Selasa, 19 Mei 2020

Bubur Kanji Rumbi, Bubur Rempah Aceh yang Praktis dan Sehat untuk Berbuka Puasa

| Selasa, 19 Mei 2020
Bubur Kanji Rumbi, Bubur Rempah Aceh yang Praktis dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Posted by ana_susan 19 Mei 2020



Foto: Instagram.com/sya_zub


“Tidak sah rasanya puasa jika saat buka puasa tanpa bubur kanji rumbi di kampung Abi”

Itulah sepenggalan kalimat yang diucapkan suamiku beberapa hari yang lalu. Kalimat yang menunjukkan penguatan akan keberadaan bubur kanji rumbi yang menjadi tradisi di daerahnya. Jadi jika tidak ada bubur kanji saat berbuka, rasanya gimana gitu. Atau dengan kata lain kurang lengkap berbuka puasa tanpa bubur kanji rumbi.

Percakapan seputar menu apa hari ini untuk berbuka, kerap terjadi di antara aku, suami dan anak-anak. Hari ini buka puasa pakai pisang goreng aja kata anakku yang nomor dua. Jangan pakai donat saja kata anakku yang bungsu. Terserah umi saja, kata anakku yang pertama. Tiba-tiba muncul suami dan berkata sebagai penengah. “Bagaimana kalau bukanya pakai bubur kanji rumbi?”

“Hmm, apa itu bubur kanji rumbi?” tanyaku serius. Aku yang notabene orang aceh juga tidak tahu bubur kanji rumbi itu seperti apa. Karena daerah asalku adalah Aceh Besar, sedangkan suami Aceh Pidie. Kalau dilihat dari namanya sih pasti berasal dari tepung kanji. Ternyataaaa, salah. He he.

Jadi begini, bubur kanji rumbi itu, terbuat dari beras yang dimasak seperti bubur ayam yang dijual di pasar. Bedanya dalam bubur kanji rumbi dimasukkan dengan banyak rempah-rempah. Makanya disebut dengan bubur kanji rumbi.

Oalah, ternyata itu ya bubur kanji kanji. Yuk kita kenalan lebih jauh dengan bubur kanji rumbi khas buka puasa Aceh yang dimaksud.


Asal Bubur Kanji Rumbi

Abdi Abdullah, seorang pemerhati sejarah dan budaya Aceh mengatakan bahwa bubur kanji rumbi berasal dari pedagang India yang berasal dari daerah Gujarat dan Malabar saat menyebarkan Islam abad ke-12.

Pedagang Malabar membantu Aceh mengusir Portugis dari Selat Malaka. Banyak pemudanya yang merantau ke Aceh. Mereka bekerja sebagai tentara , pembuat kapal perang dan pandai senjata. Nah, selain itu mereka juga membawa budayanya ke Aceh. Salah satunya makanan yaitu bubur kanji rumbi.


Bubur Kanji Rumbi Tradisi Berbuka Puasa Aceh



Foto: bandaacehtourism.com, desain by Canva


Konon, kuliner ini berusia ratusan tahun dan telah menjadi tradisi yang mudah ditemui setiap Ramadan di Aceh terutama Aceh Pidie. Bahkan di beberapa mesjid disediakan sajian ini secara gratis.

Jangan ditanya seberapa banyak bubur kanji rumbi yang disediakan. Beberapa lelaki dewasa yang telah berpengalaman dalam pembuatan bubur ini telah menyiapkan bahan bubur dan memasaknya sejak pukul 14.00. Proses pembuatan bubur ini bisa menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam dalam kuali yang besar.

Hasil yang didapatkan bisa disantap oleh ratusan orang yang ingin berbuka puasa disekitar mesjid. Setelah masak, bubur kanji rumbi diletakkan dalam mangkuk-mangkuk kecil. Namun, ada juga masyarakat sekitar yang membawa wadah sendiri dari rumah untuk meminta bubur kanji rumbi tersebut.

Uniknya tradisi menyantap bubur kanji rumbi warisan Sultan Aceh ini, hanya ada di bulan Ramadan saja, sedangkan di bulan lainnya tidak. Jadi jangan heran jika selama Ramadan hampir semua penjaja takjil di Aceh ditemukan bubur kanji rumbi.


Bubur Kanji Rumbi Serupa Tapi Tak Sama



Foto : kumparan.com, desain by Canva


Proses pembuatan bubur kanji rumbi hampir sama dengan pembuatan bubur ayam. Yakni melewati proses perebusan beras yang lama. Bedanya adalah, bumbu rempah-rempah yang ada di bubur kanji rumbi telah dimasukkan beserta dengan berasnya. Sehingga saat perebusan terjadi, rempah-rempah telah terserap ke dalam beras yang direbus tadi.

Untuk taburan di atasnya bubur kanji rumbi juga memberi suwiran ayam. Namun kadang ada yang menaburnya dengan udang. Jadi bubur kanji rumbi hampir sama dalam hasilnya, namun mengenai rasa dan bumbu yang ditambahkan jelas berbeda.

Penasaran dengan cara pembuatannya? Jangan khawatir, semua bahannya mudah kok didapat oleh teman-teman. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk merasakan nikmatnya bubur kanji rumbi khas buka puasa Aceh. Cukup di rumah kalian saja ya. Namun, sebelum aku menceritakan proses pembuatan dan bahan apa saja yang digunakan ada baiknya kalian harus tahu manfaat dari bubur kanji Rumbi Aceh ini.


Manfaat Bubur Kanji Rumbi Aceh

Selain bubur kanji sebagai tradisi berbuka, ternyata, makanan ini diyakini memiliki multi khasiat. Di antaranya sebagai obat masuk angin dan maag. Pokoknya menyehatkan tubuh deh.

Apalagi bagi aku yang tinggal di dataran tinggi atau tepatnya di Bogor sekarang. Rasa dingin yang menusuk tubuh bisa terhangatkan oleh kehadiran bubur kanji rumbi ini.

Selain bermanfaat, ternyata disukai oleh anak-anakku yang baru mengenal namanya saja. Saat disantap, mereka mengatakan agar setiap hari berbuka dengan bubur kanji rumbi saja. He he.
Sudah ah, dari pada penasaran dengan rasa bubur kanji rumbi, yuk kita intip resep leluhur Aceh bawaan dari pedagang India ini.


Resep Bubur Kanji Rumbi Sehat dan Praktis


Foto : kumparan.com, desain by Canva



Bahan:

• 2 sdm minyak samin atau minyak goreng 
• 6 siung bawang merah, iris tipis 
• 2 siung bawang putih, iris tipis 
• 250 gram udang atau ayam cincang kasar goreng (untuk taburan di atas bubur kanji) 
• 1.5 gelas beras (jika ingin cepat lembek, rendam selama ½ jam setelah dicuci) 
• ½ ekor ayam dipotong dadu 
• 6 biji kapulaga 
• 3 cm batang kayu manis 
• 8 kuntum cengkeh 
• 1 buah bunga lawang 
• 1 lembar daun pandan, ikat simpul 
• Bawang goreng 
• Daun kari secukupnya 
• Garam secukupnya 


Bahan bumbu halus : 

• ½ sdt adas manis 
• ½ sdt merica 
• 1 biji pala 
• 1 sdt ketumbar, sangrai sebentar 
• 4 siung bawang putih 
• 1 ruas ibu jari jahe 


Cara Pembuatannya: 

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dirajang hingga harum. Masukkan semua bahan bubur kanji rumbi. Tambahkan bumbu halus. 
  2. Setelah harum, masukkan beras yang telah dicuci dan tambahkan air. Masak hingga beras benar-benar menjadi bubur. Biasanya sekitar 3-4 jam.
  3. Setelah matang, tata udang atau ayam suwir diatasnya. Jangan lupa bawang goreng yang ditaburi. 
  4. Bubur kanji rumbi siap disantap untuk berbuka puasa bersama keluarga tercinta. 
  5. Jangan lupa sajikan selagi hangat, agar efek manfaatnya lebih terasa. Selamat mencoba teman-teman.
Sekarang sudah tidak penasaran lagi kan dengan bubur kanji rumbi khas Aceh yang gurih dan kaya manfaat ini. Selain praktis dalam pembuatan, sehat pula untuk tubuh kita.

Tulisan ini diikutsertakan dalam tantangan Blogging Mei 2020 yang diadakan oleh IIDN atau Ibu Ibu Doyan Nulis.


#TantanganBloggingIIDN


Sumber:

https://steemit.com/story/@abuarkan/asal-usul-bubur-kanji-kuliner-ramadan https://kumparan.com/acehkini/kanji-rumbi-aceh-takjil-ramadan-multi-khasiat-1r4QtMmBHEm/full
https://www.idntimes.com/food/recipe/reza-iqbal/resep-bubur-kanji-rumbi-khas-aceh/3

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).