10 Rekomendasi Bahan Skin Care yang Aman Atasi Kulit Kusammu

 10 Rekomendasi Bahan Skin Care yang Aman Atasi Kulit Kusammu

Ana Susan 



10 Rekomendasi Bahan Skin Care yang Aman Atasi Kulit Kusammu
Sumber gambar : Pixabay.com


“Kulit cantik membutuhkan komitmen, bukan keajaiban” (Quote Kecantikan)



Setiap orang terutama wanita menuntut tampilan wajah yang cantik dan bercahaya dengan perawatan nyata dan tahan lama. Meskipun perawatan tersebut membutuhkan biaya yang sedikit lebih besar. Tak heran jika sebagian uang belanja yang diberikan oleh suaminya disisihkan untuk itu.


Bahan perawatan wajah pun menuntut perhatian yang juga sama. Tentu bahan yang benar-benar aman dan efektif, karena akan digunakan untuk area yang paling sensitif tersebut.


Ada banyak masalah kulit wajah yang dialami oleh kita. Mulai dari wajah berjerawat, iritasi, flek hitam dan masih banyak lagi. Namun satu masalah kulit wajah yang sering terjadi adalah wajah kusam.


Banyak hal yang menyebabkan wajah kita menjadi kusam.


Namun yang pasti penyebab itu dapat kita tangani asalkan tau cara dalam merawatnya. Jika perawatan dari dalam telah dilakukan, tidaklah salah jika perawatan dari luar juga demikian. Sebagai ikhtiar kita untuk menjaga kulit wajah yang telah diberikan oleh sang pencipta.


Baca Juga Artikel : Penyebab Wajah Kusam


Tentunya untuk memilih perawatan wajah atau skin care mesti lebih hati-hati. Mengecek bahan-bahan yang terkandung di dalamnya pun tidak sembarangan. Kudu cari tau kandungan apa saja. Kalau perlu mengecek beberapa artikel di google dari jenis bahan tersebut.



Iklim Indonesia yang Panas dan Lembab


Negara Indonesia adalah negara beriklim tropis. Dengan kata lain hanya memiliki dua musim saja. Yakni musim kemarau dan musim hujan. Jadi dari Sabang hingga Merauke akan mendapatkan panas yang sama.


Pengaruh iklim tropis ini juga berdampak pada warna kulit. Dimana sebagian besar warna kulit orang Indonesia adalah sawo matang. Warna kulit sowo matang ini sangat baik dalam mengatasi paparan sinar ultraviolet yang teramat panas. Tapi bukan berarti tanpa perawatan yang tepat ya.


Artinya, dibutuhkan skin care yang benar-benar bisa melindungi kulit sawo matang tersebut agar terhindar dari kulit yang terbakar, kanker kulit dan kulit kusam.


Jadi amatlah penting untuk memilih produk skin care yang sesuai dengan kondisi di atas. Terutama kondisi kulit wajah yang kusam.


Lagi-lagi kita harus jeli dalam memilih bahan yang ada di dalam skin care yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah tersebut.



10 Rekomendasi Bahan Skin Care Atasi Kulit Kusam


Ada 10 Rekomendasi Bahan Skin care untuk kulit kusam. 


1. Niacinamide


Niacinamide

Niacinamide atau Nicotinamide adalah bentuk Niacin atau vitamin B3 yang larut dalam air. Bahan ini aktif secara fisiologis kata Dr. Adeline Kikam (pendiri Brown Skin Derm).


Bahan perawatan kulit ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit terutama kulit berminyak karena dia mampu mengontrol minyak berlebih di wajah.


Niacinamide juga dapat mengurangi munculnya jerawat dan meminimalkan pori-pori. Karena bersifat menenangkan dan anti-inflamasi sehingga menjadi pilihan terbaik bagi wajah yang rentan berjerawat atau rosacea.


Selain itu juga, Niacinamide mampu meningkatkan produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit menjadi halus, memperbaiki garis-garis halus dan kerutan serta membantu mencerahkan dan memudarkan hiperpigmentasi melalui regulasi transfer melanosom (organel dalam melanosit yang mengandung melanin) kata Kikam.


Melanin sendiri adalah pigmen atau zat warna gelap (coklat gelap atau hitam) yang ditemukan di kulit, rambut, bulu dan mata.


Jadi secara keseluruhan, Niacinamide adalah bahan yang bagus untuk berbagai masalah kulit. Bahkan aman bagi jenis kulit sensitif sekalipun.


2. Licorice Root


Licorice Root


Licorice Root adalah tanaman yang berasal dari glycyrrhiza glabra. Tanaman ini sangat dihargai di negara Jepang. Pasalnya karena memiliki khasiat bagi kesehatan.


Baru-baru ini juga para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak akar dari Licorice Root bersifat sebagai pengemulsi sehingga memungkinkan bahan-bahan yang berbasis minyak-air tercampur.


Kita tau bahwa minyak-air itu tidak pernah menyatu. Jadi dengan ekstrak Licorice Root ini bisa menuntaskan produk berbahan minyak-air tuntas seketika terutama produk kecantikan kulit.


Ada beberapa manfaat dari Licorice Root. Diantaranya :


Mampu Mencerahkan dan mengatasi flek hitam, karena akarnya mengandung senyawa flavonoid, polifenol dengan sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari perubahan warna dini, penuaan dan tekanan lingkungan.


Mampu membantu mencerahkan kulit akibat sinar matahari, karena Licorice Root mengandung glabridin yang membantu menghentikan perubahan warna selama dan sesegera mungkin setelah paparan matahari.


Mampu menenangkan kulit dan meredakan peradangan. Karena mengandung glycyrrhizin yang dapat mengurangi kemerahan, iritasi dan pembengkakan. Kondisi dermatitis atopik (peradangan kronik kulit yang kering dan gatal tapi tidak menular) dan eksim pun bisa diatasi dengan produk yang mengandung bahan ini.


Mampu melembutkan kulit, dimana Licorice Root membantu regenerasi pasokan kolagen dan elastin kulit kita. Keduanya dibutuhkan oleh kulit kita agar tetap elastis, halus dan selembut bayi. Wow!.


Licorice Root juga mampu mengobati bekas jerawat.



3. Sodium Hyaluronate


Asam Hyaluronate


Sodium Hyaluronate adalah bentuk garam dari asam Hyaluronate. Senyawa ini disintesis untuk membuat struktur molekul yang lebih kecil sehingga meningkatkan kestabilan dan ketahanannya terhadap oksidasi.


Struktur yang kecil ini kemudian dapat larut dalam air. Sehingga jika bahan ini ada dalam produk skin care tentu dapat menembus lebih dalam ke dalam kulit kita.


Senyawa ini juga memberikan hidrasi intens di luar permukaan kulit sehingga kulit tetap lembab. Sodium Hyaluronate juga berfungsi sebagai anti penuaan, meningkatkan kekencangan kulit dan menghaluskan garis-garis halus.



4. Ceramide


Ceramide adalah molekul lemak yang berfungsi dalam melindungi kulit. Bahan ini biasanya ada dalam komposisi produk pelembab.


Ceramide sebenarnya telah diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Namun lama kelamaan dia berkurang disebabkan sering mandi air panas, scrubbing yang berlebihan, atau pengelupasan kulit akibat musim dingin dan kering.


Nah, untuk mengembalikan kulit normal kita, tentu perlu produk skin care yang menjaga kulit kita agar memiliki ceramide kembali.


Penelitian menunjukkan beberapa manfaat dari Ceramide. Diantaranya adalah meningkatkan hidrasi, mengurangi kerutan dan mencegah jerawat.



5. Aloe barbadensis


Aloe barbadensis


Aloe barbadensis atau lebih dikenal dengan Aloe Vera adalah salah satu tanaman hias yang sering dijumpai di pekarangan rumah.


Aloe barbadensis mengandung enzim bradikinase sebagai bahan aktif untuk menekan tanda-tanda peradangan seperti kemerahan bengkak, nyeri dan panas.


Dr. Siddharth Gupta, MD dalam sebuah artikel pharmeasy mengatakan bahwa Aloe barbadensis mengandung enzim bradikinase yang merupakan bahan aktif untuk menekan tanda-tanda peradangan yaitu kemerahan, bengkak, nyeri, dan panas saat gel dioleskan pada kulit.


Adapun manfaat dari Aloe barbadensis ini bagi kulit adalah membantu meredakan sengatan matahari, melembabkan kulit, menyembuhkan luka, melawan penuaan, mengurangi infeksi jerawat dan mencerahkan.



6. Bisabolol


Bisabolol atau α-bisabolol adalah bahan kosmetik untuk produk perawatan kulit. Bahan ini berupa minyak kental, tidak bewarna dan sebagai komponen utama Kamomil Jerman.


Bisabolol ini dapat diproduksi secara sintetis dan sering ditemukan dalam minyak esensial.


Adapun manfaat dari bisabol pada kulit adalah memberi efek menenangkan, anti penuaan sehingga kulit tetap kencang dan terlihat awet muda.


Bisabolol memiliki beberapa manfaat utama untuk kulit, termasuk efek menenangkan dan anti penuaan. Sifat antioksidannya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, artinya bisabolol membantu menjaga kulit tetap kencang dan tampak awet muda.


Selain itu, Bisabolol juga mampu meningkatkan pigmentasi kulit, sebagai antioksidan dan mampu merawat kulit kering.



7. Centella Asiatica


Centella asiatica


Centella Asiatica atau sering dijuluki tanaman harimau adalah bahan pokok pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun.


Konon dijuluki rumput harimau karena harimau berguling-guling di dalamnya saat luka. Tanaman ini tumbuh liar di daerah tropis Afrika dan Asia serta banyak pulau di Pasifik.


Tanaman ini dapat dimakan atau diminum sebagai obat. Di Korea Selatan tanaman ini diramu dalam produk perawatan kulit. Ada empat senyawa aktif yang dihasilkan oleh Centella Asiatica yakni Asiatikoaida, Asam Asiatik, Asam madekasat dan Madecassoside. Keempat senyawa ini sangat bermanfaat bagi kulit kita.


Adapun manfaatnya adalah membantu penyembuhan luka bakar, mengurangi peradangan dan memperlambat tanda penuaan.



8. Retinol


Retinol adalah turunan vitamin A yang terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan garis-garis halus dan kerutan, memperbaiki tekstur dan warna kulit serta membuka pori-pori yang tersumbat.


Retinol juga merangsang produksi sel kulit baru dan mengelupas sel kulit mati. Mengatur aktivitas kelenjar Sebaceous yakni mengurangi jerawat.


Retinol memiliki antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, polusi dan sinar ultraviolet.


Dalam sebuah Jurnal of Drug in Dermatology, retinol secara efektif membalikkan tanda-tanda kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet, termasuk kerutan halus, kasar dan hiperpigmentasi.


Dalam artikel JAMA Dermatology juga menjelaskan bahwa, retinol mampu meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan serat elastis.



9. Peptide


Peptide atau sering dikenal dengan polipeptida secara alami terdapat di kulit kita. Namun seiring waktu berjalan mulai menurun sehingga kulit tampak lebih keriput, kurang rata dan kusam.


Peptide adalah asam amino penyusun protein tertentu yang dibutuhkan kulit.


Kolagen sendiri terbuat dari tiga rantai polipeptida. Jika rantai peptide atau rantai polipeptida ditambahkan dapat merangsang kulit kita untuk membuat kolagen. Kebayang kan jika banyak kolagen terbentuk? Karena kita tahu kalau kolagen itu dapat membuat kulit kita lebih kencang dan terlihat lebih muda. Amazing !



10. Vitamin E


Vitamin E


Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dan berfungsi dalam melindungi sel dari kerusakan di seluruh tubuh. Vitamin ini secara alami ditemukan dalam sebum (minyak kulit) yang menciptakan penghalang alami untuk menjaga kelembaban kulit kita.


Permukaan kulit wajah yang berminyak mengandung lebih banyak vitamin E.


Kadar vitamin E seiring usia akan menurun juga secara alami. Apalagi jika ditambah kulit kita yang terus terpapar sinar ultraviolet, lampu neon, lampu pijar dan sumber penerang lainnya.


Menggunakan pelembab yang mengandung vitamin E dapat menghasilkan sinergi bagus untuk membantu produk tersebut bekerja lebih baik dalam menjaga keutuhan sel kulit kata Dr. Kassouf. Dan itu juga mencegah zat lain menembus kulit sebagai penyebab iritasi kulit.


Jadi kita harus jeli dalam mencari produk yang mengandung vitamin E. Dimana pada label ingredientnya mencantumkannya sebagai tokoferol atau tokotrienol. Dan yang lebih baik lagi jika produk skin care itu mengandung vitamin C dan E. Kedua antioksidan ini bekerja lebih baik jika digabungkan.


Inilah 10 rekomendasi bahan skin care yang aman untuk mengatasi kulit Kusammu agar bercahaya kembali. Nah, kabar baiknya ternyata sebagian besar bahan tersebut ada di produk skin care Saviosa, Saviosa Hydra Glow Brightening Series. Yuk kita cek !



Produk Skin Care Saviosa Atasi Kulit Kusammu


Saviosa Hydra Glow Brightening Series
Sumber Gambar : https://saviosa.com/



Saviosa Hydra Glow Brightening Series merupakan rangkaian skin care yang dirancang untuk memberikan solusi bagi kulit kusam dan tidak merata, membantu mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat serta melembabkan kulit secara keseluruhan.


Seluruh rangkaiannya menggunakan formula yang aman dan efektif. Terdiri atas bahan-bahan alami dan melalui proses tekhnologi canggih guna mencapai hasil yang optimal, spesial untuk para wanita yang mendambakan kulit bercahaya dan cantik.



1. Hydra Glow Toner 


Hydra Glow Toner yang berfungsi sebagai penyeimbang pH kulit wajah untuk mengurangi tampilan pori-pori, menenangkan kulit kemerahan, mengunci kelembaban serta mencerahkan kulit. Untuk komposisi bahan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



Hydra glow toner
Sumber Gambar : https://saviosa.com/


2. Hydra Glow Serum

Hydra Glow Serum sangat efektif mencerahkan kulit, merawat warna kulit, menghidrasi kulit secara maksimal, menguatkan dan memperbaiki kondisi skin barier. Komposisi bahan dapat dicek pada gambar dibawah ini.



Hydra glow serum
Sumber Gambar : https://saviosa.com/



3. Hydra Glow Cream


Hydra Glow Cream dengan 7 X aktif  glow yang berfungsi untuk menguatkan dan memperbaiki skin barier, mengunci kelembaban, mencerahkan kulit serta menjaga elastisitas kulit. Komposisi bahan dapat dicek pada gambar dibawah ini.



Hydra glow cream
Sumber Gambar : https://saviosa.com/

Jika dilihat dari komposisi bahannya. Maka ketiga produk Saviosa atau Saviosa Hydra Glow Brightening Series mengandung Niacinamide. Dan memang Niacinamide adalah bahan aktif yang sering dipakai untuk perawatan kulit disebabkan harganya yang terjangkau.


Ketiga produk tersebut juga bisa teman-teman dapatkan di marketplace Shopee. Harganya juga terjangkau dan tidak sampai kantong bolong. Sudah ada BPOM juga lagi.


Akan tetapi, yang harus diingat dalam perawatan kulit wajah terutama bagi kulit kusam, selain tahu penyebabnya juga rajin merawat secara konsisten. Karena kecantikan itu tidak didapatkan secara instan. Seperti sebuah quote kecantikan mengatakan "Kulit cantik membutuhkan komitmen, bukan keajaiban”. Bukankah demikian teman-teman?


Sumber Referensi


https://www.cnn.com/cnn-underscored/beauty/niacinamide-skin-benefits


https://thejbeautycollection.com/blogs/news/5-skincare-benefits-of-licorice-root-extract-glycyrrhizinate


https://pharmagel.net/pages/sodium-hyaluronate-vs-hyaluronic-acid-what-s-the-difference


https://www.everydayhealth.com/healthy-skin/ceramides/guide/


https://pharmeasy.in/blog/9-aloe-vera-benefits-for-face-skin/


https://www.cetaphil.com/us/our-ingredients/bisabolol.html


https://health.clevelandclinic.org/centella-asiatica-for-skin/


https://luxejoie.com/the-power-of-retinol-in-skincare-benefits-tips-and-product-recommendations/


https://www.healthline.com/health/peptides-for-skin


https://health.clevelandclinic.org/vitamin-e-for-skin-health/


https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/what-is-niacinamide


No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).