Tiga Sehat Penyakit Enggan Mendekat



 

Banyak yang mengatakan bahwa penyakit dan sakit itu adalah sama. Padahal sebenarnya berbeda.

Sakit merupakan perasaan umum saat seseorang merasa tidak enak badan yang disebabkan oleh penyakit.

Penyakit itu sendiri adalah kondisi medis yang berhubungan dengan gejala tertentu.

Para ulama memberi pemahaman bahwa penyakit itu ada yang fisik ada pula yang non fisik. Ibnu Qayyim Al Jauziyah berkata penyakit fisik itu berhubungan dengan badan kita. Sedangkan penyakit non fisik adalah amarah, kebencian, iri dan dengki dan penyakit hati lainnya.

Nah untuk mengobati hal tersebut, banyak melakukan ibadah pada Allah. Seperti shalat, baca Alquran, sedekah, dan amalan ibadah baik lainnya. 

Jika semua ibadah itu tidak dilakukan secara rutin bahkan makanan yang dikonsumsi pun tidak sehat, maka pasti akan terjadi ketidak seimbangan dalam tubuh kita. 

Jadi, kita harus tetap menjaga tiga sehat agar penyakit fisik maupun non fisik enggan mendekat.


1. Sehat Qalbu

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dikatakan bahwa :

“Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuh. Jika ia buruk maka buruklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (qalbu).

Hadist tersebut menguatkan kita bahwa pentingnya menjaga kebersihan hati dari hal-hal yang bisa merusaknya. 

Kebenaran hadis tersebut juga ditemukan pada orang yang sakit darah tinggi, kencing manis, tumor, kanker dan penyakit kronis. Semua disebabkan karena memiliki sifat pemarah, sering jengkel dan hasad pada orang lain.

Seorang ilmuwan Jepang berkata dalam bukunya bahwa DNA manusia memiliki karakteristik on dan off. On dan off ini tergantung pada cara berpikir manusia itu sendiri.

Saat kita berpikir positif, maka yang menyala adalah gen positif sedangkan gen negatif padam. Demikian sebaliknya. 

Ada banyak keuntungan yang didapatkan saat kita berpikir positif. Diantaranya akan muncul rasa bahagia, senang dan tenang. Perasaan ini selanjutnya berpengaruh pada kinerja sistem syaraf, endokrin dan sistem imun. Jadi jangan heran kalau orang yang diliputi kebahagiaan pasti terlihat sehat.


2. Sehat Tubuh

Sehat tubuh bisa didapatkan dengan menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Rajin mandi, memperhatikan kebersihan tangan, dan apa saja yang ada di anggota tubuh kita merupakan salah satu cara menjaga kesehatan diri. Termasuk olahraga.

Dalam Islam, olahraga yang disunnahkan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam adalah berkuda, memanah, lari dan gulat.

Kesehatan lingkungan yang perlu dijaga adalah membersihkan rumah, membuang sampah, membersihkan halaman, selokan dan masih banyak lagi. 


3. Sehat Makanan

Makanan yang sehat dan halal sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika makanan tidak sehat dikonsumsi, maka akan mengubah fungsi normal dari tubuh kita.

Fitrah tubuh kita saat Allah ciptakan adalah dalam keadaan baik sehingga bisa tunduk dan taat pada Allah. Tubuh kita diatur untuk selalu menerima dan memberi yang baik. 

Jadi, saat tubuh menerima makanan yang tidak sehat dan tidak baik bahkan sampai haram, maka tubuh kita akan menolak. Penolakan inilah yang dikenal dengan sebutan SAKIT.

Padahal jelas di dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa 


“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan jangan kamu mengikuti langkah-langkah setan.” ( Al-Baqarah : 168 ).


Dr Zaidul Akbar mengatakan dalam bukunya yang berjudul Resep Sehat JSR (Juraus Sehat Rasulullah), makanan bisa dsebut baik dan sehat jika memenuhi parameter umum seperti aman dikonsumsi, baik jangka panjang maupun jangka pendek, tumbuh di tanah yang tinggi mineral, bebas dari bahan kimia sintetik, mendapatkan cahaya matahari, tidak terpapar logam berat dan tidak banyak pengolahan.

Dengan makan makanan yang halal dan baik ini, maka kita telah menjaga amanah tubuh yang diberikan Allah dengan cara menjaganya dengan baik. Sehingga rasa syukur kita selalu bertambah pada Allah.

Gimana teman-teman. Semoga tiga sehat agar penyakit enggan mendekat bisa bermanfaat terutama bagi diriku sendiri yang masih belum konsisten untuk menjaganya. 


No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).