Jumat, 24 April 2020

Cuci Tangan Yang Benar Mengurangi Resiko Tertular Covid19

| Jumat, 24 April 2020
Cuci Tangan Yang Benar Mengurangi Resiko
Tertular Covid19


Posted by ana_susan, 24 April 2020


Foto : honestdoc.id


Cuci Tangan Yang Benar Mengurangi Resiko Tertular Covid19 Posted by ana_susan, 24 April 2020
Menjaga kesehatan lahir dan batin sangat penting bagi manusia. Namun, kadang kesibukan yang sering mengisi ruang aktivitas, kadang hanya segelintir orang saja yang biasa melakukannya.

Kebiasaan diri sangat berpengaruh terhadap semua itu. Orang yang telah terbiasa mencuci tangan dari berpergian, sebelum makan baik makananan ringan apalagi berat akan melakukannya. Bahkan jika tidak mereka lakukan kadang ada sesuatu yang hilang saat menyantap makanan tersebut.

Berbeda dengan orang yang terbiasa makan tanpa mencuci tangan, alasannya karena menggunakan sendok dan garpu. Padahal kuman atau makhluk kecil yang tidak terlihat sangat mudah menghampiri sekitar tubuhnya. Kalau saja mata mereka bisa melihat makhluk-makhluk kecil itu, munkin mereka akan takut untuk menghadapinya.

Sejak covid19 merebak, orang-orang sadar akan pentingnya kebersihan terutama kebersihan tubuh. Pasalnya, virus ini memiliki gejala yang mirip dengan orang yang terkena flu. Artinya saat ada yang batuk dan demam harus menjauh atau minimal si sakit menggunakan masker.

Kalau covid19 malah si sakit harus diisolasi, karena saat dia bersin, batuk dan menutup dengan tangannya, maka tangannya yang akan menyentuh benda atau orang lain juga akan ikut tertular. Apalagi jika orang yang ditulari memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Jadi dapat dikatakan orang-orang mulai takut dan lebih memperhatikan tentang kebersihan diri maupun lingkungannya. Islam sendiri telah lama mengajarkan pada umatnya agar mencuci tangan.

Dalam salah satu hadist Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “...dan jika seseorang dari kalian bangun dari tidurnya maka hendaklah mencuci kedua telapak tangannya sebelum memasukkannya ke dalam bejana tiga kali, maka sesungguhnya seseorang dari kalian tidak mengetahui ke mana tangannya bermalam.” (HR. Bukhari).

Hal lain yang disunahkan mencuci tangan adalah saat berwudhu sebagai salah satu bagian dari wudhu tersebut, kemudian sebelum dan sesudah makan dan saat tangan kita kotor.

Agar lebih afdhol sehingga mengurangi resiko tertularnya covid19, kita harus mengikuti cara mencuci tangan yang benar menurut standar WHO.

Dengan mengikuti standar mencuci tangan ini, mudah-mudahan kita bisa mengurangi resiko tertular covid19 yang sangat ditakuti.

Sumberhttps://www.honestdocs.id/6-langkah-cuci-tangan-yang-benar
Challange BPN day_2

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).