


Keasaam jeruk lemon membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dan membantu mengatasi ketombe. Caranya adalah dengan mengoles dua sendok makan perasan jeruk lemon. Kemudian pijat ringan kulit kepala selama satu jam lalu keramas menggunakan shampo.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Sumber Gambar : faktualnews.co



Lidah buaya bersifat mendinginkan. Jadi saat mengenai kulit kepala kita secara tidak langsung mengurangi banyaknya menggaruk kepala karena efek dingin tadi. Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dapat mengatasi ketombe.
Caranya cukup dengan mengoles secara merata daging lidah buaya, diamkan selama satu jam lalu dilanjutkan dengan keramas menggunakan shampo.

5.Minyaki kulit Kepala Semalaman Menggunakan Minyak Zaitun


Sumber Gambar : Alodokter.id




Minyak zaitun adalah minyak serbaguna dan menyehatkan. Minyak ini ternyata sangat ampuh mengatasi ketombe. Caranya kalian cukup mengoles di kulit kepala pada malam hari, lalu bungkus kepala. Saat pagi hari bilas rambut menggunakan shampo. Agar ketombe di kulit kepala sembuh lebih cepat, gunakan shampo yang mengandung minyak zaitun.

6.Mengoles Kulit Kepala Menggunakan Campuran Bawang Putih dan Madu

Sumber gambar : lifestyleokezone.com



Kita tahu, bahwa bawang putih bersifat antimikroba. Jadi sangat cocok untuk menghilangkan mikroba yang ada di kulit kepala. Caranya cukup haluskan bawang putih 2-3 siung. Tambahkan madu untuk menghilangkan aroma kuat dari bawang putih. Lalu gosokkan di kulit kepala sambil dipijat lembut. Diamkan selama satu jam lalu keramas menggunakan shampo seperti biasa.

Itulah enam cara alami untuk mengatasi ketombe di kulit kepala pada wanita berhijab. Bukan tidak memungkinkan cara alami ini dapat juga di gunakan untuk yang tidak berhijab maupun laki-laki. Semoga bermanfaat.

#Day_7
#30ChallangeBPNRamadhan


Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon