5 Langkah Menciptakan Passive Income




Passive income adalah salah satu sumber penghasilan tambahan yang bisa membantu kita untuk mengumpulkan uang tambahan. 

Semakin banyak sumber pendapatan, semakin mudah pula untuk mencapai target tabungan atau keinginan lain yang belum tercapai. 

Namun, untuk memulainya, kadang kita masih ragu atau malah bingung harus mulai dari mana dulu nih. 

Nah, berikut tip dariku, ada lima langkah yang bisa kita lakukan saat menciptakan passive income. Lima langkah ini alhamdulilah sudah Aku praktikan langsung.





1. Ciptakan Hobi dan Gunakan Bakat


Langkah awal dalam menciptakan passive income adalah cek hobi dan bakat apa yang kita miliki. Hobi dan bakat itu berbeda ya teman-teman.

Hobi adalah hal yang menyenangkan kita lakukan di waktu senggang. Hal tersebut bukan merupakan pekerjaan utama kita. Kadang pun kita bisa beralih kepada kesenangan yang lainnya.

Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus. Nah, bakat ini telah ada sejak dalam rahim ibu kita.

Bakat itu tidak hanya sekedar hobi, tapi menentukan arah kesenangan apa yang harus kita kerjakan. 

Nah, kalau kita sudah tahu hobi dan bakat kita, lalu carilah peluang yang tersedia. Misalnya. Jika memiliki hobi menulis atau punya bakat menulis maka kita bisa mengelola sebuah blog pribadi atau menulis buku antologi bahkan buku solo. 

Blog yang telah kita aktifkan suatu saat akan banyak pengunjungnya jika aktif dan bisa dipasangkan iklan oleh kita. Sehingga dengan sendirinya akan menghasilkan passive income.


2. Cari Informasi


Langkah kedua adalah mencari informasi sebanyak banyaknya tentang hobi dan bakat kita. Saat kita telah tahu apa hobi dan bakat kita, maka mencari informasi bagaimana hobi dan bakat itu bisa menghasilkan passive income adalah suatu kewajiban yang mutlak dipenuhi.

Mengapa? Karena dengan mendapatkan informasi yang banyak, kita akan lebih terarah alias tidak salah langkah.

Misalnya saja. Jika teman-teman suka menjual aset desain atau photo di Adobe stock. Maka teman-teman harus mempelajari bagaimana metode dan kebijakan pembayarannya, cara membuat akun, cara withdraw (mencairkan uang dolar) dan lainnya.

Atau teman-teman juga bisa mencari informasi kelas desain yang menghasilkan dolar melalui mikrostoker. Ada banyak kelas desain yang menghasilkan dolar khusus bagi para muslimah. Nah, untuk bagian yang satu ini, jika teman-teman tertarik bisa hubungi saya. Kebetulan saya bagian dari marketer beberapa kelas desain.

Berikut adalah beberapa contoh kelas desain yang menghasilkan dolar khusus muslimah.



Teman-teman juga bisa mencari forum diskusi, kreator terkenal atau komunitas sebagai tempat untuk berdiskusi dan bertanya-tanya.


3. Konsisten


Konsisten terhadap sesuatu yang kita kerjakan merupakan harga mati untuk mencapai cita-cita atau keinginan besar kita. 

Sangat banyak orang-orang besar yang sukses di luar sana akibat konsisten yang dimilikinya. Bahkan penelitian membuktikan bahwa jika suatu hal yang sama kita lakukan selama setahun akan menjadi kebiasaan. Jika dilakukan selama dua tahun akan menjadi seorang ahli. Jika dilakukan selama tiga tahun maka akan menjadi pakarnya (spesialis di bagian yang kita geluti).

Jadi, jangan kaget jika dengan kekonsistenan kita. Dia akan membuahkan passive  income yang luar biasa nantinya.


4. Mulai Segera


Saat lampu hijau telah terlihat di depan mata, jangan pernah berhenti untuk melaju, karena bisa jadi jika kita berhenti di tengah jalan atau diam di tempat maka akan ada yang mendahului kita atau kita ditabrak atau kita akan berhenti lagi untuk menikmati lampu merah berikutnya.

Demikian juga dengan hobi dan bakat yang kita miliki penting untuk dilakukan dengan sesegera mungkin. Tidak perlu menunggu sempurna harus bagus sekali gambarnya baru kita upload. Atau harus bagus dari orang lain baru percaya diri untuk meng-upload gambarnya. 

Percayalah masih ada yang suka meskipun gambar teman-teman di luar ekspektasi teman-teman. Pasti masih ada yang menyukainya.

Hargai setiap proses yang kita lalui, karena passive income itu tidak pernah menunggu kita untuk sempurna dahulu.


5. Nikmati Hasilnya


Passive income adalah sumber penghasilan yang memerlukan waktu cukup panjang sebelum kita bisa memetik buahnya. Namun kesabaran dalam menunggu dan kekonsistenan dalam melaksanakan adalah kuncinya.

Seperti yang pernah Aku alami saat pertama kali menjadi kontributor Canva, maka lima bulan pertama adalah masa menguras tenaga dan waktu. Aku harus ikhlas mengorbankan rasa kantuk menjelang tidur di malam hari. Karena memang di waktu itu aku lebih fokus menggambar. 

Atau kadang-kadang jika malam tidak sempat, maka Aku mengerjakannya disela-sela memasak untuk keluarga.

Pengiriman gambar kulakukan biasanya di malam hari karena butuh koneksi internet besar saat menggunakan aplikasi Canva. Dan memang sekali lagi malam itu saat koneksi internet yang lagi lancar-lancarnya.

Dari masa menunggu selama lima bulan inilah waktu yang bisa menikmati passive income. Sebenarnya idealnya sih, tiga bulan sudah bisa menikmati hasilnya asalkan gambar yang kita stok di Canva lebih dari 1000 gambar. Tapi sekali lagi karena Aku mengerjakan di sela-sela waktuku maka baru bisa menikmatinya setelah lima bulan.

Nah, sampai sekarang Alhamdulillah, passive income itu terus mengalir dalam rekening Paypalku. Seperti gajian orang kerja kantoran kan ya. 

Jadi teman-teman jangan pernah menyerah atau berhenti di tengah jalan saat teman-teman sudah yakin dengan pilihan teman-teman. Semakin cepat teman-teman memulainya, maka semakin cepat pula merasakan passive incomenya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman pemburu passive income yang masih ragu untuk meraihnya. 


No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).