7 Tips Perjalanan yang Nyaman dalam Pesawat Saat Mudik Lebaran 2024

 

7 Tips Perjalanan yang Nyaman dalam Pesawat Saat Mudik Lebaran 2024

Ana Susan 


7 Tips Perjalanan yang Nyaman dalam Pesawat Saat Mudik Lebaran 2024
Infografis in Canva by Ana Susan 


Pulang kampung atau mudik adalah sebuah ritual tahunan yang dilakukan menjelang lebaran. Mereka yang hidup dan tinggal di berbagai kota di Indonesia berbondong-bondong kembali ke kota asal orang tua atau ke kampung halaman.


Banyak hal yang dirindukan. Yang pasti Aku sangat merindukan tempat wisata favorit di kampung halaman. Yakni pantai. 🥰.


Mudik juga bisa disebut sebagai aktivitas traveling. Membawa barang dengan tas segede gaban dan memboyong anggota keluarga. Selama perjalanan banyak hal yang membuat ketidaknyamanan. Akan tetapi karena menuju ke tujuan yang dirindukan, maka ketidaknyamanan itu berusaha untuk dihilangkan.


Walaupun pada akhir tujuan berimbas capek plus yang lainnya. Mudik menjadi traveling massal yang dilakukan oleh mayoritas rakyat Indonesia. Seluruh transportasi digunakan, seperti mobil pribadi, pesawat, kereta, kapal laut, motor, dan bus.



Peningkatan Arus Mudik lebaran 2024

Berdasarkan survei angkutan Lebaran tahun 2024 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam laman www.rri.co.id menyatakan bahwa potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran mencapai 193,6 juta orang.


Setidaknya ada tiga alasan yang mendorong mobilitas tersebut. Sekitar 52 persen responden mengatakan akan mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman mereka ; sebesar 35,2 persen akan mengunjungi orangtua atau saudaranya, dan 10,6 persen lainnya akan memanfaatkan waktu liburan Lebaran untuk berwisata. 


Pergerakan masyarakat pada Lebaran 2024 ini meningkat lebih dari 30 persen dibandingkan tahun 2022 dan 2023. 


Kondisi di dalam kendaraan pun menjadi masalah tersendiri bagi para mudik traveler. Banyak orang mengalami ketidak nyamanan atau rasa sakit saat bepergian dengan kendaraan. Seperti pesawat misalnya. Dimana munculnya rasa sakit karena efek tekanan kabin yang menciptakan lingkungan serupa dengan ketinggian 8.000 kaki.


Hal ini dapat menyebabkan kulit kering, anggota badan yang sakit, dan pergelangan kaki bengkak karena rendahnya kelembapan udara dan tekanan yang berbeda.


Tips Perjalanan yang Nyaman dalam Pesawat Saat Mudik 

Ada 7 tips perjalanan yang nyaman dalam pesawat saat mudik lebaran 2024 ini.


1. Perbanyak Minum Air Putih

Hampir bisa dipastikan, saat kita berpergian atau sekedar melakukan aktivitas pasti akan berada haus. Disebabkan keringat yang keluar ditambah lagi cuaca yang panas.


Apalagi saat kita berada di udara, kita akan lebih cepat haus dibandingkan di daratan. Pasalnya, dilansir Economic Times, kelembapan udara yang ada di pesawat lebih rendah dibandingkan dengan daratan.


Jadi, perbanyaklah minum air putih jika jadwal penerbangan kita di pagi hari. Tapi akan lebih baik memilih waktu penerbangan di malam hari, sehingga dehidrasi dapat dihindari.


2. Gunakan Pelembap dan Obat Tetes Mata

Tidak hanya dehidrasi saja yang kita alami, mata kering pun kerap terjadi. Ditambah lagi kulit terasa kering. Sehingga kelembaban yang rendah di dalam pesawat bukanlah masalah yang sepele.


Dilangsir dalam artikel https://torch.id/, kelembaban di dalam kabin pesawat berkisar antara 10-620 %. Padahal kelembaban yang nyaman di dalam sebuah ruangan berkisar antara 30-65 %.


Jadi sangat disarankan agar kita membawa pelembab kulit dan obat tetes mata Insto dry eyes. Sebagai obat untuk mengatasi mata kering.



Baca juga artikel Insto Dry Eyes : Solusi untuk Gejala Mata Kering bagi Si Digital Savvy



3. Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat

Mungkin kita sering memperhatikan beberapa penumpang pesawat ada yang bersin-bersin atau bahkan kita sendiri seperti masuk angin. Sebenarnya gejala ini karena dipengaruhi kualitas udara yang buruk atau sirkulasi udara yang terbatas.


Akibat kualitas udara yang buruk dan sirkulasi udara yang terbatas inilah mudah sekali terjangkit berbagai kuman. Dimana saat kita menyentuh permukaan benda dan orang pun melakukannya, maka akan mudah mengalami gejala bersin-bersin.


Jadi kita kudu membawa tisu sekali pakai untuk sekedar membersihkan meja lipat. Yang lebih baik lagi jika istirahat dan tetap terhidrasi sebagai bentuk pertahanan terbaik kita.


4. Melakukan Peregangan Otot

Saat perjalanan mudik ku sekeluarga ke kota Banda Aceh menggunakan pesawat sering mengalami keram di bagian betis. Karena duduk dalam waktu 4.5 jam. Kebayang kan jika perjalanan haji 🤔


Tidak dapat bergerak atau keram sebenarnya dapat meningkatkan risiko trombosis vena dalam (DVT). Padahal sebenarnya kita hanya perlu mengontraksikan otot betis. Misalnya dengan mengangkat kaki atau menggerakkan sendi tulang kering, paha, dan pinggul. Tujuannya adalah untuk memastikan aliran darah tetap lancar.


Atau kita dapat menurunkan dada hingga mencapai paha untuk meregangkan bagian punggung. Atau, merentangkan tangan ke depan untuk meraih lengan.


Sekedar berjalan ke bagian belakang pesawat atau menggunakan kamar kecil juga bisa membantu menjaga aliran darah kita tanpa menarik perhatian.


5. Posisi Tidur yang Tepat

Dalam perjalanan darat menggunakan bus, pasti ada saja drama mabuk perjalanan. Apalagi jika perut kosong plus nyala AC yang terlalu tinggi. Satu-satunya solusi untuk mengatasi mabuk ini adalah tidur.


Demikian juga saat kita berada di udara. Jet lag atau mabuk pasca terbang kerap terjadi. Makasih agar perjalanan mudik kita nyaman, maka berusahalah untuk tidur. Meskipun kita kita tahu tidur nyenyak di dalam pesawat adalah tidak mungkin.


Dalam memilih posisi tidur pun, sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Selain itu tidak mengganggu teman duduk juga bukan? Jika perlu bawa bantal leher dari rumah ya 😁


6. Hanya Membawa Barang Penting

Terkadang, biaya bagasi mendorong kita untuk membawa barang bawaan ke kabin pesawat. Dengan beberapa tas, sampai-sampai di bagian kaki pun penuh dengan barang bawaan. Padahal jika perjalanan kita lama tentu akan berakibat pada kaki keram seperti di atas.


Jadi pastikan teman-teman membawa barang-barang yang penting saja ya sehingga memberikan ruang kaki sebanyak mungkin.


7. Melakukan Tehnik Pernafasan

Melakukan tehnik pernafasan yang tetap ternyata sangat membantu kita selama dalam perjalanan mudik yang lama di dalam pesawat.


Tarik nafas yang dalam beberapa kali saat kita sudah duduk di tempat duduk. Lalu sesuaikan ritme pernafasan sesuai dengan ketinggian pesawat. Tehnik ini mengatasi stres dan gugup saat berada di udara.


Itulah 7 tips perjalanan dalam pesawat mudik lebaran 2024. Semoga bermanfaat dan semoga perjalanan mudik teman-teman tahun ini lancar ya 🤗. 


Sumber Referensi

https://torch.id/blogs/news-and-updates/syarat-aturan-dan-tips-mudik-lebaran-naik-pesawat?itm_source=torch-story&itm_campaign=torch-story


https://www.rri.co.id/mudik-2024/622167/potensi-pergerakan-mudik-lebaran-meningkat-di-2024



No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).