10 Jenis Takjil Sehat Saat Ramadan

10 Jenis Takjil Sehat Saat Ramadan

Ana Susan


10 jenis takjil sehat saat ramadan
Sumber gambar : pixabay.com, pexels.com, IG @es_timunserut, IG@emakuindonesia, IG@cristina_leny. Infografis in Canva by Ana Susan 


Bulan ramadan adalah bulan yang paling dirindukan oleh umat Islam, karena di bulan inilah penuh kelimpahan rahmat dari Allah, setiap kebaikan yang dilakukan berlipat ganda pahalanya baik yang dikerjakan di siang hari terlebih di malam hari.


Durasi perut kosong yang cukup panjang membuat diri terkadang ingin melahap apa saja saat berbuka. Akan tetapi membuat tubuh kita kaget seketika sehingga diperlukan makanan yang tepat di dalamnya.


Jika takjil yang tepat masuk, maka boleh jadi energi yang akan dikeluarkan saat ibadah tarawih pun akan menjadi bersemangat. Tanpa keluhan ini dan itu.


Ada banyak anjuran dalam Islam yang mengharuskan berbuka puasa dengan makanan tertentu. Salah satunya dengan takjil kurma (sebagai makanan yang manis dan sehat).


Bahkan saat kita membatalkan puasa di waktu berbuka, setelah mengucapkan Bismillah dan doa makan mengemut kurma terlebih dahulu. Fungsinya untuk mengembalikan energi ke seluruh tubuh kita secara sempurna setelah sebelumnya vakum sama sekali.


Jadi pastikan takjil saat berbuka puasa di bulan ramadan yang penuh keberkahan ini adalah takjil yang sehat ya teman-teman. ❤️


Baca artikel 10 Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Segar 


Namun, seperti apakah takjil yang sehat selain kurma tersebut di atas ?


Sebelum kita mengungkap lebih jauh tentang takjil ramadan yang sehat, apa sih pengertian dari takjil itu sendiri.


Pengertian Takjil

Menurut KBBI seperti dilansir dari laman Kemdikbud, takjil (v) adalah mempercepat (dalam berbuka puasa).


Oleh karena itu, takjil kemudian mengandung perintah untuk tidak menunda-nunda saat berbuka puasa, karena dalam Islam sendiri, menyegerakan berbuka puasa adalah sesuatu yang sangat dianjurkan.


Takjil dalam pengertian yang lain (n) adalah penganan atau minuman untuk berbuka puasa. Dalam tulisan ini saya lebih menjelaskan pada takjil dengan pengertian penganan atau minuman untuk berbuka puasa.


Gara-Gara "War Takjil"

Ada banyak takjil yang tersaji di mana-mana saat bulan ramadan tiba. Pilihannya pun sungguh mengundang selera. Apalagi sekarang ada istilah “war takjil” antar muslim dan non muslim.


Dimana para non muslim mengeluh tidak ada yang berjualan di pagi hari saat mereka ingin membeli buat sarapan. Sehingga takjil yang seharusnya jatah untuk umat Islam sering kekurangan di sore hari.


Situasi seperti ini menjadikan ide para konten kreator untuk membuat konten candaan di media sosial. Yang menjadi sorotan, justru adanya war takjil menjadikan kuatnya hubungan antara muslim dan non muslim. Masya Allah 😍.


Namun, yang pasti meskipun war takjil ada, tidak menjadikan kita membeli takjil ramadan apa saja yang di depan mata, jika kita tidak membuatnya. Atau bahkan tanpa memperdulikan apakah takjil tersebut sehat bagi tubuh kita atau tidak. 


Jadi, tetap pastikan memilih takjil yang benar-benar sehat bagi tubuh. Sehingga kesehatan jangka panjang tetap terjaga.



Ada 10 Jenis Takjil Sehat Selama Ramadan


1. Kurma


Kurma
Sumber gambar : pixabay.com


Kurma merupakan makanan yang khas saat ramadan. Buah yang satu ini mengandung karbohidrat tinggi, sehingga mampu memulihkan energi dan membantu asupan karbohidratnya serta menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula.


Masya Allah. Dahsyat banget yaa?!


Maka, tak salah jika Rasulullah shalallahu alaihi wasallam menyarankan berbuka puasa lah dengan kurma.


Kurma juga dapat diolah menjadi air nabiez (rendaman air putih bercampur dengan kurma) atau jus kurma yang dicampur dengan madu dan jeruk nipis. Rasanya ya seger banget dan langsung berenergi.


2. Es Buah


Es buah
Sumber gambar : pixabay.com


Es buah adalah campuran buah-buahan seperti buah semangka, melon, pepaya atau buah apa saja yang memiliki kadar air tinggi. Semuanya dipotong dadu dan dicampur dengan air. Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Jika ingin menambahkan manis cukup tambahkan madu ke dalamnya.


Es buah ini berfungsi untuk membantu mengembalikan hidrasi dan memberi vitamin pada tubuh.


3. Salad buah


Salad buah
Sumber gambar : pixabay.com


Salad buah sama seperti es buah, hanya saja potongan buahnya tidak ditambahkan air, akan tetapi yogurt plan, mayones dan keju.


Adapun manfaat dari salad buah ini adalah menyegarkan tubuh serta menyehatkan.


4. Jus atau Smoothies


Smoothies
Sumber gambar: pixabay.com


Jika teman-teman tidak suka dengan mengonsumsi potongan buah seperti pada es buah atau salad buah, maka teman-teman bisa kok mengolah buah-buahan menjadi jus atau smoothies.


Jika jus atau smoothies telah jadi, bisa ditambahkan gandum, Granola dan beberapa biji-bijian.


Tentu efek setelah mengonsumsi ini juga segar dan menyehatkan, karena kaya akan vitamin dan mineral. Yang terpenting di sini tidak menambahkan gula tambahan. Jika teman-teman ingin lebih manis cukup tambahkan madu saja.


5. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau
Sumber gambar : pixabay.com


Takjil sehat berikutnya adalah bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau ini mengandung berbagai jenis mineral yang sangat penting. Seperti folat, zat besi, kalium, mangan dan magnesium.


Bubur kacang hijau juga mengandung karbohidrat kompleks, serat dan protein nabati. Sehingga membantu mengenyangkan dan melancarkan pencernaan.


Dalam pengolahannya, kita cukup menambahkan madu atau sirup buah alami agar lebih manis. Tidak dianjurkan menambah kan gula pasir.


6. Es Timun

Es timun serut
Sumber gambar : IG @es_timunserut


Es timun adalah takjil minuman khas di Aceh saat berbuka puasa. Takjil yang satu ini terbuat dari serutan timun yang ditambahkan sirup melon, kelapa dan perisa pandan.


Namun agar minuman ini menjadi sehat, maka pemanisnya diganti dengan madu atau sirup buah alami. Dan perisanya diganti dengan daun pandan.


Untuk menambah tampilan dan manfaatnya, bisa dimasukkan biji selasih dan perasan jeruk nipis.


Dan takjil minuman ini pas banget untuk pelepas dahaga setelah seharian berpuasa.


7. Puding Rendah Gula


Puding buah
Sumber gambar: pixabay.com


Puding Rendah gula ini terbuat dari agar plan yang ditambahkan potongan buah segar. Atau bisa juga potongan buah segar itu dijadikan topping agar-agar nya. Jika ingin menambahkan manis dapat digunakan madu.


Rasanya ? Jangan ditanya. Dari tampilannya yang begitu menggoda, hati siapa yang tak mampu untuk menyantapnya.😁


8. Kolak Pisang


Kolak pisang
Sumber gambar : IG@emakuindonesia


Kolak pisang adalah takjil yang paling sering ada di tengah bulan ramadan. Ada banyak jenis kolak pisang yang tersaji, tapi yang sehat sangat sedikit saat pengolahannya.


Seperti apakah pengolahan kolak pisang yang sehat itu?


Yah, teman-teman cukup mengganti santan dengan susu rendah lemak. Tambahkan chia seed atau kacang almond sebagai toppingnya. Fungsinya adalah untuk meningkatkan nutrisi dari kolak pisang tersebut.


9. Yogurt


Yogurt dengan topping buah
Sumber gambar : Pexels.com


Yogurt merupakan jenis takjil yang kaya akan protein dan kalsium. Fungsinya untuk membantu membangun dan memelihara kesehatan tubuh.


Yogurt yang dimaksud adalah jenis yogurt plain. Untuk pengolahannya cukup ditambahkan topping buah segar atau madu sehingga rasanya lebih manis.


10. Cincau hijau atau Es Cincau


Es cincau
Sumber gambar : IG@cristina_leny


Cincau hijau atau es cincau merupakan makanan yang terbuat dari daun cincau yang dihancurkan bersama air, disaring dan didiamkan sehingga menghasilkan cincau dengan tekstur seperti agar.


Daun cincau kaya akan serat dan merupakan antioksidan. Fungsinya untuk membantu melancarkan pencernaan dan menyegarkan tubuh.


Nah, itu tadi 10 jenis takjil sehat selama Ramadan yang bisa teman-teman coba. Pilihan jenis takjil ini adalah sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan juga loh. Selamat mencoba ya🥰


Kalau teman-teman paling suka dengan takjil yang mana nih?


Sumber Referensi

https://mypage.axa.co.id/news/en/15-delicious-home-style-healthy-iftar-menus


https://umsu.ac.id/health/10-takjil-buka-puasa-yang-sehat-di-konsumsi-saat-ramadhan/


No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).