Lima Asupan Ini Adalah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan

Lima Asupan Ini Adalah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan

Ana Susan


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan
Infografis in Canva by Ana Susan 


Puasa bukan sekedar menahan segala rasa. Namun lebih kepada menahan segala bentuk rupa dari sikap dan perbuatan kita.


Puasa bukan sekedar shalat tarawih yang dikerjakan malam harinya, namun segala bentuk ibadah yang telah terbiasa kita lakukan terus menerus dilanjutkan.


Namun ada hal yang spesial dari semua itu. Demi tegaknya tulang belulang kita dalam rangka kuat untuk tetap beribadah padaNya agar lebih khusyuk, maka asupan makanan yang masuk dalam tubuh ini haruslah yang berenergi dan bernutrisi.


Nah jumlah energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari, sebaiknya makanan yang kaya protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, serta pastikan untuk minum cukup air.


Hal ini tidak berarti kita harus makan semua yang kita butuhkan sekaligus saat sahur. Nggak seperti itu juga konsepnya teman-teman 😁.


Jika teman-teman melakukan hal tersebut, tubuh teman-teman tidak dapat memanfaatkan asupan energi sekaligus, karena malah akan mengakibatkan penambahan berat badan seperti yang disebutkan dalam kutipan Herbalife.com. Pasalnya, metabolisme kita telah beradaptasi dengan pola makan selama Ramadan.


Jadi, kudu ada asupan makanan yang tepat, sehingga kesehatan tubuh kita tetap terjaga selama ramadan.


Baca juga 10 Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Segar


Lantas asupan makanan seperti apakah yang mampu menjaga kesehatan tubuh kita selama bulan ramadan? Padahal kita tau waktu kosongnya perut kita dari sahur hingga magrib. Syukur-syukur kalau kita bangun sahur. Nah, kalau nggak gimana ceritanya? Tentu durasi kosongnya perut lebih panjang bukan? Hmmm 🤔


Berikut ada lima asupan makanan, yang mana asupan makanan ini adalah cara menjaga kesehatan tubuh kita saat ramadan


Lima Asupan Ini Adalah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan

Infografis in Canva by Ana Susan 


1. Buah-buahan

Al Qur’an secara khusus menyebutkan beberapa buah-buahan yang merupakan bagian yang amat penting bagi tubuh. Apalagi jika dikonsumsi secara teratur. Buah-buahan yang disebut dalam Al-Qur’an tersebut seperti buah zaitun, anggur, pisang, buah Ara, kurma dan delima.


Buah-buahan sangat kaya akan serat sehingga sangat baik jika banyak mengkonsumsinya di waktu sahur. Pasalnya, buah-buahan ini akan meningkatkan rasa kenyang serta mencegah sembelit. Selain itu juga, buah-buahan mengandung vitamin, mineral dan fitokimia penting untuk kesehatan.


Ada banyak manfaat lainnya akibat kita rutin mengkonsumsi buah-buahan. Diantaranya adalah mengontrol gula darah, mengurangi berat badan dan masih banyak lagi.


2. Sayur-sayuran

Sama hal dengan dengan buah-buahan, sayur-sayuran layak menjadi menu utama di tengah keluarga kita selama Ramadan. Makanan satu ini kaya akan serat dan cairan.


Dengan kita mengkonsumsi sayuran, maka membantu menghidrasi kebutuhan cairan tubuh secara optimal selama bulan ramadhan. Selain itu juga, sayuran dapat menjaga kebugaran tubuh kita, menjaga stamina dan menambah rasa kenyang lebih lama.


3. Biji-bijian


“Dalam sebuah artikel halodoc.com menyebutkan ada banyak manfaat mengonsumsi biji-bijian bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menyehatkan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung hingga membantu mencegah obesitas”.


Biji-bijian adalah makanan dengan ukuran kecil. Tapi jangan salah, meskipun ukurannya kecil dia padat akan nutrisi.


Biji-bijian juga sumber karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein, vitamin, mineral dan serat makanan.


Banyak penelitian yang membuktikan bahwa biji-bijian mampu menurunkan risiko sakit jantung. Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan di The BMJ Journal pada 2016. Penelitian yang dilakukan selama 10 tahun ini, melibatkan 17.424 orang dewasa sebagai respondennya.


Kemudian, para peneliti melakukan pengamatan terhadap pola makan responden. Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak biji-bijian dalam kaitannya dengan asupan karbohidrat total, memiliki risiko penyakit jantung 47 persen lebih rendah dibandingkan yang lainnya.


Tidak hanya itu saja, konsumsi biji-bijian mampu menurunkan risiko stroke, obesitas dan pencernaan menjadi lebih sehat.


4. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diproses dalam tubuh.


Mengutip laman resmi dari Kemenkes, karbohidrat kompleks memiliki rantai gula yang panjang, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh kita.


Karbohidrat kompleks juga mampu menjaga kadar gula darah kita menjadi stabil serta mengandung serat yang bisa memperlancar saluran pencernaan.


Jadi, jika kita biasanya makan nasi putih, maka makan nasi merah atau hitam sebagai alternatif dalam rangka menjaga memperpanjang rasa kenyang. Apalagi selama Ramadan. Karena kedua nasi tersebut mengandung karbohidrat kompleks.


Selain kedua nasi tersebut, kentang,  ubi jalar, zukini, oat, jagung dan kacang polong juga mengandung karbohidrat kompleks. Jadi yuk dipilih teman-teman suka yang mana nih agar kesehatan tubuh selama Ramadan terjaga.


5. Minum Air Putih 

Tidak hanya makanan yang bernutrisi masuk dalam tubuh kita sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan. Akan tetapi minuman pun layak mendapatkan prioritas utama. Mengapa demikian? Karena sebagian besar tubuh kita terdiri atas cairan.


Kita juga sering membaca begitu banyak artikel tentang tips berpuasa di bulan ramadan agar tubuh tetap sehat dan segar. Lagi-lagi cairan yang sering kita sebut dengan minum air saat haus menjadi hal penting harus diperhatikan.


Cairan yang dimaksud di sini adalah air putih. Ada banyak manfaat air putih bagi tubuh kita. Yakni selain mencegah dehidrasi, juga menjaga fungsi tubuh, mengatasi rasa lapar, membantu detoksifikasi, meningkatkan konsentrasi, mengurangi risiko batu ginjal dan menjaga kesehatan kulit.


Jadi, pastikan di rumah kita terutama bulan ramadan ada lima asupan makanan di atas guna menjaga kesehatan kita selama bulan suci ramadhan.



Sumber Referensi


https://gleneagles.com.my/penang/articles/healthy-eating-during-ramadan


https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/ramadan/3-simple-tips-to-stay-healthy-during-ramadan


https://www.nutrition.org.uk/putting-it-into-practice/food-seasons-and-celebrations/a-healthy-ramadan/


https://www.herbalife.com/en-us/wellness-resources/articles/ramadan-foods


https://muslimmoms.ca/ten-reasons-to-eat-fruits-during-ramadan/


https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-mengonsumsi-biji-bijian-untuk-kesehatan-tubuh


The BMJ Journal. Diakses pada 2024. Whole Grain Consumption and Risk of Cardiovascular Disease, Cancer, and All Cause and Cause Specific Mortality: Systematic Review and Dose-Response Meta-Analysis of Prospective Studies.


https://www.kompas.com/food/read/2023/04/11/180400975/manfaat-konsumsi-karbohidrat-kompleks-saat-puasa



No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).