5 Cara Mendapatkan Passive Income yang Bisa dicoba Tahun 2023

 





Saat ingin mendapatkan penghasilan, maka salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah passive income. Dengan memiliki passive income, kita tidak akan tergantung pada satu sumber penghasilan saja. Akan tetapi masih ada sumber penghasilan lain sebagai jaminan.


Meskipun passive income didapat saat kita tidak aktif bekerja seperti layaknya aktive income (pekerja kantoran misalnya), namun keduanya tetap mengorbankan waktu dan tenaga.


Contohnya, kita ingin membangun passive income dengan membuat kelas ilustrasi online. Tentu harus menghabiskan waktu dan tenaga. Mulai dari merancang materinya, dealinenya kapan, proses pendaftaran hingga melayani saat kelas sudah dimulai. Nah, setelah kelas sudah selesai, barulah kita menikmati passive incomenya.


Jadi, faktor penting yang dibangun dalam hal ini adalah kesabaran. Mengapa, karena pasti akan banyak yang bertanya, koreksi tugas ilustrasinya dan masih banyak lagi.


Akan tetapi, seiring dengan waktu dan kesabaran yang kita pegang, maka hasilnya akan terlihat. Asalkan kita tetap konsisten dalam membangun pondasi passive income.


Ada 5 cara untuk mendapatkan passive income yang Bisa dicoba Tahun 2023 ini.


1. Menjual photo


Bagi teman-teman yang hobi cekrak cekrek sana sini, tidak salahnya photo yang diabadikan dijual ke beberapa mikrostok. Seperti freepik, Canva, PNGTree dan beberapa mikrostok lainnya.


Teman-teman bisa membaca artikelku sebelumnya Passive income melalui freelancer  . Di sana aku membahas passive income bisa melalui freelancer salah satunya menyetok gambar kita.


Selain ilustrasi gambar yang dijual, photo pun bisa. Peminat bagi photo kita pasti ada. Seperti gambar di bawah, dimana Aku menjual photo-photo yang ada di galeri handphoneku ke mikrostok Canva dan PNGTree. Jumlah downlodernya juga lumayan.


Photo-photo yang kita tawarkan di mikrostok tersebut akan digunakan oleh para pembuat konten yang membutuhkan elemen visual tambahan. Jadi pastikan kita memiliki topik yang jelas.


2. Menjual desain dan Ilustrasi


Jika teman-teman hobi menggambar karakter, doodle atau membuat logo, undangan pernikahan atau mendesain banner pada saat event-event tertentu, maka tidak salahnya jika mencoba menjual karya teman-teman ke mikrostok.


Tentunya sebelum menjual harus berdasarkan musim. Maksudnya berdasarkan hari-hari besar nasional maupun internasional. Misalnya, saat ramadhan tiba maka satu bulan sebelumnya kita sudah menyetok gambar atau element yang berhubungan dengan ramadhan.


Jadi, saat gambar atau element yang telah terpublish, maka pasti ada saja yang mendownloadnya.


3. Menjadi Afiliator


Afiliator adalah orang yang melakukan afiliasi. Dimana afiliasi itu sendiri adalah mempromosikan bisnis digital di internet dengan menggunakan media sosial dan tautan tertentu.


Jika promosi kita berhasil, maka kita akan mendapatkan komisi dari penjualannya.


4. Membuat E book


Bagi teman-teman yang hobi menulis, baik itu fiksi maupun non fiksi. Keduanya bisa dikemas dalam bentuk ebook.


E book adalah buku yang berbentuk elektronik atau digital yang berisi informasi atau panduan tutorial, novel, layaknya buku pada umumnya.


Setelah dibuat, jangan lupa mempromosikannya ke media sosial, website atau email.


5. Memonetisasi You tube


Ada banyak para pegiat you tube yang sudah menikmati passive incomenya melalui Chanel you tube yang mereka miliki.


Menjadi you tuber tidak harus pandai public speaking. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Seperti membuat resep masakan yang kita videokan bagi yang hobi masak. Membuat konten seputar menanam, kerajinan tangan dan masih banyak lagi.


Nah, untuk bisa mendapatkan passive income dari you tube kita harus mendaftarkan diri ke you tube adsense. Ada beberapa syarat dari you tube itu sendiri agar Chanel you tube kita bisa dimonetisasi atau menghasilkan uang. Seperti :


1. Memenuhi syarat kebijakan monetisasi you tube.

2. Memiliki akun google adsense

3. Memiliki lebih dari 1000 subscriber

4. Memiliki 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.


Nah, teman-teman passive income yang mana nih yang akan teman-teman coba. Atau jangan-jangan teman-teman sudah menjalaninya. Selamat ya, semoga passive incomenya terus bertambah.


Semoga artikel ini membantu teman-teman untuk bisa meraih passive income dan tetap konsisten dengan jalan passive income yang teman-teman kerjakan.




No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).