7 Aktivitas Ngabuburit yang Bermanfaat Saat Ramadan

7 Aktivitas Ngabuburit yang Bermanfaat Saat Ramadan

Ana Susan


7 Aktivitas Ngabuburit yang Bermanfaat Saat Ramadan
Infografis in Canva by Ana Susan 


Ngabuburit adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh sebagian orang saat menunggu waktu berbuka di bulan ramadan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan sehingga kita pun tidak merasa bosan.


Kebanyakan masyarakat belum memahami betul istilah dari ngabuburit itu sendiri. Padahal kata ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda.


Ketua Lembaga Budaya Sunda (LBS) Universitas Pasundan Hawe Setiawan dalam laman www.unpas.ac.id, mengatakan bahwa, ngabuburit berasal dari kata dasar "burit" yang berarti sore atau petang. Atau istilah ngabuburit merujuk pada kata kerja, yaitu melakukan kegiatan untuk mengisi waktu seraya menyongsong tibanya sore hari.


Lantas apa saja nih aktivitas ngabuburit bermanfaat saat Ramadan yang bisa kita lakukan ?


1. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-qur'an adalah momen yang tepat bisa kita lakukan saat Ramadan baik sendiri atau bersama keluarga. Mengingat pahala yang didapat begitu besar.


Terkadang tanpa kita sadari, tau-tau sudah berlembar-lembar dibaca. Mungkin inilah salah satu keberkahan yang bisa dilakukan oleh kita di bulan yang penuh berkah.


2. Berzikir

Zikir yang sangat dianjurkan saat bulan ramadan untuk mengisi waktu luang adalah zikir pada lafadz dibawah ini.


Zikir ramadan ustazah Halimah Alaydrus
Sumber Screenshot : IG@Halimah Alaydrus 


Ustazah Halimah Alaydrus dalam salah satu postingan Instagramnya (@HalimahAlaydrus) mengatakan bahwa, perbanyak zikir di atas saat ramadan agar ridha dan surga Nya kamu raih. Dan murka serta neraka Nya Allah jauhkan darimu.


3. Mendengar Ceramah

Mendengarkan ceramah merupakan aktivitas ngabuburit lainnya saat Ramadan. Hal ini dapat meningkatkan keimanan kita di bulan tersebut. Ceramah dapat dilakukan dengan menonton siaran televisi langsung atau melalui you tube


4. Olah Raga Ringan

Saat ramadan, tubuh akan lemas karena kurangnya energi dan cairan tubuh. Sehingga olah raga yang dilakukan pun tidak boleh sembarangan.


Bagi aku pribadi yang terbiasa joging, tentu aktivitas yang satu ini kudu dikerjakan meskipun kondisi berpuasa. Namun olah raga seperti apakah yang tetap menjaga kebugaran saat puasa?


Baca juga 10 Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Segar 


Dalam konteks ini, tentu yang mencegah terjadinya dehidrasi dan cedera otot yang tinggi  Contohnya termasuk mengangkat beban, lari cepat, serta melakukan serangkaian latihan CrossFit seperti push up, pull up, sit up, dan squat.


Dirangkum dari BFI Finance, Men’s Health, dan Mind Body Green Movement. Ada beberapa jenis olahraga yang aman saat puasa. Seperti Jalan pelan di treadmill, berjalan kaki, naik turun tangga, yoga dan pilates, lompat tali, bersepeda dan aerobik.


Puasa bukan menjadi salah satu halangan bagi kita yang suka olahraga untuk berhenti. Satu jam sebelum berbuka puasa adalah waktu terbaik yang direkomendasikan untuk berolahraga.


Jadi, aktivitas ngabuburit ramadan ini bisa juga buat teman-teman coba.


5. Berburu Takjil

Ngabuburit ramadan berikutnya adalah dengan berburu takjil. Masih ingat kan istilah “takjil war” yang lagi tranding akhir-akhir ini? Jangankan muslim, non muslim pun merasakan keseruannya 😁


Memilih banyak takjil ramadan yang beraneka ragam jenisnya baik makanan maupun minuman. Tidak itu saja, bahkan jajanan khas ramadan di daerah kita masing-masing pun ada. Dimana makanan dan minumannya hanya ada di bulan ramadan saja. Jadi siapa cepat ke lokasi dia pasti dapat banyak. Qi qi qi.


Dengan aktivitas ngabuburit ramadan ini menjadi menyenangkan sehingga lupa kalau kita sedang puasa.


6. Membuat resep baru

Memasak dengan menu itu-itu saja terkadang membuat kita sering merasa bosan. Padahal segala macam resep makanan tersaji di YouTube, Tik tok, dan media sosial lainnya.


Jadi mudah bagi kita untuk mengakses resep baru meskipun bahan utamanya yang sama. Efeknya membuat keluarga senang dan kita pun bahagia dalam menyajikannya sambil menunggu waktu berbuka.


7. Membaca Buku

Bagi para pencinta buku, aktivitas yang satu ini layak dicoba untuk mengisi jeda saat berbuka. Aktivitas ngabuburit ramadan ini merupakan aktivitas yang produktif dan mampu menambah wawasan kita sebagai penulis salah satunya.


Atau kita juga bisa membacakannya untuk anak-anak. Sehingga mereka pun tidak merasakan lamanya berpuasa.


Inilah 7 aktivitas ngabuburit saat Ramadan yang bisa teman-teman coba juga di rumah. Semoga bermanfaat 🤗



Sumber Referensi

https://www.unpas.ac.id/tahukah-kamu-istilah-ngabuburit-ternyata-berasal-dari-bahasa-sunda/


https://promkes.kemkes.go.id/?feed=rss2&p=8710


https://www.liputan6.com/hot/read/5255667/7-aktivitas-ngabuburit-sehat-bermanfaat-dan-berpahala?page=4


No comments

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan pesan atau saran seputar tema pembahasan :).