Tuesday, May 14, 2019

Sikat Gigi Saat Puasa Batalkah?



Sikat Gigi Saat Puasa Batalkah?
posted by ana_susan I May 14, 2019


Sumber Gambar : healthdetik.com

Sikat gigi adalah hal yang terpenting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Saat kita berbicara, pasti yang terlihat dengan lawan bicara kita adalah wajah dan giginya. Jika giginya terlihat bersih dan putih pasti kita akan nyaman untuk berbicara berlama-lama dengannya.

Tapi, bayangkan jika lawan bicara kita memiliki gigi yang kuning, dengan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi? Alangkah tidak nyaman bukan? Apalagi dia tipe orang yang banyak bicara. Maunya kita, pastinya cepetan tuh ngomongnya. Namun, kok sulit menghentikan bicaranya. Akhirnya, dengan terpaksa kita pun mendengarkan dengan baik. Padahal hati sudah dongkol.

Ada juga orang yang kadang saat berbicara, mulutnya agak terbuka,  sehingga memperlihatkan bagian lidahnya yang masih ada sisa makanan. Di situ kita bisa menilai, nih orang pastinya belum sikat gigi plus sikat lidahnya. Nah loh, kenapa harus menyikat lidah? Apakah ada hubungan antara gigi dan lidah? Ada dong, karena sama-sama satu lokasi kan?

Fenomena-fenomena di atas sering kita alami baik pada diri sendiri maupun terhadap orang lain. Bagaimana jika kondisi orang tersebut dalam keadaan berpuasa. Pastinya double kan yang terlihat. Udah giginya kotor, lidahnya plus mulutnya juga bau. Bisa-bisa yang dekat pingsan kali ya.


Membersihkan mulut

Kebersihan adalah sebagian iman. Artinya jika kita bersih maka sebanding dengan pancaran iman ya g ada di diri kita. Kebersihan itu mencakup lahir maupun batin. Kebersihan lahir seperti pakaian dan badan sedangkan kebersihan batin adalah mencakup tilawah, salat, dan ibadah lainnya.

Sikat gigi adalah salah satu kebersihan lahir yang harus kita penuhi. Apalagi sebagai umat islam dalam sebuah hadist dikatakan bahwa

“Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk gosok gigi setiap hendak salat “ (HR. Bukhari).

Hadis tersebut menandakan bahwa dianjurkan untuk menggosok gigi pada setiap keadaan. Karena Nabi Muhammad SAW menganjurkannya pada semua manusia. Bahkan hadist ini mencakup juga untuk orang yang berpuasa.

Dalam menyikat gigi, cara yang paling baik dilakukan dalam beberapa keadaan seperti setelah makan, seelum salat dan sebelum tidur. Perlakuan yang dilakukan adalah dengan menyikat gigi menggunakan odol atau siwak. Jangan lupa menyikat lidahnya juga. Karena di lidah biasanya terdapat banyak bakteri. Jadi jika kita tidak menyikatnya pasti menyisakan bakteri di dalam mulut tersebut.


Apakah Penyebab Bau Mulut Karena Tidak Sikat Gigi?

Tidak semua mulut yang berbau disebabkan karena tidak menyikat gigi atau pun lidah. Ada juga loh penyebab bau mulut yang disebabkan oleh faktor lainnya antara lain : makanan berlemak, makanan yang terlalu asin, makanan yang beraroma tajam seperti bawang dan minuman berkafeiin.

Cara Menyikat Gigi Yang Baik Saat Berpuasa

Lantas, bagaimana cara kita menyikat gigi saat kita sedang berpuasa? Apakah sebelum puasa atau saat sedang puasa? Apakah bisa membatalkan puasa kitaa, jika dilakukan saat sedng puasa?  Padahal kita tahu bahwa, salah satu hal yang membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

Menggosok gigi itu terbagi dua macam, bis amenggunakan pasta bisa juga tidak. Yang tidak menggunakan pasta adalah siwak. Siwak adalah kayu lunak yang digunakan untuk membersihkan bagian tertentu gigi. Menurut para ulama, sepanjang dia hanya membersihkan gigi tanpa pasta mengatakan boleh meskipun sedang puasa. Namun jika menggunakan pasta hukumnya menjadi makruh.

Hal ini disebabkan, jika menggunakan pasta khawatir odol yang digunakan untuk menyikat gigi tertelan saat berkumur-kumur. Namun jika saat menyikat giginya tanpa odol dan menggunakan sikat gigi adalah boleh.

Jadi teman-teman tinggal pilih mana yang kir-kira mengurangi dampak terhadap batalnya puasa. Jika takut tertelan gunakanlah siwak atau sikat gigi tanpa odol sehingga puasa kita tetap terjaga. Wallahualam.

#Day_9
#30ChallangeBPNRamadhan


Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).
EmoticonEmoticon